LEBARAN AMAN DENGAN CEKKLIK

Lebaran sebentar lagi …

Ayoo siapa yang sudah tidak sabar menunggu hari kemenangan tiba? Pasti kita semua yah Moms. Gak sabar rasa nya menunggu bulan Ramadhan usai dan bisa mudik ramai-ramai ke kampung halaman bertemu sanak saudara. Dan kalau sudah mulai ritual mudik gini siapa yang sibuk ngumpulin beli buah tangan untuk oleh-oleh saudara kita di kampung atau malah nyetok parcel untuk di kirim ke sanak saudara atau kolega?

Aku sih termasuk yang jadi pengumpul makanan dan minuman terutama yang di kemas untuk aku buat jadi hampers cantik dan jadi buah tangan oleh-oleh ku saat mudik. Soal nya kalau beli langsung yang di kemas sudah jadi parcel aku agak parnoan nih… tahun lalu pernah trauma. Salah satu saudara yang aku kirimin parcel protes kalau isi dari parcel yang aku kasih hampir mau expired semua. OMG, aku maluu banget dan malah jadi kuatir kalau yang aku kirimin parcel ini tidak aware dan langsung konsumsi nanti malah jadi sakit perut atau lain nya yg bisa membahayakan kesehatan nya. Karena itulah tahun ini aku putuskan untuk membuat sendiri parcel atau hampers nya.

Nah, kebetulan sekali beberapa hari yang lalu (Selasa, 5 Juni 2018) aku di undang oleh BPOM RI untuk menghadiri mengenai sosialisasi “Pangan Aman Lebaran”. Bertempat di atrium Pejanten Village Mall, talkshow ini di hadiri oleh beberapa pejabat BPOM RI serta ketua umum organisasi yang mewadahi para pelaku industri. Pasti ilmu yang di share di sini akan sangat bermanfaat sekali dengan keadaan sekarang di mana kebutuhan informasi akan pangan yang aman untuk lebaran memag sedang dibutuhkan sekali.

 

Talkshow di mulai dengan menghadiri 2 narasumber yaitu Bp. Suratmono MP, Deputi Bidang pengawasan Pangan Olahan BPOM RI dan Bp. Adhi S. Lukman ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI).

CEKKLIK dulu sebelum membeli

Dalam talkshow nya Bp. Suratmono menyampaikan bahwa kriteria suatu bahan pangan itu tidak aman untuk di konsumsi adalah bila tidak memiliki izin edar, tidak memiliki kemasan yang baik, tidak memiliki label atau penandaan yang jelas akan kompisisi produk dan keterangan lain nya serta tidak memiliki masa expired atau malah sudah expired (lewat masa batas).

Kedua narasumber perwakilan dari BPOM & GAPMMI

Untuk mengantisipasi masa menjelang lebaran ini di mana peredaran makanan dan minuman sangat tinggi maka sangat riskan sekali akan  bahan pangan yang tidak aman di konsumsi karena ada nya beberapa oknum pelaku indsutri yang ingin mengambil keuntungan lebih tanpa jalur yang benar, karena itu BPOM RI melancarakan kampanye CEKKLIK yaitu cara mudah mengecek apakah bahan pangan yang kita beli aman di konsumsi.

CEKKLIK adalah singkatan dari CEK Kemasan, Cek Kadaluarsa, Cek Label dan Cek Izin edar. Bila kita melakukan 4 langkah ini maka di pastikan kita akan mendapatkan bahan pangan yang aman untuk di konsumsi.

Langkah 1 : CEK Kemasan, cek seksama yah Moms apakah kemasan bahan pangan yang kita beli masih tersegel utuh, terkemas dengan baik (tidak penyok atau terkelupas) dan kemasan mampu melindungi isi dalam nya.

Jadilah konsumen cerdas dengan selalu melakukan langkah CEKKLIK untuk setiap bahan pangan baru yang di beli

Langkah 2 : Cek Kadaluarsa, penting sekali melihat masa expired date (ED) di setiap bahan pangan yang di beli agar kualitas produk di dalam nya masih sesuai klaim dan tidak membahayakan bagi kita saat di konsumsi. Di Indonesia hanya mengenal masa expired date yah Moms, Best Before belum di setujui oleh BPOM. Ini masih wacana yang masih terus di perjuangkan oleh beberapa asosiasi industri untuk beberapa jenis makanan dan minuman. Untuk bahan pangan yang memiliki masa ED 3 bulan maka wajib mencantumkan tanggal, bulan dan tahun. Namun, untuk yang memeiliki ED di atas 3 bulan cukup mencantumkan bulan dan tahun nya saja.

Langkah 3 : Cek Label, ini kadang terlewatkan oleh kita. Padahal label pada bahan makanan sangat penting karena ini merupakan sumber informasi terkait apa yang terkandung di dalam nya. Contoh seperti pemberitahuan apakah makanan ini mengandung bahan haram atau tidak.

Langkah 4 : Cek Izin Edar, ini bisa di cek dengan kita masuk ke website BPOM dan masukan no izin edar yang tertera di kemasan bahan pangan tersebut. Cross check apakah sesuai NIE (Notifikasi Izin Edar) yang di klaim keterangan nya sama dengan yang di produk. NIE Pangan Olahan itu terdiri dari 2 abjad dan 12 angka. Contoh : MD 123456789123 (ini arti nya makanan dalam / produksi lokal).

Peran BPOM sendiri dalam hal ini selain terus mensosialisasikan tentang CEKKLIK ini, juga mendirikan banyak posko-posko pemantauan di lokasi-lokasi umum seperti di pasar-pasar, station KA dan pusat-pusat keramaian lain nya. Di posko ini BPOM selain melakukan sidak mengambil sample bahan pangan juga menerima aduan masyarakat apabila ditemukan kecurigaan atas bahan pangan tertentu. Bp. Sukriyadi selaku Kepala Balai POM Jakarta juga menyampaikan bahwa hasil investigasi mereka terhadap jajanan takjil berbuka puasa di beberapa tempat terkenal seperti di Pasar Benhil Karet Sudirman telah di temukan bahwa ada mie yang mengandung boraks dan takjil memakai pewarna tekstil Rhodamin B. Tapi untung nya pusat takjil di jalan panjang jakbar yang dekat rumah ku saat sidak tidak di temukan bahan pangan yang berbahaya. Duh Alhamdulillah banget yah soalnya aku suering sekali minta suami untuk beli takjil ke sana.

Sedangkan Bp. Adhi dari GAPMMI juga menyampaikan bahwa kita harus menganut pengawasan semesta akan peredaran bahan pangan ini. Arti nya pengawasan bukan hanya menjadi tugas dari BPOM dan Para Pelaku Industri saja melainkan juga harus di dukung oleh partisipasi aktif dari masyarakat.

SIDAK HYPERMART OLEH KEPALA BPOM RI

Selesai talkshow dan tanya jawab, kami di jadwalkan menemani Ibu Penny K. Lukito selaku kepala badan Pengawas Obat dan Makanan RI melakukan sidak pasar ke salah satu hypermarket besar di lantai dasar Pejanten Village Mall. Di sini selain di temani oleh para deputi BPOM dan perwakilan GAPMMI, Ibu Penny juga di temani oleh Bp. Roy Mandey selaku Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indoensia (Aprindo). Ibu Penny menyampaikan bahwa sidak ini di lakukan secara berlapis oleh para staff BPOM RI dan Balai Besar yang tersebar di seluruh kota Indonesia.

Kapala BPOM RI Ibu Penny K. Lukito hadir di tengah-tengah acara ini

Semua temuan akan di laporin dan di tindak lanjuti serta di umumkan ke masyarakat. Belum lama ini, di daerah jelambar JakBar baru saja di gerebek satu produsen kosmetik yang melakukan pemalsuan expired date sampai bernilai 7 milyar rupiah. Bahkan sejauh ini sudah di temukan produk tanpa izin edar senilai 28M dan 23M di antara nya di temukan berada di gudang importir. Mengerikan yah Moms. Bersyukur sekali saat ini BPOM beserta asosiasi pelaku industri sudah sangat aktif melakukan pengawasan dan sosialisasi bagaimana mengecek secara mudah bahan pangan yang aman.

 

Segera download applikasi CEK BPOM melalui play store, nanti di applikasi tersebut akan memudakan bagi kita mengecek izin edar suatu bahan pangan. Untuk contact centre nya sendiri Moms bisa menghubungi nomor ini:

HALOBPOM 1-500-533 (bebas pulsa)

SMS : 0812 1999 9533

Email : halobpom@pom.go.id

Atau bisa juga melalui HALOBPOM Mobile yang bisa dengan mudah kita akses.

Jangan lupa juga untuk follow media sosial BPOM RI di bawah ini karena akan ada informasi seputar lomba blog yang akan segera di share di sana. Lomba Blog ini tema nya akan seputar ritual mudik kita jadi jangan lupa yah sepanjang perjalanan mudik nanti abadikan momen-momen berkesan kamu apakah itu seputar keindahan alam kampung mu atau wisata kuliner di sana, siapa tahu akan menjadi cerita yang menarik untuk di ikut sertakan dalam lomba blog BPOM ini nanti. Akan ada hadiah yang sangat menggiurkan menanti kita ^^

Facebook : Badan Pengawas Obat dan Makanan RI

Instagram : bpom_ri

Twitter : @BPOM_RI

Youtube : BPOM Official

Website : www.pom.go.id

Sekali lagi, agar lebaran ini terasa aman dan nyaman jangan lupa yah selalu lakukan langkah CEKKLIK agar kesehatan kita sekeluarga tetap terjaga. Jadilah konsumen yang cerdas.

Aku dan beberapa rekan blogger menerima hadiah karena berpartisipasi dalam kuis CEKKLIK

Terimakasih sudah mampir membaca tulisan ku Moms … and see you around!

Xoxo,

 

@vibrievb

 

 

 

2 Comments Add yours

  1. masolo says:

    Cek KLIK: cara sederhana yang bisa menyelamatkan kita dari bencana yah. Ayo kita bersama jadi konsumen cerdas.

    Salam Inspirasi,
    Sesuapnasi

  2. Lubena Ali says:

    Memang jadi konsumen harua cerdas yah. .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *