INTERLAC : CLINICALLY PROVEN PROBIOTICS FOR NEWBORN AND KIDS

Hi Moms,

Bagaimana libur panjang lebaran nya? Jadi mudik tahun ini? Well, seperti yang Moms ketahui bahwa tahun ini pertama kali aku ajak my toddler Raindra Alexander (2tahun) mudik dengan perjalanan darat menggunakan mobil pribadi ke bengkulu. We drive for 24 hours! Soooo, kebayang banyak nya persiapan yang aku lakukan untuk memastikan selama di dalam perjalanan ini Rain nyaman. Salah satu yang menjadi concern dalam persiapan ku adalah menyiapkan kotak P3K Rain. Dan tentu saja yang berkisar mengenai antisipasi kesehatan pencernaan adalah yang paling utama karena selama seperti yang sudah kita semua ketahui bahwa 80% sistem imun itu terletak di saluran cerna. Agar Rain selalu fit selama perjalanan mudik ini, aku pastikan Rain mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori dan serat serta tidak mengalami diare ataupun sembelit.

Interlac probiotics menemani mudik Rain ke Bengkulu
Rain selama perjalanan udik ke Bengkulu, di buat senyaman mungkin

Beruntung sekali beberapa minggu sebelum nya saat hunting perlengkapan Rain di acara bazar baby besar Mommy n Me di JCC Senayan, aku berkesempatan menghadiri talkshow mengenai Interlac Probiotics yaitu suplemen yang mengandung milyaran bakteri baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anak kita.

Talkshow interactive ini menghadiri 2 narasumber yang kompeten di bidang nya yaitu dr. Maria Magdalena dan Bp. Mohamad Nurhadi sebagai Brand Manager Interlac.

Talkshow Interlac di Mommy N Me JCC Senayan

Sebelum kita mengenal lebih dekat apa itu Interlac Probiotics, aku mau share dulu tentang jenis-jenis gangguan cerna yang kerap kali menyerang newborn atau anak-anak kita.

JENIS-JENIS GANGGUAN SALURAN CERNA

Seperti yang sudah aku mention di atas, banyak penelitian menyampaikan bahwa 80% sistem daya tahan tubuh kita terletak di saluran cerna, untuk itu permasalahan saluran cerna pada bayi atau anak kita tidak bisa di anggap sepele. Gangguan pencernaan bisa memberikan dampak buruk terhadap perkembangan anak. Hal ini karena proses penyerapan nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya terhambat.

Penting sekali untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan bayi mengingat hal tersebut sangat berkaitan dengan proses tumbuh kembangnya. Gangguan pencernaan pada bayi umumnya diakibatkan oleh faktor makanan yang tidak higienis. Kasus seperti ini biasanya lebih banyak terjadi pada bayi yang sudah mendapatkan MPASI.

Gangguan pencernaan pada anak disebabkan karena sistem pencernaan belum sepenuhnya berfungsi dengan sempurna atau bisa juga diakibatkan oleh makanan yang memicu gangguan tersebut. Gangguan pencernaan pada anak sangat beragam dan penyebabnya pun bervariasi.

  1. Diare , yang di maksud Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Pada umumnya, diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Menurut WHO pengertian diare adalah buang air besar dengan konsistensi cair (mencret) sebanyak 3 kali atau lebih dalam waktu satu hari atau 24 jam.
  2. Gumoh. Pengertian Gumoh menurut IDAI adalah aliran balik isi lambung ke dalam kerongkongan dan dikeluarkan melalui mulut yang berlangsung secara involunter. Keadaan ini sering ditemukan pada bayi dan merupakan salah satu keluhan yang sering disampaikan oleh orangtua pada saat kunjungan ke dokter.
  3. Konstipasi, atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana anak mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya.
  4. Kolik, adalah kondisi saat bayi menangis terus menerus tanpa penyebab yang jelas dan tak bisa dihentikan, setidak nya 3 jam / hari, 3 hari / minggu.

Berikut beberapa fakta yang mau aku share terlebih dahulu ke Moms:

Dari ke 4 permasalahan umum pencernaan di atas saya yakin bayi atau anak kita pernah mengalami nya dan pasti kebayang betapa stress nya kita para Ibu memikirkan kesembuhan nya. Rain saat ini usia nya sudah 2 tahun sehingga Gumoh dan Kolik sudah tidak di alami. Namun permasalahan yang kerap muncul adalah konstipasi dan diare. Khusus dalam perjalanan mudik yang jaiuh ini, aku yakin kedua permasalahan ini pasti akan datang. Lalu bagaimana cara mengatasi nya? Tentu saja dengan solusi yang sehat, bukan dengan obat.

  • Tahukah Moms? Bahwa rata-rata bayi usia 0 – 2 tahun terserang diare 3,2kali per tahun. Diare pada bayi akan menyebabkan dehidrasi kronis, gangguan pencernaan dan mal nutrisi
  • Tahukan Moms? KOLIK tidak disebabkan oleh perut kembung atau masuk angin. “Tak ada bukti ilmiah bahwa simethicone –unsur penyalur gas dalam perut yang diklaim oleh obat-obat tertentu– akan menyembuhkan kolik, Namun demikian, sebuah riset awal pada bayi-bayi yang mendapat ASI eksklusif ditemukan fakta bahwa Lactobacillus reuteri, bakteri sehat yang terdapat dalam suplemen yang dikonsumsi ibu, menurunkan tingkat tangis bayi hingga 95% –walaupun belum ditemukan korelasinya.
  • Tahukah Moms? Mengkonsumsi terlalu banyak susu pada anak bisa menyebabkan konstipasi, padahal 50 – 70% nutyrisi pada bayi di bawah usia 1 tahun di supply dari mengkonsumsi susu.
  • Tahukah Moms? Bahwa Gumoh dalah bagian dari proses perkembangan bayi. Biasanya si kecil gumoh karena memiliki katup yang belum dewasa, katup tersebut menghubungkan esofagus ke perut. Saat bekerja dengan baik, katup ini menjaga makanan tetap berada di tempat yang seharusnya, namun si kecil butuh waktu agar fungsi ini berjalan sempurna.

SUPLEMENTASI BAKTERI BAIK UNTUK PENCERNAAN SEHAT

Statement di atas bukan sekedar idiom loh Moms, benar bahwa saat ini perkembangan penelitian dunia kedokteran sudah banyak membuktikan bahwa mengkonsumsi suplemen yang mengandung bakteri baik akan meningkatkan kualitas daya tahan tubuh kita terutama sistem imun bayi dan anak. Pasti pernah dengar kan Moms mengenai you are what you eat. Sekali lagi sistem imun kita itu 80% memang terletak di saluran cerna. Saluran cerna yang sehat akan memberikan daya tahan tubuh yang maksimal.

Saluran cerna yang sehat sangat berpengaruh pada daya tahan tubuh yang baik. Kondisi saluran cerna akan mendukung sistem kekebalan tubuh yang baik.

Dari sebuah jurnal kesehatan, mengenai kaitan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh oleh Vighi et al. (2008) yang dimuat pada British Society for Immunology, diketahui bahwa sel kekebalan tubuh alami hidup pada saluran pencernaan yang sehat, dan mewakili hampir 70% dari seluruh sistem kekebalan tubuh. Apabila saluran cerna sehat, perut terasa nyaman. Penyerapan nutrisi akan berlangsung dengan semestinya, metabolisme lancar, tubuh mendapat perlindungan, serta suasana hati akan terjaga.

Saat ini bahkan beberapa produk susu formula untuk anak-anak berlomba lomba memberikan kandungan probiotik dan prebiotik. Daya tahan tubuh anak berhubungan erat dengan kesehatan saluran cerna. Karenanya, jangan abaikan kesehatan saluran cernanya. Dengan memastikan anak kita mendapat asupan nutrisi yang seimbang.

Namun dengan maraknya produk prebiotik di pasaran kadang membuat kita bingung mana yang paling baik dan optimal memberikan manfaat. Kalu dulu yang aku pelajari di bangku kuliah, tidak mudah loh Moms menjaga sediaan probiotik itu tetap stabil dan saat di konsumsi semua bakteri tersebut bisa tetap hidup dan berkembang di flora usus kita. Banyak kenyataan nya sediaan yang mengandung probiotik di dalam nya sudah banyak kualitas bakteri nya yang sudah mati sehingga terkadang percuma saja mengkonsumsi nya.

Untuk itu mari menjadi smartmoms, pastikan membaca refrensi suatu produk saat memutuskan memilih brand probiotik tertentu. Dan kalau boleh aku rekomendasikan, aku ingin mengenalkan INTERLAC PROBIOTICS untuk pilihan tepat Moms semua. Kenapa?

MARI MENGENAL INTERLAC PROBIOTICS

Back to my title di atas, INTERLAC PROBIOTICS is Clinically Proven Probiotics. Tagline yang di usung oleh Interlac ini langsung menarik perhatian ku karena sebagai apoteker aku tahu, tidak boleh sembarang untuk klaim sebuat produk telah terbukti secara klinis bermanfaat. Ada proses yang super panjang untuk mendapatkan titel PROVEN.

Varian lengkap produk Interlac Probiotics
Ini favorite ku, bentuk drops. Praktis bisa di campurkan ke makanan Rain atau minuman nya.

Komposisi Interlac Drops:

Lactobacillus reuteri DSM 17938 …….. 106 CFU

Sunflower oil

Medium chain

Triglyceride Oil

Silicone dioxide

Dan ini fakta yang harus Moms ketahui tentang Interlac karena sepanjang pengetahuan aku jarang banget ada produk Probiotik yang berani menjamin bakteri hidup yang di konsumsi per satu takaran dosis :

Gunakan 5 tetes per hari di mana dalam 5 tetes ini terdiri dari minimal 100 JUTA L. Reuteri DSM 17938 HIDUP.

Mekanisme Kerja Interlac:

Jadi prinsip dasar dari cara kerja Probiotik untuk kesehatan pencernaan anak adalah dengan sistem kompetisi. Dengan menyeimbangkan jumlah bakteri baik di dalam saluran cerna maka otomatis bakteri jahat di dalam usus akan di tekan sehingga menurun produksi nya. Fakta mengatakan bahwa anak yang lahir dengan proses cesar tanpa melewati liang vagina Ibu tidak akan terpapar oleh bakteri baik sehingga umum nya bayi hasil cesar memiliki flora bakteri baik yang kurang di dalam salura pencernaan nya sehingga retan terkena gangguan pencernaan. Mmmhh, pantes aja yah Rain selalu sembelit soal nya Rain memang proses persalinan nya melalui cesar.

Jenis Produk Interlac:

Selain ada yang drops 5ml, Interlac juga tersedia dalam bentuk chewable atau tablet kunyah dengan rasa Strawberry dan Lemon.

Aturan Penyimpanan:

Ini penting yah Moms di perhatikan agar kualitas probiotik di dalam nya tetap terjaga, agar bakteri-baktri baik yang dormant tersebut tetap hidup saat di konsumsi. Pastikan Interlac di simpan di dalam susu ruangan di bawah 250C

Aturan pakai dan cara penyimpanan jelas tercantum di box kemasan Interlac probiotics

KEUNGGULAN INTERLAC

  • Merupakan produk berkualitas international, di Import langsung dari BioGia, yang merupakan perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader In Probiotics.
  • Proven Safety from birth, keamanan yang terjamin. Aman di konsumsi dari Bayi baru lahir samapai Dewasa
  • 160++ Clinical Trials dan telah teruji kepada 13.000 lebih Individu di dunia sehingga manfaat sudah terbukti
  • Formula nya bebas Laktosa sehingga aman untuk yang alergi
  • Praktis dalam penggunaan, cukup 1 kali sehari
  • Recommended by Doctors in 90+ countries, terpercaya!
Bp. Nurhadi menjelaskan tentang keamanan produk Interlac Probiotics

Soooo, detail banget yah aku cerita tentang Interlac ini. Karena memang probiotik salah satu passion ku.. aku tuh memang tertarik sekali dengan hal-hal yang terkait dengan produk-produk yang mengandung Probiotik. Pernah baca kan aku review tentang yogurt yunani/ nahh, itu juga makanan yang mengadung kaya probiotik alami yang rutin aku konsumsi.

Mari hidup sehata alami di mulai dari menjaga pencernaan anak kita dari dini, berikan Interlac Probiotics sehari 1 kali yah Moms. Interlac Probiotics teman baik ususmu.

Interlac probiotics telah menjadi teman baik usus Rain

Jangan lupa untuk follow sosial media Interlac supaya Moms update dengan promo-promo mereka, follow di IG @interlacprobiotics ; FB ; interlacprobiotics atau bisa juga ke website nya di www.interlac-prebiotics.com . Interlac probiotis di import oleh Perusahaan farmasi terkemuka PT Interbat Indonesia.

Thank you for stop by and please leave any comments yah Moms^^

Rain dengan sepupu-sepupu nya di Bengkulu
Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faizin. Mohon Maaf Lahir Bathin dari Raindra Sekeluarga

Xoxo,

IG @vibrievb

7 Comments Add yours

  1. Bunda Safa says:

    Informatif sekali artikelnya, berguna bgt tuk mommy yg anaknya pny mslh dg pncernaan 😉

  2. Thanks info nya ya, bermanfaat banget

    1. Hill doyan banget nih sama yg kunyah

  3. lia Lathifa says:

    Wah aku baru tau Interlac justru bebas lactosa ya. Berarti sangat aman buat yg peka alergi susu nih..

  4. Ternyata ada hubungannya ya antara lahiran normal dan sesar juga dengan probiotik.

  5. Datika says:

    Aku cocok banget Mom, Interlac ini bangus banget buat bumil, busui, anak2 pun jadi lancar pencernaannya.

  6. j_poerbasari says:

    thanks for sharing, mba 😍😍 tadinya aku ragu-ragu kasih suplemen probiotik ke anak, begitu kita yakin produknya aman dan berkualitas baru mantap kasihnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *