TETAP CANTIK DAN BERSERI SELAMA MENYUSUI DENGAN BIO OIL

Well, di tulisan kali ini spesial aku mau cerita nih tentang persiapan kehamilan keduaku ^^ Belajar dari pengalaman kehamilan pertama ada banyak PR yang mau aku perhatikan dari sekarang salah satu nya adalah kesehatan kulit ku selama kehamilan dan mencegah baby keduaku bingung puting dalam pemberian ASI.

Kebetulan sekali, seperti gayung bersambut aku di undang oleh Komunitas C Channel untuk menghadiri edukasi talkshow bersama Bio Oil bertempat di one stop baby shop super gemash yang memang sudah terkenal di antara kami, para Mommy yang sering play date an yaitu di Bubba and Bump Jakarta Selatan tanggal 11 Agustus 2018.

Talkshow kesehatan yang di sponsorin oleh Bio Oil ini bertemakan “Healthy Habits for Breastfeeding Mom”. Sebagai penyelenggara nya C Channel adalah sebuah media platform yang berasal dari negara Jepang di mana media ini berisikan konten-konten menarik berupa video lifestyle seputar parenting, beauty, fashion, kuliner dan travel yang berdurasi 1 menit pada setiap unggahan nya.

Acara di buka dengan pemberian sertifikat penghargaan oleh Yamato Sasagawa – CEO C Channel kepada Ibu Ida Ayu Suksmadwanti – CEO PT radiant Sentral Nutrindo (selaku distributor resmi Bio Oil dan yang aku tahu ini juga distributo resmi suplemen anakku yang ber merk Nature Plus).

Selain itu, sertifikat penghargaan juga di berikan kepada dr. Dimple Nagrani, SpA sebagai narasumber utama hari ini dan Mom Putricaya Windiarti (@punchhh) selaku Mom Influencer yang akan sharing mengenai tips nya dalam memebrikan ASI dan merawat kesehatan kulit nya.

SHARING SESSION DR. DIMPLE NAGRANI, SpA

Talkshow pun dimulai dengan penjelasan dr. Dimple mengenai manfaat ASI Exclusive untuk bayi dan untuk Ibu nya.

ASI eksklusif merupakan makanan terbaik untuk bayi. Selain itu, tidak ada lagi asupan yang lebih baik dari ASI. ASI eksklusif diproduksi secara alami oleh tubuh sang ibu yang memiliki kandungan nutrisi seperti, lemak, protein, vitamin yang bemanfaat untuk tumbuh kembang bayi. Manfaat ASI eksklusif sungguh luar biasa besar untuk bayi dan ibu.

Manfaat Asi Eksklusif Untuk Bayi

  1. Jika bayi mendapatkan ASI langsung dari ibunya, maka sistem kekebalan tubuhnya akan menjadi kuat. ASI atau air susu ibu memiliki kandungan zat antibodi, yang mana zat ini bermanfaat dan mampu membantu melawan segala macam virus dan bakteri. Kemungkinan bayi menderita penyakit seperti infeksi telinga, diare, infeksi saluran pernapasan, konstipasi, meningitis atau diabetes tipe 2 akan berkurang dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif. Tidak hanya itu, antibodi alami dari ibu juga mampu melindungi bayi dari serangan eksim, alergi dan asma.
  2. Berat badan ideal akan di dapatkan oleh bayi kita bila menyusu dengan ASI eksklusif. Jika buah hati kita diberi ASI eksklusif maka berat badannya akan ideal dan normal. Para ahli mengemukakan insulin air susu ibu lebih sedikit dibandingkan dengan susu formula. Yang mana insulin dapat memicu terjadinya pembentukan lemak. Air susu ibu atau ASI tidak akan memicu terjadinya pembentukan lemak pada bayi. Dengan diberikannya ASI eksklusif, maka bayi akan memiliki hormon yang berperan penting dalam mengatur nafsu makan dan metabolisme lemak lebih banyak.
  3. ASI eksklusif akan menjadikan bayi kita cerdas. Asam lemak yang terdapat pada ASI ibu berperan penting dalam kecerdasan otak bayi.
  4. Sindrom kematian mendadak pada bayi sering terjadi. Namun, dengan pemberian ASI maka resiko bayi mengalami sindrom kematian mendadak ini akan berkurang.
  5. Bayi akan mendapatkan limpahan kolesterol dari ASI. Kolesterol pada orang dewasa merupakan asupan yang tidak baik. Namun, berbeda dengan bayi, yang mana kolesterol pada bayi sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang bayi.

Manfaat Memberikan ASI Ekslusif Untuk Ibu

Selain bayi yang mendapatkan manfaatnya, Kita sebagai Ibu menyusui juga akan mendapatkan manfaat seperti berikut.

  1. Manfaat pertama yang akan anda dapatkan apabila memberikan ASI kepada bayi kita yaitu akan membuat tubuh cepat langsing. Ketika menyusui maka kalori dalam tubuh akan terbakar. Kalori yang terpakai ketika anda menyusui bisa mencapai 500 kalori dalam setiap harinya.
  2. Cara menyusui yang benar akan membantu kita dalam menghilangkan stres. Produksi hormon oksitoksin akan terangsang saat menyusui, sehingga kita akan merasa lebih rileks dan nyaman.
  3. Menyusui bisa dijadikan sebagai KB alami. Pasalnya, dengan menyusui maka ovulasi akan menjadi terhambat.
  4. Dengan menyusui maka resiko terkena kanker payudara dan ovarium menjadi rendah. Berdasarkan penelitian jika ibu menyusui semakin lama menyusui bayinya maka ia akan semakin terlindung dari penyakit ganas tersebut. Ini dikarenakan menyusui mampu menekan produksi hormon estrogen.
  5. Selama Kita memberikan ASI eksklusif untuk bayi anda, maka anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli susu formula. Ini penting di ketahui oleh ara Ayah, hehehe
  6. Menyusui dapat mengurangi terjadinya perdarahan. Saat menyusui hormon oksitoksin akan keluar dan dapat membantu rahim berkontraksi. Keadaan ini mungkin saja mampu mengurangi perdarahan rahim setelah melahirkan dan mampu mengembalikan bentuk rahim ke bentuk semula sebelum hamil dan melahirkan.
  7. Menyusui akan membuat hubungan kita dan bayi lebih kuat. Ketika menyusui kita secara langsung akan bersentuhan dengan kulit si kecil serta saling menatap satu sama lain. Sehingga keadaan ini akan semakin memperkuat hubungan anda dengan si kecil.

Selanjutnya sharing session diberikan oleh Ibu Sinthya Dewi perwakilan brand expert dari Bio Oil Indonesia

PERMASALAH KULIT PASCA MELAHIRKAN

Setelah melahirkan, rahim kita masih tetap bulat dan mengeras. Setelah 6 minggu rahim akan mulai menyusut dan tidak akan terasa sakit lagi. Garis berwarna coklat di tengah perut akan berangsur-angsur hilang dengan sendirinya. Namun bekas perut yang mengembang tidak akan hilang dengan mudah. Nah, biasa nya momok berupa strechmark, scar, kulit kering dan garis-garis putih di sekitar perut maupun paha jadi PR banget nih buat mengembalikan kemulusan kulit kita.

Untuk mencegah agar perubahan warna kulit ini tidak terlalu parah atau bisa di atasi dengan maksimal memang tips nya kita harus rajin dari awal kehamilan untuk menggunakan beberapa minyak yang mampu tetap menjaga elasitas kulit sekitar perut dan paha.

Di sesi kali ini Ibu Sinthya Dewi menjelaskan beberapa tips jitu untuk mencegah dan mengatasi problem kulit pasca melahirkan ini, beberapa di anatara nya adalah :

  1. Kenali dulu jenis kulit kita, apakah termasuk jenis kulit lembab, kering atau sensitif.
  2. Rajin membersihkan kulit secara rutin, terutama setelah seharian beraktifitas di luar
  3. Sinar UV di jam-jam tertentu sangat jahat terhadapap kulit kita so hindari terpapar sinar matahari langsung. Gunakan sun protective atau sun block
  4. Perhatikan asupan Nutrisi terutama Buah dan Sayur
  5. Gunakan skin care atau produk yang memang di khusukan untuk perawatan kulit yang telah teruji secara klinis

MARI MENGENAL BIO OIL

Siapa di sini yang sudah tahu tentang Bio Oil? Pasti sudah sering yah lihat timeline para influencer wara wiri bahas tentang Bio Oil apalagi sekarang aku perhatikan ada iklan TV nya juga loh. Yuppp, Bio Oil sebenar nya memeang belum lama masuk ke Indonesia namun produk yang berasal dari afrika Selatan ini justru sudah mendunia lama loh. Aku kenal Bio Oil mungkin 10 tahun YL saat maish bekerja di sebuah perusahaan farmasi dan sering banget traveling overseas ke negara dingin. Kolega ku di sana pernah merekomendasikan Bio Oil untuk mengatasi kekeringan kulit ku akibat perubahan cuaca.

Ibu Shyntia Dewi menyampaikan bahwa Bio Oil menduduki peringkat pertama di 24 negara sebagai produk spesialis khusus untuk perwatan scar dan strech mark. Komposisi utama produk ini adalah :

Calendula

Lavender

Rosemary

Chamomile

Vitamin A

Vitamin E

Purcellin Oil

Khusus purcellin oil, ini adalah formula khsuus yang membuat BioOil masuk dalam kategori dry oil sehingga penggunaan nya tidak menimbulkan lengket pada kulit.

UJI KLINIS BIO OIL

Berbeda dengan oil or cream anti strechmark lain nya, Bio Oil ini terlah teruji selama puluhan tahun dalam hal penggunaan nya dan terbukti di beebrapa penelitian klinis nya mampu memnunjukan tingkat perbaikan signifikan pada tampilan kulit yang menderita scars, strechmarks, kulit kering, penuaan kulit atau perubahan tones kulit.

CARA PENGGUNAAN BIO OIL

Tuangkan Bio Oil ke lokasi kulit yang bermasalah secukup nya, lalu pijat dengan menggunakan ujung jari telunjuk dan tengah, lakukan gerakan memutar searah jarum jam dengan perlahan dan lembut. Rasakan oil nya sampai terserap masuk ke dalam kulit kita.

Gunakan Bio Oil ini secara rutin dan teratur minimal selama 3 bulan yah Moms agar perubahan yang di inginkan signifikan terjadi.

Selain itu, Bio Oil juga bisa di gunakan untuk kulit wajah Moms. Aku sudah sering aplikasikan ke area kulit wajahku yang kering.

Ibu Shyntia Dewi menutup presentasi nya dengan menyampaikan kegunaan Bio Oil lain nya bisa sebagai tamabahn oil untuk membuat masker rambut sendiri, masker wajah dan rendaman tangan serta kaki. Seruuu yah ilmu nya.

PIJAT OXYTOSIN

Atau yang sring di sebut sebagai pijat payudara ini kembali di bawakan oleh dr Dimple Nagrani SpA sebagai bekal untuk para breastfeeding Moms agar lebih maksmimal dalam memproduksi ASI.

Dr Dimple menyampaikan bahwa pijat payudara ini hendak nya di lakukan sebelum dan saat kita memompa ASI agar hormon oxytosin kita meningkat sehingga bisa lebih menghasilkan ASI yang berkualitas.

Beberapa manfaat lain dari pijat payudara, yaitu :

  • Pijat payudara akan membantu membersihkan saluran susu di payudara sehingga susu akan mengalir lebih lancar dan mengosongkan payudara dengan cepat. Hal ini pada akhirnya akan memacu produksi ASI lebih berlimpah lagi.
  • Pijat payudara dapat memperlancar sirkulasi pembuluh getah bening dan pembuluh darah di sekitar payudara.
  • Pijat payudara dapat mencegah penyumbatan saluran susu di payudara

Umum nya yang di beri pelatihan pijat payudara ini adalah suami kita karena support terbesar dari pasangan sangat penting untuk kesuksesan kita dalam meng ASI hi. Dr Dimple mempraktekan langsung pijat oksitosin ini pada patung peraga dan peserta yang mau menjadi model volunter nya.

Tahapan gerakan-gerakan nya ada di bawah ini (source pic google.com):

SHARING SESSION MOM INFLUENCER

Acara di tutup dengan sharing session dari Mom Influencer Putricaya (@puchh) yang sudah memiliki 2 anak. Puchh menceritakan bahwa sebagai new mom pda anak pertama dulu, cukup drama bagi nya dalam memberikan ASI. Banyak kendala yang Puchh alami mulai dari baby blues, sampai stress menghadapi omongan kiri kanan yang se akan-akan mengatur bagaimana cara memberikan ASI yang benar.

Untuk itu, pada saat kehamilan kedua Puchh sudah memiliki cukup bekal dan strategi sendiri dalam mempersiapkan pemberian ASI. Puchh banyak berkosnultasi dengan dokter laktasi di RS tempat nya melahirkan dan mecari tahu bagaimana mengatasi stress menyusui dengan benar.

Satu take home message yang aku ambil dari sharing ini adalah jangan terlalu mendengarkan apa kata netizen terkait dengan cara kita meng ASI hi agar tidak kepikiran yang nanti nya akan menimbulkan stress sendiri.

Mmhh, cocok banget acara ini dengan kebutuhan ku yang emang sedang hamil anak kedua ini. Mulai dari refreshment pengetahuan terkait manfaat ASI, Menjaga kesehatan kulit selama hamil dan melahirkan nanti, workshop pijat payudara sampai sharing session dengan Mom influencer.

Thank youu for having me yah!

Semoga semua Ibu di dunia ini sehat selalu dan mampu meng ASI baby nya sampai usia 2 tahun, yeaayyyy semangat meng ASI hi.

Xoxo,

@vibrievb

5 Comments Add yours

  1. Sefa says:

    Wuaah thankyou mom dr kmrn penasaran nih sm product biooil nih

  2. Leila says:

    Ingat zaman hamil dulu beli Bio Oil masih harus nitip teman yang saudaranya pramugari… Enak ya sekarang sudah gampanh diperoleh hehehe. Suka wanginya.

  3. Bio oil ini enak banget, dulu kulit aku kering banget, akhirnya pakai bio oil setiap habis mandi, dalam 4 bulan udah kinclong lagi. Hihii..

  4. Jade ayu says:

    aku pun msh ttp pny bio oil yg kcil nih. enak memang ya si bio oil ini

  5. Tian says:

    Aku juga pake ini nih buat ngehilangin strechmark. Trus kadang dicampurin juga sama foundie jadi lebih nampol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *