Puasa Lancar Tanpa Gangguan BAB dengan DULCOLAX

Marhaban Ya Ramadhan!

Senang nya kita bisa berjumpa kembali dengan bulan suci penuh rahmat ini. Puasa tahun ini terbilang istimewa karena aku baru saja melahirkan 2 bulan yang lalu sehingga terasa lengkap sudah keluarga kecilku, lengkap sudah ada anak cowok dan cewek 😍

Nah, cerita tentang menyambut Ramadhan ini sebenar nya bikin aku jadi mau curhat duluan, hehehe. Di balik senang bisa merasakan berpuasa kembali sebenar nya ada rasa was-was yang menghantui ku terkait dengan masalah pencernaanku. Baru kemarin terasa lega sudah melahirkan sehingga akhir nya bisa terlepas dari permasalahan sembelit (konstipasi / susah buang air besar) tapi momok susah buang air besar seakan kembali menghantui ku karena biasanya kalau berpuasa aku pasti akan mengalami sembelit lagi πŸ˜‘

Penyakit langgananku itu hanya 2 yaitu kalau tidak sinusistis yah ini, sembelit a.k.a konstipasi. 2 kali hamil 2 kali pula aku mengalami sembelit kronis, sampai harus pakai pencahar berpipa yang di masukan lewat anus. Gak nyaman banget 😐 Apalagi kalau sudah mulai masuk bulan puasa gini, duhh bayangan bakal susah BAB itu bikin aku stress mikirin nya tapi seperti gayung bersambut, seakan Dulcolax tahu permasalahan yang sering menyerang wanita di saat bulan puasa seperti aku ini, Dulcolax mengundang aku untuk menghadiri Blogger Gathering bertema kan β€œPuasa Lancar, Perut Nyaman”.πŸƒ

Acara berlangsung pada tanggal 3 Mei 2019 bertempat di restaurant kekinian di bilangan Jakarta Selatan yaitu di Eighty Nine Eatery.

Puasa Lancar, Perut Nyaman
Judul nya saja seperti sudah memberikan solusi yah Moms, hehehe. Acara yang juga di selenggarakan berkat kerja sama Dulcolax dan Fimelahood ini menampilkan 3 pembicara ahli yaitu :

Ibu Debi Widianti selaku Senior Brand Manager Dulcolax
Dr. Riana Nirmala Wijaya selaku Medical Expert dari PT Sanofi Indonesia
Mama Dul (baca Mama Dulcolax) Nycta Gina sebagai Mom Influencer yang akan sharing pengalaman nya terkait dengan penggunaan Dulcolax untuk mengatasi susah buang air besar.

Dr Riana Nirmala membuka talkshow dengan meng refresh kita semua apa yang di sebut dengan sembelit atau konstipasi. Jelas di katakan bahwa Sembelit adalah kondisi di mana kita KURANG dari 3 kali dalam seminggu BAB. Ideal nya BAB di lakukan setiap pagi, 1 kali dalam sehari.

Beberapa gejala dan tanda sembelit selain di atas adalah :
– Sulit buang air besar
– Feses kering atau keras
– Perut terasa penuh
– Sakit perut
– BAB berdarah atau keluar nya darah setelah BAB
– Merasa tidak puasa setelah BAB atau merasa ada yang tersumbat

Penyebab sembelit sendiri sebenar nya banyak, dan mungkin Moms sebagian besar juga sudah tahu seperti misal nya kurang nya asupan serat, kurang minum / cairan, kurang aktivitas atau lama duduk, kondisi hamil (ini yang baru aku alami), atau mengkonsumsi jenis obat-obatan jenis tertentu yang efek samping nya sembelit. Namun, yang mau aku highlight dari penjelasan Dr Riana adalah bahwa faktor stress dan hormonal juga berpengaruh loh pada tingkat kejadian sembelit. Wanita itu ternyata resiko mengalami sembelit lebih tinggi daripada pria.

Faktor Stress pada Sembelit
Stress bisa menjadi penyebab sembelit bila kita sudah menjaga pola makan dan cukup istirahat namun masih saja mengalami sembelit. Secara ilmiah di jelaskan bahwa saat kita merasa tertekan (mengalami stress), otak akan secara otomatis memberikan sinyal-sinyal tertentu yang bisa menyebabkan tubuh kita merasa tertekan, efek nya bis amenjalar smapai ke system pencernaan kita. Mulai dari sakit perut sampai sembelit. Stress dan cemas berlebihan akan merangsang produksi hormon serotonin dalam tubuh. Hormon ini bila di produksi oleh tubuh secara berlebihan akan menyebabkan kejang perut. Bila kejang perut ini terjadi pada salah bagian usus besar, proses pencernaan akan berhenti dan bisa memicu sembelit.

Selain itu pernah donk Moms, kalau lagi stress kita pelampiasan nya ke makanan kan? Jadi kalap makan-makanan yang bisa meningkatkan mood seperti ice cream, cokelat, makanan yang pedas-pedas atau malah junk food. Nah, makanan jenis ini justru bisa memperparah gejala sembelit yang sudah kita miliki.

Di kesempatan ini pula, Mama Dul Nycta Gina menceritakan pengalaman nya mengalami sembelit akibat pola makan yang salah terutama saat berpuasa. Mama Dul bilang bahwa saat berpuasa biasa nya menjadi momen di mana sembelit selalu datang menghampiri. Penyebab nya yah karena pola makan yang tidak terkontrol ini. Sering makan makanan cepat saji mau nya saat berbuka lebih banyak makan goring-gorengan dan manis. Hal ini membuat tubuh Mama Dul menjadi mudah rentan dan metabolisme tubuh menjadi kacau. Makanan yang kurang serat saat sahur dan berbuka, lalu tubuh yang kurang asupan cairan sepanjang siang membuat saluran pencernaan terganggu dan menyebabkan sembelit.

Atasi Sembelit dengan DULCOLAX
Familiar donk Moms dengan Dulcolax? Iyaaa kan?! Ini brand lintas generasi, kenapa aku bilang seperti itu? Karena Dulcolax sudah berusia 60 tahun! WOW … pakai O, benar-benar produk terpercaya yah mulai dari generasi nenek kita dulu 😍

Ibu Debi Widianti selaku Senior Brand Manager Dulcolax menyampaikan hal ini. 60 tahun arti nya sangat luaaas, ini berarti Dulcolax sudah sangat ahli dalam mengatasi gangguan sembelit keluarga Indonesia, sudah terpercaya dan terbukti.

Memang benar sih, aku saja tahu Dulcolax karena informasi dari Mama ku. Kita selalu nyetok Dulcolax syrup di kotak P3K rumah.Dulcolax sendiri ternyata cukup lengkap varian nya, tidak hanya yang sirup saja tetapi juga ada yang dalam bentuk tablet dan Supposutoria. Apa itu bentuk Supposutoria? Aku bakal highlight menjelaskan yang ini yah Moms karena bentuk tablet atau syrup pasti familiar donk cara penggunaan nya.

Namun sebelum bahas supositoria ini, aku mau informasikan mengapa secara ilmiah Dulcolax efektif mengatasi sembelit. Ibu Debi menyampaikan bahwa kalau bicara Dulcolax maka kita akan bicara tentang produk yang telah melalui serangkaian uji klinis dan memiliki banyak sertifikasi pengakuan, seperti sertifikasi dari BPOM RI.

Ini sekaligus menjadi tips untuk mencari obat sembelit yang tepat. Pastikan obat sudah tersertifikasi BPOM RI dan memiliki data uji klinis yang banyak.

60 tahun Dulcolax telah berhasil memiliki data klinis yang mumpuni, yang mampu meng klaim bahwa Dulcolax efektif secara ilmiah mengatasi masalah sembelit. Kandungan utama Dulcolax adalah Bisacodyl. Ini adalah senyawa organik yang ampuh mengatasi sembelit dengan aman. Cara kerja nya adalah dengan merangsang saraf pada sistem pencernaan untuk melakukan kontraksi di usus besar atau kolon sehingga mendorong gerak peristaltik usus mengeluarkan kotoran. Dulcolax masuk dalam kategori Laxative (pencahar).

Ada 3 Varian Dulcolax yang mengandung Bisacodyl dengan intesitas prosentase yang berbeda, tergantung peruntukan nya.

Dulcolax Tablet mengandung Bisacodyl 5mg
Cara pakai nya di minum dengan air putih. Peruntukan nya untuk dewasa dan anak di atas usia 12 tahun : 1 – 3 tablet untuk satu kali dalam satu hari.

Dulcolax Syrup mengandung Bisacodyl 5 mg
Cara pakai nya di minum. Peruntukan nya lebih ke arah untuk anak-anak atau mereka yang tidak bisa menelan tablet atau para manula.

Dulcolax Supositoria mengandung Bisacodyl 5mg
Ini yang menarik! Ini adalah varian Dulcolax yang cara pakai nya bukan di minum melainkan di masukan lewat anus. Bentuk nya oval dengan bagian ujung satu nya agak runcing. Masukan ujung yang agak runcing ini terlebih dahulu ke anus lalu tahan posisi sekitar 15 menit sebelum beraktivitas kembali. Varian ini cocok sekali untuk Ibu hamil yang tidak boleh mengejan kencang, anak-anak atau pasien yang sakit keras dan tidak boleh mengejan.

Aku termasuk yang mengalami sembelit kronis karena ini aku alami lebih dari 3 bulan. Setelah melahirkan 2 bulan yang lalu aku masih saja susah buang air besar, hampir semua gejala yang di sampaikan oleh dr Riana di atas aku mengalami nya, huhuhu.

Dr Riana menyarankankan aku agar mencoba Dulcolax Supositoria dan mulai benar-benar mengubah pola makan. Banyak minum air putih dan serat serta rajin bergerak atau ber olah raga. Hindari juga stress berkepanjangan karena tanpa di sadari ini justru bisa menjadi pemicu utama.

Selesai event ini aku langsung mampir ke Apotek langganan dekat rumah dan membeli Dulcolax Supositoria buat aku coba pakai dan juga stok di kotak P3K rumah.

Seminggu telah berlalu saat aku menghadiri event Blogger Gathering Dulcolax, aku pun sudah mulai berpuasa dan sudah mencoba menggunakan Dulcolax Supositoria. Hasil nya?? I am happy dan puas! Sembelitku mulai berkurang, aku sudah lancer BAB beberapa hari ini. Dan dr Riana bilang kalau sudah mulai bisa teratasi, next nya bisa menggunakan yang syrup atau tablet.

Cara minum nya saat berpuasa adalah di saat berbuka puasa setelah makan. Ikuti dosis nya sesuai peruntukan umur yang tertera di setiap kemasan.

Nahhh buat kamu Moms yang punya masalah serupa cuss ayoooo coba atasi sembelitmu dengan Dulcolax. Kalau mau langsung ber efek dan masalah mu sudah cukup berat pakai yag Supositoria, bener-bener deh 15 menit langsung bisa BAB. Kalau begini puasa jadi lancar yah, gak usah pusing mikirin takut tidak bisa BAB karena sudah ada Dulcolax ^^

Jangan lupa juga untuk follow IG @fimeladotcom dan kepoin hashtag #KLYxDulcolax #JanganBiarinNumpuk untuk melihat keseruan lengkap event Blogger Gathering Dulcolax kemarinπŸ’š

πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

Happy sharing!
Xoxo,
@vibrievb

12 Comments Add yours

  1. anggi says:

    wah paling mempan aku pake ini pasca SC

  2. Gezka says:

    Aq juga suka bermasalah bih perut..Boleh nih dicoba ntar.

  3. Tanti Amelia says:

    Jadi untuk meningkatkan kerja lambung juga ya dulcolax ini. Kayaknya sih aku butuh yang suppositiria deh

  4. Marga Apsari says:

    Aku pernah sembelit. Ya Allah nggak enak bener dan mood juga jadi jelek. Emang kudu siapin kayak Dulcolax gini ya buat jaga-jaga.

  5. Setiap puasa ataupun hamil, obat ini menjadi obat dewa yang perlu di sediakan dirumah…
    Membantu banget dulcolax ini

  6. Dulcolax andalan ku juga neh mom, ketika aku sembelit , ngebantu sekali

  7. jade ayu says:

    sembelit mmg bikin galau yaaa. mau ngapa2in jd susyeeee

  8. Shady Jasmin says:

    Bermanfaat bgt. Aku lagi hamil dan lagi kurang lancar bab nya. Makasi ya infonya mom

  9. Aq nih sering banget sembelit. Kayaknya karena kebanyakan duduk.

  10. Bundajaka says:

    Aku juga cocoknya pake dulcolax kalo sembelit

  11. Tian says:

    Sembelit itu memang mengganggu banget yah mom. Menghambat aktivitas juga jadi serba ga nyaman jadinya, untung ada Dulcolax ☺

  12. Rossi Septiana says:

    Sembelit memang mengganggu banget, apalagi klo sering bgt duduk pas kerja. Thanks sharingnya Mom Vibrie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *