ALTERNATIVE SUMBER MPASI SEHAT DENGAN MILNA NATURE DELIGHT

on

Topik seputaran MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) adalah salah satu topik parenting yang paling aku sukai karena memang saat Rain berusia 6 bulan dulu, aku paling suka berbagi resep dan hack seputar MPASI ini di Instagram dengan #RainMpASI. Saat PT Kalbe Nutritionals mengundang aku ke acara Milna Blogger Gathering pada hari Sabtu, 5 Mei 2018 berlokasi di sebuah restaurant kece di bilangan Sudirman, tanpa berfikir panjang aku langsung meng iya kan karena topik acara yang di angkat adalah tentang produk MPASI terbaru Kalbe yaitu “Milna Nature Delight – Cara Mudah Makan Buah Untuk Si Kecil”

DSC_1510  DSC_1497

Sebelum aku menjelaskan secara detail mengenai Milna Nature Delight, aku mau cerita dulu mengenai update kesehatan yang di share oleh para pembicara dalam acara ini.

SAYUR Dan Buah Dalam MPASI

Dr. dr. Conny Tanjung Sp.A(K) adalah pembicara utama dalam talkshow kali ini. Beliau adalah dokter spesialis anak yang cukup senior di kanagan nya, dibuktikan dengan gelar K (konsulen) pada title nama di belakang nya. Dr Conny memulai slide presentasi nya dengan informasi terkait dengan data RisKesDa (riset kesehatan dasar) tahun 2013 bahs 93,5% penduduk Indoensia berusia di bawah 10 tahun tidak mengkonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran. Padahal seharusnya anak balita dan usia sekolah di anjurkan oleh WHO untuk mengkonsumsi sayur dan buah sebanyak 300-400 gr sehari.

DSC_1527
dr Conny memulai presentasi dengan fakta mengejutkan bahwa 95% anak Indoensia kurang mengkonsumsi serat buah dan sayur

 

Hubungan asupan sayur dan buah dengan Resiko kematian di paparkan secara lugas oleh dr Conny dengan sebuah slide yang menampilkan pada 7 penelitian yang melibatkan 553.698 responden dan 42.491 kematian. Dikatakan dalam penelitian tersebut bahwa resiko tingkat kematian semakin menurun dengan ada nya penambahan peningkatan satu ukuran saji sayur dan buah setiap hari nya (detail slide aku lampirkan di bawah).

DSC_1520.JPG
Bukti ilmiah adanya hubungan asupan sayur dan buah dengan resiko kematian

 

Global Strategy for Infant and Young Child Feeding

Di sini Dr Conny juga menyampaikan bahwa rekomendasi WHO terkait dengan MPASI adalah sebagai berikut :

  • Lakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini ) saat Bayi baru 1 jam lahir, prooses nya adalah Bayi di letakan di atas perut kita dan di biarkan untuk merangkak mencari putig Ibu nya untuk memulai menyusui dari dini
  • ASI Exclusive selama 6 bulan, bahkan air putih pun tidak boleh diberikan pada bayi yang belum genap berusia 6 bulan
  • MpASI Di berikan saat bayi mulai berusaia 6 bulan atau 180 hari usia nya sambil terus di lanjutkan pemberian ASI nya
  • Berikan MPASI dengan memperhatikan Tepat waktu, kandungan nutrisi cukup dan seimbang, aman dan diberikan dengan cara yang benar

Tepat waktu dalam pemberian MPASI adalah saat kesiapan maupun kematangan saluran cerna bayi sudah baik. Perlu dilihat pula perkembangan keterampilan oromotor anak, biasanya bervariasi. Namun pastikan bayi sudah bisa mengangkat kepala nya secara tegak. kebutuhan nutrisi bayi sebelum usia enam bulan sudah tercukupi dari ASI. Waktu pemberian MPASI harus tepat. Terlalu awal maupun terlambat akan berpengaruh pada perkembangan bayi. Terlalu dini, maka bayi berisiko mengalami diare, dehidrasi, sensitisasi alergi, juga gangguan tumbuh kembang. Bila terlambat, bayi berpotensi mengalami Failure to Thrive (FTT) atau gagal tumbuh. “Selain itu akan terjadi defisiensi zat besi dan bisa terjadi gangguan tumbuh kembang jika terlambat diberikan MPASI,” ujar dr Conny

Pastikan kandungan Makro dan Mikro nutrien lengkap dan seimbang dalam menyipakan makanan MPASI. Makanan yang mengandung serat makanan memiliki kandungan energi yang rendah dibandingkan dengan volume, sehingga kenyang sebelum energi tercukupi.

Panduan Makanan Bayi 6 Bulan

Oleh karena baru pertama kali mencoba makanan padat, maka Kita perlu mencermati apakah Bayi mengalami alergi terhadap makanan tertentu. Untuk memudahkan pengamatan, tunggu hingga tiga hari sebelum beralih memperkenalkan jenis makanan lain. Tiga hari adalah waktu yang umumnya diperlukan untuk melihat reaksi alergi, terutama bila ada anggota keluarga dengan riwayat alergi.Ini kita sebut sebagai 3/4 days rule.

Telur, kedelai, ikan, susu sapi, kerang, dan gandum adalah beberapa contoh bahan makanan pemicu alergi. Waspadai juga bahan makanan yang bisa menghasilkan gas di dalam lambung, seperti kacang, produk olahan susu, gandum, bawang. Bahan-bahan makanan ini mungkin dapat membuat bayi tidak nyaman.

Selain itu hindari memberikan madu untuk bayi berusia kurang dari setahun untuk mengurangi risiko botulisme. Sementara produk yang terbuat dari susu sapi, seperti keju, umumnya aman untuk diberikan kepada bayi. Tetapi tunda dulu memberikan susu sapi hingga anak berusia lebih dari setahun.

Tekstur, Frekuensi dan Jumlah Makanan

Tekstur MPASI bayi tidak selamanya dalam bentuk bubur lembut. Seiring dengan bertambahnya usia, tekstur makanan bayi pun harus meningkat. Hal ini penting diperhatikan untuk membantu perkembangan oromotor bayi. Sebab, gerakan mengunyah ternyata juga akan memengaruhi keterampilan berbicara bayi, hingga melatih keseimbangan bayi. Simak ketentuan tekstur MPASI sesuai dengan usia bayi.

Detail nya aku lampirkan slide yang di tunjukan oleh dr Conny terkait hal ini. Silahkan di pelajari yah Moms. Namun, take home message yang aku catat adalah bahwa Responsive feeding turut menentukan keberhasilan pemberian MPASI, Pemberian MPASI dengan responsive feeding juga membantu kita dalam mengatur porsi dan frekuensi makan, sesuai kebutuhan atau usia bayi. Misalnya, mulai enam bulan, bayi mengonsumsi MPASI alami buatan rumah dua kali sehari, dengan selingan dua kali buah, sambil tetap menyusu ASI.

DSC_1532.JPG
Slide yang menerangkan tentang tekstur, frekuensi dan jumalah makanan dalam tahapan kenaikan tekstur MPASI

 

 

DSC_1521.JPG
suasana talkshow bersama dr Conny

MILNA NATURE DELIGHT – Cara Mudah Makan Buah dan Sayur

Berangkat dari penjelasan dr Conny terkait penting nya kandungan Nutrii yang seimbang dalam pemberian MpASI bayi, PT Kalbe Nutritional di waklikan oleh Bp.Christofer Samuel Lesmana, Brand Manager Milna, mengenalkan Milna Natural delight sebagai salah satu alternative sumber nutrisi MPASI sehat yang mudah diberikan dengan sangat mudah dan praktis.

Milna Nature Delight di kemas dalam bentuk pouch dan merupakan puree buah yang cocok dijadikan pilihan alamai untuk selingan MPASI bayi kita. Di kemas dalam pouch yang ergonomis dan praktis, bisa dikonsumi dimana dan kapanpun. Terbuat dari buah pilihan yang mengandung segala kebaikan buah yang akan mendukung pertumbuhan bayi kita di masa MPASI nya.

DSC_1523.JPG

Milna Nature Deligth 100% buah asli, tanpa bahan pengawet, tanpa penambahan gula dan menggunakan teknologi advanced pasteurization technology untuk memastikan produk nya bertahan lama dan terjaga kualitas nya.

Di dalam kesemapatan ini, Bp. Christofer bersama Tim nya juga melakukan ceremony pembukaan pohon buah Milna Nature Delight debagai simbol di luncurkan nya produk Milna Nature Delight ke pasaran.

DSC_1534  DSC_1539  DSC_1542

Ada 3 varian Milna Nature Delight, yaitu:

  1. Milna Nature Delight FruitPuree – Carrto, Apple, Pumpkin 80gr
  2. Milna Nature Delight FruitPuree – Apple and Peach 80gr
  3. Milna Nature Delight FruitPuree – apple, Banana and Strawberry 80gr
DSC_1524.JPG
Tiga Varian Milna Nature Delight Fruit Puree
DSC_1546.JPG
Tim Product Management Milna Nature Delight berfoto bersama di akhir acara

Semakin mudah yah sekarang dalam memberikan MPASI kepada bayi kita. Kalau kamu orang tua pekerja, hadir nya Milna Nature Delight bisa membantu kita bila ada nya keterbatasan waktui dalam menyiapkan MPASI. Yang pasti ini akan menjadi bekal mudik ku saat lebaran nanti. Soal nya kami sekeluarga ada plan untuk pulang kampung ke bengkulu menggunakan kendaraan priadi. Perjalanan selama 24 jam tentu menjadi tantangan tersendiri buat saya yang masih mempunyai anak kecil. Namun saya tidak kuatir lagi karena selama perjalanan saya akan membawa Milna Nature Delight sebagai solusi cemilan sehat anak selama dalam perjalanan, bentuk nya yang praktis di lengkapi oleh sendok nya juga akan memastikan saat pemeberian makan nya menjadi mudah dan tidak gampang berantakan. Sangat mendukung mobilitas dalam pemberian makan di dalam kendaraan. Sooo, kamu jadi dapat inspirasi kan Moms after baca tulisan ku kali ini ? ^^ Yukk kita stok Milna Nature Delight dari sekatrang untuk bekal mudik bersama si kecil nanti. Produk bisa dnegan mudah kamu dapatkan di supermarket sekitar rumah seperti Indomaret, Alafamart, Carrefour, Hypermart atau lain nya.

DSC_1518  DSC_1506

Moms juga bisa follow social media @milnaid (instgaram) untuk mendapatkan seputar informasi up to date terkait denan Milna Nature Delight. Dan jangan lupa juga follow aku di IG @vibrieVb dan klik #MPASIRAIN untuk mendapatkan inspirasi menu MPASI yang aku share. Thank youuu so much for stop by! See uuu Mommaaa

DSC_1501.JPG
Toddler Biscuit dari Milna yang di sajikan selama acara berlangsung, Favorite nya Rain nih yang rasa cokelat ^^

 

 

Xoxo,

VibrieVB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *