ASPEK KECERDASAN ANAK CEREBROFORT : SEHAT, KREATIF, BERANI & PEDULI

Well, pengasuhan anak jaman sekarang memang berbeda dengan jaman kita kecil dulu. Saya yakin semua Mama pintar di sini aware dengan kondisi seperti ini. Tuntutan jaman milenial today seakan tidak hanya mensyaratkan seorang anak tumbuh menjadi pribadi pintar di bidang akademik saja melainkan harus kuat juga secara kepribadian or emotional. Karena kalau hanya sekedar IQ yang di stimulasi tanpa memiliki empati yang tinggi maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang egois.

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan untuk hadir di acara Media & Blogger Gathering yang di selenggarakan oleh Kalbe Group dengan mengusung brand suplemen minyak ikan nya yaitu Cerebrofort. Acara yang di selenggarakan Pada tanggal 9 Agustus 2018 ini bertempat di main atrium AEON Mall BSD City.

This slideshow requires JavaScript.

Tujuan utama acara ini adalah sebagai bentuk campaign dari Cerebrofort untuk kembali mengingatkan kan bahwa #AnakCerdasItu harus memperhatikan 4 pilar ini yaitu Anak Sehat, Anak Kreatif, Anak Berani dan Anak Peduli.

Acara utama hari itu adalah talkshow bersama tiga narasumber ahli yang akan memaparkan bagaimana membentuk anak cerdas dari sisi IQ & EQ nya :

  1. Dra. A. Kassandra Putranto, Psikolog Klinis dan Pendiri Kassandra & Associates
  2. Dr. Claudia Anggi, Medica Officer PT Kalbe Farma – Consumer Health Division
  3. Bp. Johan Leo, Head of Vitamin PT Kalbe farma, TBK

Talkshow di buka oleh Ibu Kassandra dengan memaparkan bahwa di generasi millenial yang serba komplek ini di mana informasi sangat cepat di dapatkan namun terkadang tidak valid membuat kita sebagai Ibu harus cerdas dalam memilah-memilah informasi terkait dengan tumbuh kembang anak. Anak sekarang tidak cukup hanya di persiapkan sebagai generasi Emas namun harus menjadi generasi Titanium, yang lebih kokoh, kuat dan tidak dapat di lebur.

DSC_7245 [1280x768].JPG

Untuk membentuk generasi Platinum, menurut Ibu Kassandra tentu saja harus memperhatikan aspek terkait tumbuh kembang nya yang lengkap dan beliau mempunyai teori ABCDEFG sebagai berikut :

A = Attitude and Achievement

Penting sekali mendidik anak agar memiliki mental positif dan selalu bisa bangkit dari kegagalan. Contoh : bila anak luka terjatuh maka di harapkan anak bisa lebih cepat move on dan aktif kembali bukan malah meratapi luka yg terjadi.

B = Big Brain & Heart

Secara teori semakin besar volume otak maka semakin tinggi IQ anak tertentu, untuk itu maksimalkan nutrisi otak sejak dini. Bahkan mulai dari nol usia kandungan kita sebagai Ibu sudah harus nmenssuply anak dengan nutrisi-nutrisi penting bagi pertumbuhan organ otak nya.

C = Care and Love

Anak itu mencontoh bukan mendengar. Salah satu yang paling mudah di contoh adalah perilaku orang tua sehingga orang tua harus menunjukan rasa peduli dan kasih sayang dalam setiap tindakan nya agar jiwa anak selalu terpenuhi dengan cinta kasih.

D = Dance and Exercise

Anak sehat haruslah aktif dan ceria. Menari adalah salah satu stimulus yang mampu melatih kinerja otak melalui ritme nada dan gerakan fisik yang dilakukan. Menari dan Berolahraga.

E = Eat Healthy Food and Healthy Drink

Fondasi mendapatkan anak yang sehat dalah dari asupan nutrisi nya. Pastikan porsi makanan anak sesuai dengan takaran piring sehat yang di anjurkan. Mudah nya seperti ini : Bagi 4 porsi piring isi dengan Sayuran, Karbohidrat, Lemak dan Protein. Jangan lupakan healthy drink nya dengan Juice atau Susu.

F = Fun Eduitainemt

Pada usia golden age, bermain adalah ajang belajar anak kita. Untuk itu ciptakan susasana yang menyenangkan saat anak belajar atau selalu sisipkan ilmu pelajaran saat anak kita sedang bermain. Contoh : saat bermain hide and seek minta anak menyebutkan angka 1 – 10

G = Good Quality Of Sleep

Bagi anak, saat tidur adalah saat pertumbuhan. Pastikan anak memiliki kualitas tidur dalam yang cukup karena bila kurang tidur akan mengganggu masa pertumbuhan dan membuat anak selalu rewel (crangky)

Ibu Kassandra menutup sesi talkshow nya dengan menyampaikan bahwa bila kita sudah mengawal pertumbuhan anak sampai ke G di atas maka 4 aspek kecerdasan anak di bawah ini akan kita capai :

Anak Cerdas itu SEHAT, memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik adalah syarat utama kecerdasan seorang anak. Anak yang tanggap dan mau bergerak, tidak ada istilah mager atau belum bisa move on.

Anak Cerdas itu KREATIF, mampu mengembangkan kemampuan berpikir nya dengan baik. Perkembangan kemampuan dan kecerdasan nya sering kali membuat nya bersikap dan berperilaku cukup aktif, banyak bergerak dan bersuara. Hal ini sering di identifikasi kan sebagai kenakalan oleh banyak orang tua padahal ini adalah salah satu daya imajinasi dan kreatifiats seorang anak cerdas.

Anak Cerdas itu Berani, berani di sini arti nya adalah percaya diri. Anak yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang baik akan mampu menonjol di bandingkan anak-anak lain nya. Selalu menstimulasi anak mencoba hal-hal baru merupakan salah tips mengajarkan anak agar berani.

Anak Cerdas itu Peduli, menjarkan keperdulian terhadap sesama adalah hal yang harus di miliki setiap anak. Rasa keperdulian dan berbela rasa merupakan sifat yang sangat penting untuk pergaulan anak, apalagi ketiak ia sudah dewasa dan mulai bermasyarakat.

Nutrisi Penting untuk Masa Golden Age Anak – dr Claudia Anggi

DSC_7260 [1280x768].JPG

Perkembangan organ otak pada seorang manusia di mulai dari usia nol kandungan, pada saat anak lahir optimalisasi perkembangan ini baru mencapai 25% dan harus di stimulus terus sampai usia 6 tahun untuk mencapai 95% berat otak orang dewasa.

Nutrisi-nutrisi penting sebagai asupan nya harus benar-benar di perhatikan karena bukan hanya sekedar volume otak yang di perhatikan perkembangan nya namun stimulus-stimulus hantaran myelin atau serabut kelabu otak ini yang harus benar-benar di perhatikan.

Ada 2 jenis asam lemak essential yang sangat di perlukan untuk perkembangan otak anak yaitu EPA dan DHA. Kedua komponen ini berasal dari senyawa Omega 3 di mana harus kita dapatkan dari asupan makanan luar karena tubuh tidak dapat memproduksi nya sendiri.

DHA berperan dalam bagian yang sangat besar pada materi abu-abu di otak (kecerdasan) dan di retina (penglihatan total mata). DHA membentuk kepekaan neuron, yang membantu menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat. Asam lemak Omega-3 membantu pembentukan neuron dan transporter glukosa. Ini adalah nutrisi utama yang membantu otak berfungsi.

DHA juga penting untuk perkembangan fungsi mata dan sistem saraf yang sempurna. Penelitian pada hewan menemukan bahwa DHA banyak terkandung dalam sistem saraf, contohnya pada retina mata dan otak.

Anak usia dini yang kekurangan DHA akan memiliki indeks kecerdasan yang rendah. Sebuah studi di Amerika Serikat yang memantau anak dari bayi sampai usia 8-9 tahun menemukan bahwa bayi yang diberi ASI dan mendapatkan DHA yang cukup, secara statistik memiliki nilai 8,3 poin yang lebih tinggi daripada bayi yang diberi susu sapi dan tidak mendapatkan cukup DHA.

Pentingnya suplemen DHA dan EPA

Pemberian suplemen DHA untuk jangka panjang sangat bermanfaat untuk perkembangan bayi. Namun, kenyataannya adalah, anak-anak di banyak negara di dunia mendapatkan suplemen DHA harian dalam tingkat yang jauh lebih rendah dari angka yang dianjurkan.

Anjuran FAO, WHO (2010):

  • DHA untuk anak-anak usia 6—24 bulan: 10-12 mg/kg
  • Ibu hamil dan menyusui: 200 mg/hari
  • Anjuran terbaru untuk total jumlah DHA harian ANSES—French Food Safety Agency (2010):
  • Anak-anak usia 0-6 bulan: 0,32% dari total asam lemak
  • Anak-anak usia 6-12 bulan: 70 mg/hari
  • Anak-anak usia 1 sampai 3 tahun: 70 mg/hari
  • Anak-anak usia 3-9 tahun: 125 mg/hari
  • Ibu hamil dan menyusui: 250 mg/hari

*sumber : wikipedia.id

CEREBROPORT GOLD SUPLEMEN MINYAK IKAN UNTUK NUTRISI OTAK CERDAS

Bpk. Johan Leo selaku perwakilan dari PT Kalbe Farma menyampaikan bahwa apa yang sudah di paparkan oleh Ibu Kassandra dan dr Anggi bagaimana membentuk generasi Titanium yang cerdas dan maju, PT Kalbe Farma bertanggung jawab untuk membantu mewujudkan nya.

Cerebrofort telah hadir selama 46 tahun di Indoensia sebagai suplemen minyak ikan yang telah terpercaya mampu menciptakan generasi Indonesia yang sehat, Kreatif, Berani dan Peduli.

Pada kesempatan ini, Bp. Johan Leo juga menyampaikan bahwa selama 3 tahun ini Cerebrofort bersama Majalah Sang Buah Hati (SBH) setiap tahun nya mengadakan acara “Cerebrofort Kids Got Talent” yang bertujuan untuk melatih keberanian anak-anak cerdas Indonesia untuk menunjukan bakat potensial anak. Target nya adalah anak berusuia 4 – 12 tahun. Semua bakat potensial anak bisa di lombakan seperti menyanyi, acting, sulap, bermain musik atau bakat apa saja. Lomba nya bisa per seorangan atau kelompok dengan maksimal team isi 8 anak. Hadiah nya? Seru banget! Cerebrofort menyediakan hadiah sampai ratusan juta dan bahkan paket libuarn keluarga ke Universal Studio, Singapore. WOW!

DSC_7252 [1280x768]

Nah, untuk itu buat para Moms yang ingin mendaftarkan anak nya mengikuti ajang penacarian bakat ini yukk mampir ke booth Cerebrofort dengan jadwal roadshow di bawah ini:

    • Mall AEON, BSD City Tangerang (9-12 Sep 2018)
    • Hartono Mall Solo (31 Agus – 2 Sep 2018)
    • Amll AEON Cakung Jakarta Timur (7-9 Sep 2018)
    • Botani Square Bogor (5 – 7 Okt 2018)
    • Baywalk Mall Pluit (26 – 28 Okt 2018)
    • Nipah Mall Makassar (2-4 Nov 2018)

Selama roadshow audisi pencarian bakat ini berlangsung, Moms bisa mengajak anak-naak untuk bermain di siland-island interaktive yang di sediakan oleh Cerebrofort yaitu Island Anak sehat, Island Anak Kreatif, Island Anak Berani dan Island Anak Peduli secara gratis. Seruuu yah.. so jangan sampai terlewatkan yah Moms!

6 Comments Add yours

  1. Inka amalia says:

    Waaah lengkap banget ya mom produk vitamin cerebrofort. Apalagi ada yg gummy pasti anak-anak suka banget nih

  2. Tian says:

    Wah seru yaa island-islandnya.. Nanti mau mampir ah ke AEON yg deket Rumah. Thanks infonya yaa Mom ^^

  3. Swastivita says:

    Wahhh baru tau tentang A to G.. Roadshow cerebrofort juga panjang ya mom.. Penasaran ah.. mau dateng

  4. Cerebrofort lengkap banget mendukung kecerdasan otak anak. Keren moms 😊

  5. Syenni says:

    Anakku suka banget yang marine gummy, setelah baca in jadi mau coba yang fish oil. Makasih infonya ya mom

  6. Indah Dian Novita says:

    Wah. Jarang2 aspek attitude dimasukkan ke dalam campaign product 😍 keren, artinya brand ini ga hanya mengedepankan selling tapi juga riset materinya bener2 mendukung tumbuh kembang anak.
    Great review mom ❤️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *