MENU PRAKTIS BAKSO BONANZA UNTUK BERBUKA PUASA

 

Haloo Mommies semua,

Pasti sudah baca kan review ku sebelemu nya tentang satu produk bakso yang baru saja launch di awal mei kemarin kan? Yupppp benar, Bakso Bonanza. Nah, senang banget seminggu yang lalu aku di undang lagi untuk ikutan acara cooking demo resep-resep praktis dari Bakso Bonanza untuk menu berbuka puasa.

Bertempat di sebuah supermarket keren yaitu Farmers Market SMS Mall, aku dan beberapa Moms Blogger berkesempatan untuk melihat langsung cara pembuatan menu praktis Bakso Bonanza atas undangan dari Mom Blogger Community (MBC). Acara di buka oleh Mbak Caroline perwakilan tim Marketing dari Bakso Bonanza dengan memperkenalkan Chef yang akan memandu acara cooking demo ini. Yaitu, Chef Gaby Dharmadji.

Chef Gaby Dharmadji memiliki jam terbang memasak yang cukup tinggi dan sudah melalang buana sampai ke Amerika. So kebayang yahh ilmu yang akan kami dapat dari Chef muda yang berbakat ini.

DSC_3081 [1280x768]

Namun, di cooking demo kali ini Chef Gaby akan share menu yang parktis dan bernuansa homey agar mudah di eksekusi di dapur rumah kita serta sesuai dengan tema Ramadhan yang memang kental dengan nuansa kekeluargaan.

3 resep Praktis Bakso Bonanza

Akan ada 3 menu yang di buat oleh Chef Gaby untuk berbuka puasa nanti. All about bakso Bonanza pokok nya. Dengan menggunakan bahan-bahan yang sehari-hari mudah kita temui dan juga dengan menggunakan peralatan yang praktis, Chef Gaby menyampaikan bahwa karena Bakso Bonanza ini memang sudah memiliki cita rasa daging sapi premium yang gurih dan manis sehingga akan sangat mudah meng eksekusi nya tanpa harus ada banyak tambahan menu. Yukk kita intip masakana apa saja yang akan di demokan oleh Chef Gaby kali ini.

  1. Bakso Kuah ala rumahan

Tadaaaa… ini sih favorite aku kalau berbuka puasa. Kebetulan dekat rumahku ada yang jual bakso enakk so hampir setiap hari loh aku beli buat menu berbuka ku. Aku soale suka banget berbuka dengan yang berkuah, gurih dan panas. So resep pertama ini seruuu bangeeet sesuai dengan kesukaan ku, hehehe. Bisa jadi lebih sehat kalau nanti aku buat sendiri.

Bahan :

500gr tulang sumsum sapi

6 buah kemiri

Bahan yang di iris:

3 batang daun bawang (bagian putih nya saja)

8 buah bawang merah

8 buah bawang putih

Bahan yg di haluskan:

3 liter air

1 pack bakso Bonanza (isi 30 butir)

Cara Membuat :

  1. Kita membuat kaldu kuah nya dulu. Panaskan air sampai mendidih lalu masukan tulang sapi. Diamkan sampai 3 menit lalu tiriskan buang air nya. Berfungsi untuk membersihkan tulang dari kotoran yang masih menempel. Masukan kembali air putih sebanyak 3 L ke dalam tulang tersebut, rebus sampai mendidih dan tulang mengeluarkan kaldu sampai berminyak. Umum nya minimal 30 menit tetapi makin lama semakin baik agar tekstur berminyak nya kita dapatkan.
  2. Tumis bumbu halus dan bumbu iris (kec bawang merah) sampai wangi dan jangan sampai gosong
  3. Masukan tumisan bumbu ke rebusan kaldu
  4. Sambil menunggu rebusan kaldu berbumbu tadi, kita goreng bawang merah sampai terlihat cokelat keemasan. Resep membuat bawang goreng yang chrispy dan renyah, pastikan bawang merah jangan terkena air yah Mom. Lalu kasih sedikit garam dan tepung maizena, sedikit saja.
  5. Masukan bakso bonanza dan bawang goreng nya, biarkan sampai mendidih dan matikan kompor setelah 5 menit. Jangan lupa koreksi rasa yah (kalau tidak berpuasa) dengan memberikan garam secukup nya. Tidak perlu pakai penyedap lain karena rasa nya sudah terjamin enak dan gurih^^

 

This slideshow requires JavaScript.

2. Bakso Bakar sate jepang ala Yakitori 

Kalau menu ini sudah pernah aku temu saat launching Bakso Bonanza awal mei kemarin. Sambil mendengarkan talkshow kami di sajikan dengans ate bakso bakar ini dan aku suka bangeeet. So saat tahu ini akan di demokan, akulangsung bilang yessssss 😀

Bahan :

½ cup air

3 sdm gula pasir

4 buah bawang putih di cincang

2 sdm minya goreng

Jahe secukup nya di parut

4 lembar daun jeruk di iris tipis

1 batang daun bawang di iris

¼ bawang bombay

½ cup kecap asin merk kikkoman (bisa beli di farmer market)

1 pack bakso Bonanza 500 gr (berisi 30 butir) di belah dua

DSC_3111 [1280x768].JPG

Cara Membuat:

Kita buat saus teriyaki nya dulu

Tumis bawang bombay, daun bawang dan daun jeruk yang sudah di iris. Lalu masukan bawang putih, setelah itu kecap asin nya. Masukan kembali air putih, jahe yang di parut, gula dan garam secukup nya. Tumis sampai agak mengental dan harum. Tumisan ini akan menjadi bumbu bakar sate nya.Setelah Bakso Bonanza di tusuk-tusk ke dalam tusuklan sate, kita taruh di atas panggangan atau wajan biasa saja yang di lapisi teflon dan di berikan minyak terlebih dahulu. Tarus sate bakso nya di atas dan oleskan dengan bumbu teriyaki yang kita buat tadi. Oleskan ke semua sisi sampai mendapatkan tekstur caramel yang di inginkan.

This slideshow requires JavaScript.

3. Bakso Goreng Chrispy 

Nah ini diaaa, menu favorite lain nya. Gak afdol yah berbuka puasa kaalu tidak makan gorengan 😀 cuss kita intip resep mudah nya.

Bahan Adonan pertama:

2sdm tepung kentang

½ cup tepung terigu

½ cup tepung beras

2 sdt pengembang

1 buah telur ayam

¾ air dingin

Gula, garam dan lada secukup nya

Aduk rata semua adonan ini

 

Bahan Adonan kedua:

½ cup tepung beras

½ cup tepung terigu

Gula, garam dan lada secukup nya

Aduk rata semua adonan ini

DSC_3119 [1280x768].JPG

Cara Membuat :

  • Masukan bakso ke adonana pertama, lalu guling-gulingkan ke adonan kedua. Masukan kembali bakso ke adonan pertama.
  • Goreng bakso ke minyak yang telah panas, pastikan minyak telah memiliki suhu panas yang cukup dan jangan sampai berasap yah minyak nya, itu tanda nya minyak terlalu panas dan nanti akan membuat bakso menjadi gosong di luar namun belum matang di dalam.
  • Setelah berwarna cokelat ke emas an silahkan di angkat dan di tiriskan minyak nya.

 

DSC_3130 [1280x768]DSC_3133 [1280x768]

Mmh, jadi tidak sabar menunggu bedug mahgrib yah ^^ Sambil Chef Gaby melakukan plating atas 3 masakana rumahan yang praktis ini. Mbak Caroline dari Bonanza kembali menyampaikan mengenai perbedaan bakso Bonanaza di bandingkan merk bakso lain dan ini kembali aku rekap keuunggulan bakso Bonanza.

DSC_3099 [1280x768]

Keunggulan Bakso Bonanza

  1. Mengandung 84% daging sapi pilihan
  2. Bakso yang dapat di taruh di dalam Frozen karena mengandung jelas 84% daging sapi pilihan sehingga saat masuk ke dalam freezer struktur nya tidak mengkerut dan tetap bulat bagus. Kan selama ini kalau naruh bakso pasti kita taruh di Chiller or bagian kulkas yang di bawah kan Mom? Karena kalau di taruh di freezer pasti kempes dan saat di cairkan jadi jelek struktur nya. Nah, ciri dari bakso yang memiliki kandungan daging sapi tinggi salah satu nya adalah dari bentuk nya yang tidak berubah saat kita masukan ke dalam frezer. Alhasil Bakso akan lebih awet dan terhindar dari pembusukan.
  3. Tanpa Pengawet dan Tanpa Borax
  4. Bakso Bonanza hanya bisa bertahan selama 2×24 jam di suhu ruangan karena jelas tidak mengandung bahan pengawet kimi dan tanpa borax. Kalau kamu mnemukan Bakso yang bisa awet di suhu ruangan lebih dari 2 hari, hati-hati yah Moms.
  5. Halal karena berasal dari peternakan sendiri
  6. Yup, seperti yang sudah pernah aku sounding Bakso Bonanza di produksi oleh PT Giant Great Livestock yang memang awal nya sudah memiliki brand ternama Sunpride dan memilikipeternakan sendiri di lampung tengah. Anakan sapi di datangkan langsung dari Australia dan di gemukan di peternakan mereka dengan diberikan pakan ternak nya yaitu buah NANAS. Kebayang yahh Sapi yang hanya mengkonsumsi buah nanas pasti organik bangeet dan yakin deh daging nya kan segar dan manis sperti nanas, hehehe. Nah, karena berasal dari peternakan sendiri jadi cara potong dan pengolahan daging sapi untuk bahan baku Bakso Bonanza sudah pasti di sesuaikan dengan kaidah islam sehingga memperoleh sertifikasi halal dari MUI.
  7. Gurih dan enak
  8. Yupp kalo ini kamu harus nyobain sendiri Moms, buktikan kalau apa yang aku sampaikan benar bahwa cita rasa bakso bonanza itu premium banget. After taste nya gurih and very delicious. Rain aja suka bangeet loh. Di olah dengan berbagai masakan tanpa ribet2 pasti hasil nya akan enak. Coba deh buat sayur cap cay sapi pakai bakso bonanza dan tidak usah di kasih daging sapi, itu yah cita rasa cap cay nya serasa ada daging sapi nya. Gurih manis. Happy try!

 

Puasa sudah tinggal 10 harian lagi nih dan sebentar lagi hari raya lebaran. 3 resep praktis yang aku share di atas cocok juga loh Moms untuk hidangan lebaran hari ketiga keempat di mana kita sudah bosen dengan menu opor, rendang dan ketupat. Coba deh Bakso Kuah, Sate Bakso Bakar dan Bakso Chrispy nya. Di jamin sekeluarga besar pasti memuji masakan kita.

Di mana membeli Bakso Bonanza?

Walaupun barulaunching namun avaibility Bakso Bonanza sudah sangat mudah di dapatkan terutama di Supermarket besar di sekitar kita. Moms bisa langsung beli ke Farmers Market, Superindo, Lotte Mart atau lain nya. 1 pak 500 gr berisikan 30 butir bakso dengan harga sekitar 85rb.

DSC_3106 [1280x768].JPG

Jangan lupa juga untuk follow account Instgram @bonanzabeef.id yah Moms untuk mendapatkan informasi update terkait promo-promo dan kegiatan event seru mereka.

DSC_3132 [1280x768].JPG

 

Thank you so much for (again) stop by and see you soon in another post!

Xoxo,

 

VibrieVb

2 Comments Add yours

  1. bella agmia says:

    Bakso bonanza lg heboh bgt ya ga kalah sama es kepal hehe 😂 Tapi emang enak sih dagingnya berasa..

  2. Roosvansia says:

    Bonanza ini enakkkkk. Ahh terima kasih Vibrie yg udah kenalin aku sama si Bonanza hihihihi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *