ATASI KERONTOKAN PASCA MELAHIRKAN DENGAN RANGKAIAN ERHAIR HAIR GROWTH SERIES

Seperti nya problem rambut rontok itu umum yah di alami oleh para wanita, mulai dari yang rontok nya hanya beberapa helai sampai yang ratusan setiap hari nya. Problem rambut rontok ini aku alami juga jauh hari sebelum aku memiliki anak. Dari usia remaja rambutku cukup banyak helai rontok nya karena memang tergolong jenis rambut yang kulit kepala nya berminyak tetapi helai rambut nya kering dan halus tipis. Banyak ragam perawatan rambut aku gunakan sampai aku bosan sendiri, hehehe

Namun ketika hamil kemarin dan kebetulan aku hamil anak perempuan, perbedaan nyata aku alami loh Moms. Rambut ku tidak rontok sama sekali bahkan 1 – 2 helai pun kadang tidak ada. Rambut juga terlihat lebih bercahaya dan tebal. Lantai rumah tidak penuh lagi sama serakan rambut di mana-mana atau bahkan yang paling aku sebel itu adalah rontokan rambut di Kamar Mandi. Buang nya itu kadang agak jijik melihat nya 

 my current situation 🙁 setiap habis mandi pasti rontok segini banyak.. bisa 50 – 70 helai kalau di kali 2 kali mandi sehari bisa over 100 helai per hari, huhuhu

Sekarang aku baru saja masuk usia 4 bulan pasca melahirkan, masa-masa ke emasan ku memiliki rambut lebat tanpa rontok mulai sirna karena seiring dengan mulai kembali nya keseimbagan kadar hormon kewanitaan ku seperti awal sebelum melahirkan. Rambut mulai rontok di mana-mana, bahkan aku hitung sudah lewat 100 helai sekarang setiap hari nya! Aku langsung panik dan tidak mau ini berlangsung semakin parah. Kali ini aku akan melakukan perawatan rambut langsung ke ahli nya, tidak mau pakai produk yang umum di pasaran.. aku mau konsultasi dulu biar tepat dan cepat cara penanganan nya.

Salah satu cabang Erha Apothecary yang super nyaman di salah satu mall terkemuka Jakarta
Ini salah satu gerai Erha Clinic di daerah Kemang

Pernah dengar Erha Clinic? Atau yang sering ada di dalam mall-mall besar itu Mom yang terpampang mewah dengan nama Erha Apothecary? Yuppp, Erha selain memiliki layanan perawatan wajah ternyata juga punya pelayanan rambut nya (hair treatment). Konsultasi dengan dokter cantik di sana, kulit kepala ku di diagnosa dengan alat-alat canggih nya dan di putuskan untuk sementara aku menjalani 7 days hair treatment dengan menggunakan rangkaian ERHAIR HAIR SHAMPOO dan SERUM nya terlebih dahulu. Sebelum masuk ke pembahasan detail pengalaman aku menggunakan 2 produk ERHAIR ini, aku mau refreshing dulu pengetahuan kita semua terkait penyebab rambut rontok dan sedikit mengenal susunan folikel rambut yah Moms.

Apa sih yang di sebut rambut rontok? Rambut rontok adalah lepasnya rambut secara berlebihan. Kondisi ini dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan, baik sementara atau permanen. Rambut rontok berlebihan (lebih dari 100 helai per hari) secara medis disebut sebagai telogen effluvium. Kerontokan ini terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala sehingga tidak menyebabkan kebotakan pada satu area saja (pitak). Akibatnya, rambut tampak tipis secara keseluruhan (source : Alodoc).

Penyebab Rambut Rontok

Banyak faktor yang dapat menyebabkan siklus pertumbuhan rambut terganggu, hingga berakibat pada rambut rontok. Rambut rontok yang terjadi secara tiba-tiba dapat terjadi akibat penyakit atau obat tertentu, pola makan yang tidak sehat, dan setelah melahirkan. Sedangkan rambut rontok yang terjadi secara bertahap paling sering disebabkan oleh keturunan. Dalam case ku, adalah perubahan drastis hormon esterogen ku pasca melahirkan. Sebenar nya ini normal tapi belajar dari pengalaman anak pertama keadaan ini jangan di biarkan, justru harus di rawat agar tidak berlangsung lama atau kerontokan tidak menyebabkan penipisan rambut yang signifikan. Gejala Rambut Rontok Rambut rontok diawali dengan gejala penipisan rambut. Penipisan ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau bertahap. Kerontokan rambut dapat terjadi hanya pada kulit kepala atau seluruh tubuh. Gejala ini bisa berlangsung sementara atau permanen. Menurut data pelanggan ERHA CLINIC, kasus kerontokan rambut pada pria dan wanita, terutama pria umumnya disebabkan oleh Alopecia Androgenic, sebuah kondisi hormon yang memicu kerontokan dan kebotakan.

Mengenal Folikel Rambut

Kalau bicara rambut rontok dan bagaimana nanti mengatasi nya, kita harus mengenal dulu si FOLIKEL RAMBUT ini. Folikel rambut adalah struktur kulit sebagai tempat tumbuhnya rambut. Folikel rambut menyediakan sebum yang ada di kelenjar sebasea. Sebum adalah zat minyak sebagai pelumas kulit dan rambut Pertumbuhan folikel rambut bisa dibedakan menjadi fase fase.

Fase pertumbuhan folikel rambut diantaranya :

  1. Fase anagen Anagen adalah masa aktif pertumbuhan terhadap folikel rambut. Selama masa ini maka akar rambut secara cepat akan berpisah. Didalam fase ini rambut nanti tumbuh sepanjang 1 cm pada setiap 28 hari. Kulit kepala nanti tetap aktif tumbuh dalam 2-7 tahun.
  2. Fase katagen Fase katagen adalah masa transisi pendek sebagai akhir dari masa anagen. Masa tersebut berlangsung kurang lebih 2-3 minggu ketika rambut berubah jadi club hair. Club hair membentuk selama fase katagen ketika bagian folikel rambut menyentuh dengan bagian terbawah rambut.
  3. Fase telogen Fase telogen adalah fase istirahat folikel rambut. Ketika tubuh mengalami stress hebat masa dengan sebanyak 70% dari rambut berarti akan mengalami masa peristirahatan. Rambut akan terjadi rontok dan kondisi ini bernama telogen effluvium. Club hair adalah hasil akhir terhadap folikel rambut di fase telogen, mati, dan penuh rambut keratin. 

Nah kenapa pada Ibu Hamil rambut tidak rontok dan terlihat tebal? Karena banjir nya hormon esterogen pada saat hamil itu mampu memperpanjang fase hidup rambut di FASE KETAGEN.

Pencegahan Rambut Rontok

Kerontokan rambut dapat dicegah agar tidak terjadi penipisan rambut atau kebotakan. Caranya antara lain dengan memilih produk perawatan rambut yang aman serta melindungi rambut dari paparan sinar matahari secara langsung. Nah, sekarang aku mau detail cerita pengalaman aku selama 7 hari berturut-turut ini menggunakan ERHAIR HAIR SERIES serta melakukan perawatan HAIR GROW ACTIVATION THERAPY di Erha Clinic.

HAIR GROW ACTIVATION THERAPY

Hair Folicle Activation, merupakan salah satu fasilitas teknologi terdepan yang tersedia di ERHA CLINIC sebagai fasilitas yang inovatif, aman dan efektif dalam mengatasi permasalahan rambut dan kulit kepala. Hair Folicle Activation merupakan suatu tindakan yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut khususnya pada pasien AGA (androgenetic alopecia), yaitu kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal. Tindakan ini merupakan kombinasi Electroporation Needle System (yang menggunakan Auto Microneedle dan electroporation) dan Red Light Therapy. Tindakan ini secara efektif dapat meningkatkan penetrasi obat atau serum sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Teknologi Hair Grow Activation, merupakan solusi bagi pelanggan yang memiliki permasalahan rambut dan kulit kepala, yang tidak bisa diatasi menggunakan produk OTC (over the counter). TERUJI SECARA KLINIS memberikan perbaikan sejak minggu ke-4. Jadi Moms, kalau kamu memiliki masalah rambut rontok parah dan tidak bisa di atasi dengan produk-produk umum di luar sana, cobain deh therapy ini. Treatment dilakukan 2 minggu sekali di klinik sampai mendapatkan hasil yang kita inginkan.

ERHAIR HAIRGROW SHAMPOO

Diformulasikan secara khusus untuk tahap pemeliharaan mengurangi kerontokan rambut. Diperkaya bahan alami ekstrak Cucurbita Pepo Seed, yang dapat menghambat pembentukan DHT (Dihidrotestosteron, yang menyebabkan kerontokan rambut). Kandungan almond extract, zinc gluconate & copper gluconate menutrisi kulit kepala yang mendukung pertumbuhan rambut. Dilengkapi dengan Panax ginseng extract yang meningkatkan mikrosirkulasi yang membawa nutrisi pada kulit kepala. Seluruh kandungannya bekerja sinergis sehingga efektif merangsang pertumbuhan rambut baru sekaligus menghambat hormon penyebab kerontokan.

Cara Pemakaian

  • Basahi rambut dan kulit kepala.
  • Busakan ERHAIR HAIRGROW SHAMPOO.
  • Diamkan selama 1 menit.
  • Bilas busa hingga bersih.
Wangi Shampoo nya lembut dan busa nya juga cukup banyak

Kemarin kebetulan jadwal travelingku agak padat, after ke surabaya jeda beberapa hari aku langsung ke Bali. Tahu sendiri yah kedua kota ini kan panas nya menyengat, nah panas matahari berlebihan ini bisa membuat rambut semakin rontok. Untung saja aku bawa ERHAIR HAIRGROW SHAMPOO, jadi setiap habis keluar terpapar matahari aku langsung rileksasikan rambut ku dengan Erhair Shampoo.

ERHAIR HAIRGROW SERUM

Selanjut nya setiap habis pakai Shampoo nya, aku menggunakan ERHAIR HAIRGROW SERUM dengan kandungan Kopexil dan ekstrak Panax Ginseng bermanfaat untuk mengurangi rambut rontok dan regenerasi rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan menutrisi rambut. TERUJI SECARA KLINIS adalah klaim paling powerfull buat aku. Pokok nya kalau suatu produk sudah berani klaim memiliki uji klinis arti nya produk ini memang efektif bisa mengatasi permasalahan kita.

Serumnya bekerja sinergis dengan Erhair HairGrow Shampoo :

  1. Efektif membantu mengurangi kerontokan rambut dalam 3 minggu*
  2. Efektif membantu meningkatkan pertumbuhan (densitas) rambut dalam 4 minggu*

*pengujian terhadap pasien AGA (Androgenetic Alopecia) dalam perbandingan dengan placebo dan produk pembanding.

Kandungan utama nya yaitu :

  • Kopexil yang berfungsi untuk mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru.
  • Copper Gluconate, Biotin, Arginine berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala
  • Panax Ginseng Root Extract berfungsi untuk menguatkan rambut dari akarnya. Berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala  Cara Pemakaian nya mudah, yaitu : Aplikasikan 1 dosis (1 botol serum) ERHAIR HAIRGROW SERUM sekali sehari pada kulit kepala yang sudah dibersihkan, dalam keadaan kering atau setengah basah. Pijat lembut kulit kepala dengan ujung jari tangan dengan gerakan melingkar untuk membantu penyerapan. Tidak perlu dibilas. Nanti ada aplikator nya sehingga lebih mudah dalam

Cara Pemakaian nya mudah, yaitu :

Aplikasikan 1 dosis (1 botol serum) ERHAIR HAIRGROW SERUM sekali sehari pada kulit kepala yang sudah dibersihkan, dalam keadaan kering atau setengah basah. Pijat lembut kulit kepala dengan ujung jari tangan dengan gerakan melingkar untuk membantu penyerapan. Tidak perlu dibilas. Nanti ada aplikator nya sehingga lebih mudah dalam penggunaan dan tepat mengenai kulit kepala kita.

RESULT

Setelah 7 hari penggunaan, to be honest aku merasa jumlah rambut rontok ku jauh berkurang. Tadi nya kalau habis keramas aku tidak berani sisiran karena takut memperparah rontok nya tetapi sekarang aku tes saat menyisir rambut basah jauh lebih berkurang helai rontok nya. Hanya sekitar 10 helai, padahal sebelum menggunakan Erhair Series bisa 70 – 80 helai loh rontok nya.

Kalau kalian tertarik ingin mencoba rangkaian ERHAIR Series ini silahkan untuk mampir ke Erha Apothecary (produk Erhair Hair Grow Series ini bisa dibeli bebas tanpa resep dokter di Erha Apothecary dan seluruh cabang ERHA) yang banyak tersebar di Mall-mall kece Jakarta atau sekitar nya. Langganan aku sih di Erha Apothecary Lippo Mall Puri dan jangan lupa konsultasikan juga yah dengan dokter di sana supaya kamu mendapatkan diagnosa detail mengenai permasalahan rambut mu.

Untuk harga treatment & produk nya sendiri aku share yah biar ada bayangan 

  • HAIR GROW ACTIVATION THERAPY Single : Rp 1.300.000 & Paket 4x : Rp 4.680.000,
  • ERHAIR HAIRGROW SHAMPOO 100 ml : Rp 61.500 &  250 ml : Rp 135.500,-
  • ERHAIR HAIRGROW SERUM 7 x 8 ml : Rp 173.000 & 28 x 8 ml : Rp 622.500,-
  • VALUE PACK ERHAIR HAIRGROW SHAMPOO 250 ml & SERUM : Rp 277.000,-
Display lengkap ERHAIR Series di salah satu Erha Apothecary yang aku kunjungi
Size ini pas banget nemenin aku traveling ke Nusa Penida Bali kemarin

Untuk lebih detail nya kamu bisa juga loh follow akun resmi Instagram Erha Skin, Hair & Laser Expert di https://www.instagram.com/erha.dermatology atau ke website nya di https://www.erha.co.id/  karena di sana informasi terkait layanan dan produk Erha Clinic up tode banget.

Thank you yah for stop by dan jangan lupaaaa kalau kamu berhasil mengatasi rambut rontok mu share-share juga dan tagging aku biar kita saling meng inspirasi  #sharingsicaring

Me and my new healthy hair 🙂

Xoxo, @vibrievb #pejuangrambutrontok

#PerfectHairBecomeReal #ErhairHairGrowthSeries #HairGrowActivationTherapy #Erha #Erhair #Erhadermatology #kulitkepalasehat #rambutindah #rambutrontok

2 Comments Add yours

  1. Agatha Revindra Widori says:

    Aku juga nih makin kacau rontoknya saat menyusui.. jadi pengen nyoba juga, makasi sharingnya Mom Vibri..

    1. VibrieVB says:

      my pleasure mom agathaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *