Ketika Sentuhan Cinta Johnson’s Berbicara

Selamat Pagi Mama semua,

Apa kabar weekend nya? Semoga semakin ke sini kehidupan kita jauh lebih baik dan bahagia 🙂 Iya, tetiba aku punya mood yang agak-agak gimana gitu saat memulai menulis tentang pengalaman ku menghadiri event terbaru nya Johnson and Johnson’s (selanjutnya aku singkat JnJ) kemarin. Title nya saja di atas sudah sesuatu sekali yah, Ketika Sentuhan Cinta Berbicara …

Event perdana ajak baby ivy nih & topik nya sesuai dengan kebutuhan

Semenjak memiliki anak kedua dan anak tersebut berjenis kelamin Perempuan, aku mengalami perubahan yang cukup signifikan. Jiwa keibuan ku itu semakin keluar dan aku semakin merasa sebagai wanita banget, mungkin pengaruh hormon wanita yang lagi banjir yah di aku, hehehe. Yang pasti aku tuh mudah terenyuh sekali kalau lihat hal-hal terkait dengan anak-anak. Perasaan ini dasyat menyerangku saat aku menghadiri undangan Exclusive Blogger Gathering bersama JnJ dan Komunitas Blogger The Urban Mama (TUM) yang berlokasi di Hotel Gran Mahakam Jakarta Selatan, 26 Juni 2019 kemarin.

Memasuki foyer di meja registrasi, aku di minta mengisi post it kecil untuk memberikan pendapatku terkait dengan gerakan Kampanye Sentuhan Cinta JnJ yaitu membangun posyandu di kota-kota kecil Indonesia. Dan yang terbaru mereka bangun adalah di Gresik Jawa Timur. Membaca komentar teman-teman blogger di kertas yang tertempel di dinding membuat aku sangat tersentuh. Menurutku ini merupakan suatu langkah nyata dan berarti untuk mendukung pemerataan kesehatan Ibu dan Anak Indonesia. PR kesehatan memang bukan hanya milik Pemerintah saja tetapi juga bagian dari tanggung jawab kita semua, juga para pelaku bisnis yang bergerak di bidang ini. Sebagai Apoteker, apa yang telah di kerjakan oleh Tim JnJ dalam kampanye Sentuhan Cinta ini luar biasa, karena aku cukup tahu bahwa di pelosok-pelosok sana bantuan kesehatan sangatlah di perlukan.

What a good move JnJ!💙

Memasuki ruangan acara sambil mendorong stroller baby Ivy (Riverain Avana Yuss Hutabarat, 3 bulan) aku melihat booth display produk-produk JnJ sebelum akhir nya menitipkan stroller ke petugas jaga dan memilih tempat yang nyaman untuk kami berdua mengikuti acara. Acara nya terletak di dalam ballroom hotel Gran Mahakam yang sangat nyaman. Di setting loose tanpa bangku, langsung di lantai berkarpet tebal dengan semua piranti pijat bayi yang lengkap.

Display produk JnJ berjejer rapi di booth display acara

Ada matras cukup empuk buat kita meletakan baby, dan ada boneka juga buat mereka yang datang tidak membawa baby. Selain itu juga diberikan 1 buah Johnson’s Baby Lotion 50ml untuk nanti kita gunakan saat praktek memijat bayi.

Setiap peserta mendapatkan Johnson’s Baby Lotion 50ml

Acara di mulai tepat setelah kami di beri waktu 1 jam terlebih dahulu menikmati makan siang yang super mewah. Narasumber acara ini ada 3 yaitu :

  1. Ibu Devy Andrie Yheanne (C&PA Leader Johnson & Jonson Indonesia)
  2. dr. Bernie Endyarni Medise SpA(K),MPH
  3. Ibu Wynne Lukman (Brand Manager Johnson & Johnson Indonesia)

Dan ada workshop memijat bayi yang di pandu oleh therapist ahli Ibu Emillya Eventha.

Mengenal Kampanye Johnson’s (R) Sentuhan Cinta

Tujuan kampanye ini di sampaikan oleh Ibu Devy Andrie Yheanne selaku C&PA Leader Johnson & Johnson Indonesia yaitu untuk memperkenalkan JOHNSON’S (R) Sentuhan Cinta kepada masyarakat luas, terutama para Ibu di Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran mengenai penting nya sentuhan cinta Ibu melalui ritual pijat dan mandi bagi kesehatan dan perkembangan bayi. Khusus nya dalam periode Emas (1000 hari pertama kehidupan)

 Ibu Devy Andrie Yheanne selaku C&PA Leader Johnson & Johnson Indonesia menyampaikan tujuan kampanye Johnson’s (R) Sentuhan Cinta

Di sampaikan juga bahwa berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), angka kematian bayi di Indonesia menurun dari 32 per 1000 kelahiran hidup (3,2%) pada 2012 menjadi 15 per 1000 kelahiran hidup (1,5%) pada 2017. Namun meskipun demikian, untuk mencapai Suistanable Development Goals (SDGs), pemerintah menargetkan angka kematian bayi di Indonesia turun menjadi 12 per 1000 (1,2%) dari kelahiran hidup. Berangkat dari sinilah JnJ mempunyai program JOHNSON’S (R) Sentuhan Cinta untuk mendukung usaha pemerintah mencapai penurunan angka kematian bayi saat di lahirkan. Dalam menjalankan kampanye ini JOHNSON’S (R) bekerja sama dengan habitat for Humanity, Alfamart dan Shopee.

1000 Hari Pertama Kehidupan oleh dr. Bernie Endyarni Medise SpA(K), MPH

dr. Bernie adalah tenaga ahli medis yang di dampuk oleh JnJ untuk memberikan pencerahan kepada kami semua, para Mama Blogger, untuk lebih mengetahui secara detail mengenai apa saja yang harus kita ketahui dan lakukan di Periode Emas 1000 hari kehidupan Pertama Bayi kita.

dr. Bernie Endyarni Medise SpA(K),MPH

Presentasi di mulai dengan pertanyaan, berapakah berat badan normal pada saat bayi di lahirkan? Berat badan lahir dikatakan normal bila berada di kisaran 2500–4000 gram, pada bayi yang lahir cukup umur (usia kehamilan 37-40 minggu). Berbeda dengan bayi prematur, di mana bayi lahir pada usia kehamilan kurang dari 37 minggu, yang biasanya memiliki berat lahir kurang dari 2500 gram. Penting sekali bagi bayi untuk memiliki berat badan normal saat di lahirkan karena banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa bayi baru lahir dengan berat badan rendah berisiko mengalami berbagai penyakit di kemudian hari. Bahkan, berat badan rendah menjadi penyebab kematian bayi baru lahir sebesar 60-80% di dunia, berdasarkan data WHO. Alhamdulillah walaupun kmrn Ivy lahir tidak tepat bulan (35week) tapi BB Ivy masuk di range normal yaitu 2,600 gr dan saat ini di usia 3 bln nya sudah mencapai berat 6kg. Alhamdulillah.

slide mengenai Golden Periode yang di sampaikan oleh dr Bernie

Sentuhan Cinta sebagai Cara Menstimulasi Perkembangan Bayi

Sentuhan orang tua merupakan salah satu hal yang harus dilakukan ketika kita memiliki bayi sebab sentuhan orang tua merupakan salah satu cara bayi dalam belajar berkomunikasi. Sentuhan orang tua inilah di sebut sebagai sentuhan cinta oleh dr Bernie. 

Slide kedua dr Bernie yang menyampaikan penting nya Stimulasi fisik seperti pijat bayi untuk perkembangan panca indera dan meningkatkan bonding

Ada banyak manfaat pijat bayi (selanjutnya saya akan sebut Sentuhan Cinta) yang di sampaikan oeh dr Bernie, ada sekitar 12 yang saya rangkum dari penjelasan beliau yaitu :

  1. Membuat bayi menjadi lebih rileks 
  2. Membuat bayi tidur lebih pulas 
  3. Meningkatkan ikatan batin antara orang tua dengan bayi 
  4. Meningkatkan kepercayaan diri orang tua
  5. Mendukung pertumbuhan otak bayi
  6. Melatih kepekaan saraf bayi
  7. Melatih kepekaan Indra peraba bayi
  8. Mengurangi frekuensi menangis pada bayi 
  9. Memperlancar pencernaan bayi
  10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi
  11. Meredakan sesak nafas saat tumbuh gigi
  12. Menjadikan tekstur kulit bayi lebih baik

Take Home Massage yang aku dapat dari penjelasan dr Bernie adalah bahwa begitu lahir bayi belajar lingkungan sekitar nya melalui indera sensori nya sehingga stimulasi indera sensori ini penting di lakukan secara tepat, melalui multisensory stimulation, merangsang sedini mungkin guna mendaptkan karakter bayi yang ceria, sehat, cerdas dan aktif. Dengan ada nya Pijat Bayi atau Skin To Skin Contact dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak agar sesuai dengan tahapan perkembangan nya. Well noted Dok. Saya akan rutin nih pijat my baby ivy yang saat ini memang akan memasuki usia 4 bulan.

Saking nyaman nya 2 baby ini ketiduran saat mama-mama nya belajar 🙂

Workshop Memijat Bayi

Sentuhan yang dilakukan melalui ritual bayi akan membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat diserap dengan baik. selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas bayi dan juga kepadatan mineral tulang. Hal ini kembali di tegaskan oleh Ibu Wynne Lukman selaku Brand Manager Johnson & Johnson Indonesia. Sebagai salah satu perusahan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmen nya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta. Untuk itu di Blogger Gathering kali ini JnJ mengundang kami para Mama yang baru saja melahirkan untuk lebih mengetahui teknik memijat bayi yang benar di pandu oleh therapist ahli Ibu Emillya Eventha. Tidak itu saja, untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perawatan terbaik, edukasi pelatihan pijat bayi ini akan berlangsung secara stimultan ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari JOHNSON’S (R) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

Ibu Wynne Lukman selaku Brand Manager Johnson & Johnson Indonesia menyampaikan mengenai misi dan visi program Johnson’s Sentuhan cinta
therapist ahli Ibu Emillya Eventha memandu kami mempelajari tehnik memijat bayi yang tepat

Ibu Emillya Eventha menyampaikan bahwa kata yang tepat sebenar nya bukan memijat tetapi mengusap karena memang tidak di perlukan tekanan yang keras dalam melakukan pijat bayi. Memijat bayi harus dilakukan dengan penuh kelembutan. Selagi memijat, Kita dapat mengajak si Kecil berbicara atau bernyanyi agar dia lebih menikmati masa-masa berdua bersama kita sehingga meningkatkan bonding antara Ibu dan Anak.

Persiapan Sebelum Memijat Bayi

Pastikan ruangan bersuhu hangat (sekitar 24 derajat Celcius), dengan suasana tenang dan nyaman. Lalu siapkan segala perangkat yang  kita butuhkan saat memijat bayi, seperti handuk atau alas bayi (kain bedong atau perlak), baby oil atau body lotion untuk memijat, pakaian bersih, dan popok. Cuci tangan sebelum melakukan pijat bayi. Ada tips nih Mam, kalau memijat nya sebelum mandi maka gunakan Johnson’s Baby Oil agar kulit lebih lembab sehingga saat mandi tidak perlu meneteskan baby oil lagi ke air mandi nya, mencegah kulit baby kering seusai mandi. Sedangkan bila memijat nya setelah bayi mandi maka gunakan Johnson’s Baby Lotion supaya setelah selesai memijat kulit bayi terasa lebih halus dan lembut. Tips ini beneran aku baru tahu loh saat ikut workshop ini. Benar juga yah jadi sebenar nya sambil apply body lotion itu bisa sekalian pijat-pijat.

Tuang secukup nya Johnson’s Baby Lotion ke telapak tangan yang bersih
langsung nih aku praktekin ke baby Ivy “)

Teknik Memijat Wajah Bayi

  • Tekankan jemari di mulai dari tengah kening bayi mengarah ke pelipis dan pipi.
  • Pijat daerah bagian atas alis dengan kedua Ibu jari
  • Berikan tekanan lembut dengan menggunakan ibu jari, tariklah garis dari arah hidung bayi ke arah pipi.
  • Pijat sekitar area mulut bayi dengan kedua ibu jari. Buatlah gerakan menarik bibirnya sehingga membentuk senyuman.
  • Berikan pijatan lembut di sekitar rahang bawah bayi, mengarah dari tengah ke samping untuk membuat bibir bayi membentuk senyuman

Memijat Dada Bayi

  • Letakkan kedua tangan di atas dada bayi, Lakukan gerakan mengarah ke atas lalu ke samping dan kembali ke tengah dengan gerakan membentuk simbol hati.
  • Dari tengah dada bayi, buat arah silang dengan telapak tangan kita menuju ke arah bahu

Memijat Perut Bayi (Ingat, jangan melakukan pemijatan di atas tulang rusuk atau ulu hati )

  • Lakukan gerakan mengeruk di atas perut bayi dengan gerakan tangan kita mengarah dari atas ke bawah perut
  • Angkat kedua kaki bayi, tekan kedua lututnya secara perlahan ke arah perut. Buat gerakan melingkar secara bergantian di atas perut mengarah searah jarum jam
  • Rasakan gelembung angin di dalam perut bayi, dorong dengan jari-jari kita searah dengan arah jarum jam

Memijat Perut Bayi Dengan Gerakan “I Love You” Pemijatan I love You terdiri dari 3 gerakan :

  • “I” Gunakan tangan kanan kita di sebelah kiri perut bayi untuk memijat ke arah bawah lurus seperti huruf ‘I’
  • .“Love” memberikan pijatan membentuk huruf “L” terbalik. lakukan pemijatan dari arah kanan ke kiri di bagian perut atas lanjutkan ke arah bawah perut.
  • .“You” Gerakan memijat dengan bentuk hurf “U” terbalik. Gerakan ini memutar setengah lingkaran membentuk huruf U dari perut bawah kanan naik ke perut atas berbelok ke kiri dan dilanjutkan ke arah bawah kiri bagian perut.

Memijat Tangan Bayi

  • Lakukan gerakan seperti memilin untuk memijat tangan bayi mulai dari bahu hingga ke arah pergelangan tangannya.
  • Lakukan gerakan sebaliknya, dari arah pergelangan menuju bahu
  • Tarik jari-jari bayi dengan lembut menggunakan gerakan memilin
  • Lakukan pemijatan dengan menekankan ibu jari di telapak tangan dan punggung tangan secara bergantian
  • Lakukan gerakan seperti menggulung di tangan sampai ke arah bahu

Memijat Kaki Bayi

Ini aku praktekan ke my toddler, Raindra Alexander usia 3 tahun
  • Peganglah kaki bayi dengan kedua telapak tangan. Dengan gerakan memilin, pijat kaki bayi dari arah paha menuju ke pergelangan
  • Lakukan gerakan sebaliknya, memilin kaki dari arah pergelangan ke arah pangkal paha bayi kakinya
  • Tarik jari-jari bayi dengan lembut menggunakan gerakan memilin
  • Lakukan pemijatan dengan menekankan ibu jari di telapak kaki dan punggung kaki secara bergantian
  • Lakukan gerakan seperti menggulung di tangan sampai ke arah paha
Rain paling suka kalau telapak kaki nya di pijat juga

Memijat Punggung Bayi

  • Letakkan bayi dalam posisi tengkurap dengan bantalan lembut
  • Lakukan gerakan maju mundur dengan kedua tangan di punggungnya
  • Letakkan bayi dalam posisi tengkurap dengan bantalan lembut, lakukan gerakan meluncur dimulai dari bawah leher bayi ke arah pantat
  • Buat gerakan melingkar dengan jari Anda pada otot disamping tulang punggung.
  • Usapkan telapak tangan Anda dari bawah leher sampai ke bawah untuk mengakhiri pijatan

Workshop nya benar-benar lengkap deh, berguna sekali untuk yang miliki newborn & toddler seperti aku ini. Buat Mama yang ingin mengetahui lebih detail tentang tehnik memijat bayi silahkan klik link ini https://www.johnsonsbaby.co.id/pijat-bayi-untuk-tumbuh-kembang-bayi-optimal#K9E020kfGlpp7Ip2.97dan detail mengenai kampanye JOHNSON’S (R) Sentuhan Cinta ada di link ini https://www.johnsonsbaby.co.id/sentuhancinta#gKsfFG3zvOK6lG22.97 

Yukk, Bantu JOHNSON’S (R) memperluas informasi terkait Program Sentuhan Cinta ini agar banyak Mama-mama yang teredukasi mengenai penting nya Pijat Bayi untuk mendukung tumbuh kembang optimal bayi kita. Jangan lupa yah follow account sosial media JnJ untuk mendapatkan informasi ter up to date mengenai kampaye ini di Instagram @JohnsonsBaby_id (https://www.instagram.com/JohnsonsBaby_id) atau di Facebook @JohnsonsBabyIndonesia (https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia).

Duo produk JnJ yg paling aku suka
We are TUM’s Squad
We are Mama Bloggers yg senang menimba ilmu parenting

Salam, @vibrievb https://www.instagram.com/vibrevb

#SentuhanCinta #JohnsonbabyID #PijatBayi #TUMMeetUpBloggers

3 Comments Add yours

  1. Sentuhan kasih ini sangat bermanfaat banget ya bagi ibu dan anak…setiap ibu wajib bisa mijat deh 😊

  2. Tanti Amelia says:

    Ternyata memijat bayi ini penting ya , karena bayi belajar lingkungan sekitar nya melalui indera sensori nya sehingga stimulasi indera sensori ini penting di lakukan secara tepat, melalui multisensory stimulation

    Dulu aku juga belajar dari bidan yabg menangani kelahiran anak pertama, bagaimana merangsang sedini mungkin guna mendaptkan karakter bayi yang ceria, sehat, cerdas dan aktif.

    Skin To Skin Contact juga dapat dilakukan orang tua guna mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan menangani saat bayi rewel atau demam. Alhamdulillah ya bisa kenal sedini mungkin, Vibrie

  3. Thanks for sharing, sukses terus..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *