LIQUID POWDER YANG AMAN UNTUK NEWBORN #HappyTanpaHachi

Sudah lama sebenar nya aku ingin me review liquid powder, dari zaman Rain (anak pertamaku) newborn dulu sampai sekarang lahiran anak kedua aku merasa bahwa liquid powder adalah salah satu must item yang harus ada di perlengkapan toiletries baby ku. 

Kenapa? Karena sudah menjadi kebiasaan turun temurun yah kalau baby itu habis mandi pasti di pakaikan bedak tabur biar kulit nya harum dan lembut, bahkan ada beberapa bedak yang bisa berfungsi juga menjaga kesehatan kulit bayi kita. Namun seperti yang kita ketahui bahwa pemakaian bedak tabur secara rutin ke bayi sangat beresiko terhadap kesehatan saluran pernafasan nya. Partikel-partikel halus dari bubuk bedak tabur tersebut bisa sangat mudah terhirup dan terakumulasi di saluran pernafsan bayi sehingga bisa mengakibatkan gangguan saluran pernafasan atas seperti sesak nafas dan batuk kronis.

Aku coba googling ke beberapa situs kesehatan terpercaya siperti di situs American Association of Pediatrics (AAP) yang merilis hasil penelitian mereka di tahun 2017 bahwa mereka tidak merekomendasikan penggunaan bedak tabur pada bayi karena dapat membahayakan sistem pernafasan atas terutama karena ada nya kandungan talc atau kandungan mineral alami yang ada di dalam bedak tabur.

https://www.legalreader.com/american-pediatric-association-recommends-against-using-baby-powder/  

Berangkat dari pengetahuan ini aku sudah mulai beralih dari penggunaan bedak tabur ke bedak cair atau yang lebih di sebut sebagai Liquid Powder.

Ada banyak liquid powder yang beredar di luar terutama merk import namun untuk produk lokal sendiri bisa di hitung dengan jari.  MITU Baby Liquid Powder adalah salah satu produk lokal yang kualitas nya tinggi menurut aku. Ketika mengetahui MITU baby launch liquid powder nya, aku langsung beli di ecommerce favorite ku untuk mencoba wangi dan bentuk liquid nya.

Manfaat Bedak untuk Bayi

Sebelum masuk ke pembahasan tentang bedak cair, aku mau me refresh dulu nih Moms mengenai manfaat penggunaan bedak untuk bayi. Apakah manfaat nya hanya seputar estetika saja? Hanya untuk membuat bayi lebih wangi sajakah?

Ternyata manfaat penggunaan bedak pada bayi bukan sekedar membuat bayi wangi saja, melainkan bedak juga mampu menjaga kelembaban kulit bayi agar tetap dalam kadar pH yang normal dan berfungsi menyerap keringat. Selain itu, kandungan di dalam bedak juga ternyata mampu membuat kulit bayi kita terasa sejuk dan segar. Bahkan bedak bisa berfungsi sebagai pelindung kulit bayi yang sedang aktif bergerak sehingga tidak mudah teriritasi akibat gesekan. Umum nya kalau lihat Ibu kita dulu biasa nya habis memandikan bayi bedak selain di taburkan ke wajah juga di berikan ke lipatan-lipatan ketiak dan paha bayi untuk mencegah iritasi akibat gesekan tetapi memang dilema nya hal ini bisa berbahaya, bahkan partikel halus nya bisa masuk ke genital bayi kita. Itulah mengapa penting sekali mengganti sediaan bedak tabur ini ke bedak cair agar lebih aman dalam penggunaan nya.

MITU Baby Liquid Powder

Ini adalah bedak cair dengan tekstur LOTION sehingga mudah rata saat kita oleskan ke kulit wajah atau kulit bayi lain nya. Aku salah satu Mommy yang tidak suka loh lihat muka bayi cemong-cemong kena bedak, kesan nya bagaimana gitu 😀 Padahal dulu aku waktu masih kecil pasti muka nya setiap habis mandi pasti cemong di kasih bedak oleh Ibu ku, hehehe

Ada 1 brand liquid talc import yang sangat terkenal di pasaran dan aku juga pernah mencoba menggunakan nya, terus terang aku tidak suka karena bedak cair ini masih agak kental dan susah di ratakan ke kulit bayi. Dan menyebalkan nya setelah kering bedak tersebut malah membuat cemong ke kulit anak kita, jadi seperti kering berwarna putih (seperti kerak). Berbeda dengan MITU baby Liquid Powder, saat aku coba kan ternyata tekstur bedak ini tidak kental, tentur nya adalah LOTION sehingga mudah sekali aku aplikasikan ke kulit dan gampang rata. Setelah kering pun tidak menimbulkan sisa kerak yang bisa bikin cemong. Aku lihat lebih menyerap ke dalam kulit dan membuat kulit baby terasa lebih kering namun tetap moist. Jadi bukan seperti pakai body lotion gitu yah Moms, ini tetap di permukaan kulit nya kering tapi terasa lembut tapi TIDAK LENGKET.

Wangi nya juga lembut dan khas bayi sekali. Bikin aku mau cium-cium bayi ku terus setiap habis aku pakaikan MITU Baby Liquid Powder ini. Lembut dan menenangkan banget wangi nya.

Kandungan Utama MITU Baby Liquid Powder Di kemasan nya jelas tertera ACTI NATURA, penasaran juga apa yah arti nya ini.

  • Acti Natura ternyata adalah gabungan dari komposisi aktif nya yaitu Vitamin B5, Chamomile, Zinc dan Talc, manfaat nya adalah untuk menjaga kulit bayi tetap kering dan halus serta melindungi dari iritasi kulit.
  • Terbukti Hypoallergenic tested yang arti nya produk ini aman untuk kulit bayi yang sensitif sekalipun

Ini ada beberapa tips dari aku bagaimana meng aplikasikan MITU Baby Liquid Powder ini dengan benar dan baik :

  1. Tuangkan bedak cair ke telapak tangan kita lalu rata kan dulu di tangan kita baru aplikasikan ke kulit bayi. Bisa ke wajah, punggung atau area perut. Kalau mau di lipatan tangan boleh tetapi tidak di sarankan di lipatan yang dekat dengan genital bayi.
  2. Pastikan kulit bayi sudah kering saat kita mau oleskan bedak cair ini, jangan berkeringat karena bedak yang tercampur dengan keringat bisa menjadi media pertumbuhan bakteri
  3. Oleskan tipis-tipis saja yah moms, jangan berlebihan dan selalu bersihkan sisa bedak bila mengganti popok bayi atau pakaian nya
  4. Gunakan MITU baby Liquid Powder ini sesaat setelah bayi kita selesai mandi, maksimal 3 menit setelah mandi agar kulit bayi pori-pori nya masih terbuka dan lembab sehingga bisa menerima manfaat bedak cair secara maksimal

Well, demikian yah sharing pengalaman ku menggunakan MITU Baby Liquid Powder ini dan kalau di tanya apakah aku merekomendasikan penggunaan produk ini? Tentu saja aku sangat merekomendasikan nya, bahkan di awal aku sudah bilang bahwa ini menjadi must item yang harus di miliki kalau kamu punya newborn baby. Detail mengenai produk ini bisa kamu dapatkan di www.mitubabycare.com atau bisa juga langsung follow sosial media mereka di Facebook MITU BABY atau di Instagram @mitubabyid . Senang nya bisa berbagi :* #sharingiscaring

Salam, Vibrie @vibrievb – Mommy dari bayi usia 4 bulan #MituBabyLiquidPowder #HappyTanpaHachi  

12 Comments Add yours

  1. Belgie says:

    Wah sekarang ada produk baru dari Mitu ya? Bedak tapi cairan, aman nih buat anak jadinya, mau coba jg ah

    1. VibrieVB says:

      iyaa cobain Mom, wangi nya juga lembut bangett

  2. Masyaalloh, informatif sekali mbaak 😍

    Kalo saya belum punya baby lagi, cumaa nih, anak gadis 5tahunku lagi doyan ngeliatin aku dandan. Jadilah dia minta dibeliin buat wajah, minyak wangi, dan pewarna kuku *duuh 😄

    Bedak buat wajah aku beliin yang impor yang aku tau baru dia brand yang ngeluarin liquid talk. Tapi anakku protes, karena hasilnya ga rata 😂 karena teksturnya kental jadi agak susah diratain, dan hasil setelah kering, cemong 😁

    Nah, aku baru tau dari sini nih, kalo Mitu punya produk liquid talk. Soon mau cobain jugaa, semoga sesuai dg keinginan gadis kecilku 😁

    Thank you informasi nyaa mbaak. kiss kiss My favorit, Ivy 😘😘😘

    1. VibrieVB says:

      Terima kasih Mom Rinaaaaa… ah kamu mah selalu bikin saya tambah semangat nulis, hehehe

      Iya bener yg import itu tekstur nya kentel banget yah jd susah rata kalo di pakaikan

  3. Julia says:

    Iya lho ternyata serbuk bedak itu membahayakan kesehatan Anak ya. Kei Dr dulu Gak pernah pakai bedak tabur. Sekarang Ada mitu liquid powder jadi Aman deh.

    1. VibrieVB says:

      bener, soale partikel halus dari bedak tabur itu gampang banget yah terhirup…

  4. Neny says:

    Setuju banget mom, aku pribadi kapok sama bedak tabur. Sebenernya aku juga gak pakai bedak tabur ke bayiku dulu tapi krn aku kerja dan dititipin sama oma nya, mungkin omanya gak puas kalau polosan gt dan dipakailah itu bedak tabur yang dibeli oma sendiri. Dan anakku umur 3 bulan mengalami gangguan pernapasan dan kata dokter kemungkinan terbesar karena penggunaan bedak tabur. Sejak saat itu bener2 stop penggunaan bedak tabur. Liquid powder ini bisa jd alternatif ya mom sbg pengganti bedak tabur, jauh lebih aman pastinya. Aku jd penasaran nih, apalagi gak bikin cemong. Gak lucu banget anakku cowok trs cemongan kan hihi Thanks mom nice infonya 😍😍

    1. VibrieVB says:

      wah jadi edukasi nya harus ke para nenek atau mereka yang kita titipin baby yah Mom biar tidak kejadian seperti ini 🙂

  5. Christina says:

    Wah boljug nih…liquid powdernya

    1. VibrieVB says:

      cobain makk liquid powder nya

  6. Nyaman dipakai, yaaa… Senang ada liquid powder yang gampang didapatkan di toko terdekat begini, lagi enggak punya baby pun bisa buat isi hampers kado ya sekalian mengenalkan alternatif dari bedak tabur yang lebih sehat (mengingat duluuu lahiran dapat banyak kado bedak tabur yang enggak terpakai).

  7. Agatha Revindra Widori says:

    Aku, anak2, suami hingga Mama mertua ku memang pengguna bedak tabur hingga sekarang Mom. Makasi sharingnya mom iVy, aku mau coba info ke Mama mertua utk beralih ke liquid powder Mitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *