ORYZA GRACE RICE BRAN OIL : MINYAK GORENG SEHAT UNTUK KELUARGA MILLENIAL

Ciri Khas keluarga millenial itu dari salah satu talkshow yang pernah saya ikuti adalah DEMANDING alias super penuntut akan hal apapun. Contoh kecil nya : Dalam memilih bahan makanan bukan sekedar cita rasa saja yang di utamakan tetapi juga dari sisi bahan pembuat, profile keamanan nya, harga nya bahkan sampai kepada kemasan nya. Super kritis karena keluarga milenial ini selalu compare atau membandingkan brand A ke Brand B melalui review pengalaman dari Mama lain.

Nahh, aku ini salah satu Mama dari keluarga millenial yang tidak mau di sebut Demanding melainkan kristis, hehehe. Iyaaa donk soal nya kan hari gini di mana informasi bisa dengan mudah kita dapatkan melalui gadget yang tidak pernah lepas dari tangan kita so haus di manfaatkan secara maksimal dan positive.

Sebagai Mama yang super sibuk karena sedang punya baby ke dua dan saat ini sudah berusia MPASI (usia makan) serta sambil menjalani bisnis sampingan juga, aku itu tetap menyempatkan diri untuuk memasak buat keluarga. Walaupun menu yang aku masak rata-rata simple dan kadang memang tidak bisa di hindari selalu di goreng membuat aku super kritis dalam memilih jenis minyak goreng.

Pemilihan aku akan minyak goreng cukup selektif dan tidak mau sembarangan karena aku cukup terpapar akan bahaya minyak jenuh yang atau lemak yang terkandung di dalam nya. Tulisan Aku selanjut nya adalah aku mau sharing mengenai tips memilih minyak goreng ala keluarga millealku juga tentang minyak goreng tu sendiri karena ternyata da banyak jenis nya loh.

MARI MENGENAL  MINYAK GORENG (MINYAK MASAKAN)

Menurut Wikipedia, Minyak masakan adalah minyak atau lemak yang berasal dari pemurnian bagian tumbuhan, hewan, atau dibuat secara sintetik yang dimurnikan dan biasanya digunakan untuk menggoreng makanan. Minyak masakan umumnya berbentuk cair dalam suhu kamar. Minyak masakan kebanyakan diperoleh dari tumbuhan, seperti kelapa, serealia, kacang-kacangan, jagung, kedelai, dan kanola.

Image from http://dieteatingfood.net/cooking-with-oils/

Umumnya minyak goreng yang di gunakan adalah minyak dari kelapa sawit karena memang sumber yang satu ini tergolong paling murah. Minyak goreng biasanya bisa digunakan hingga 3 – 4 kali penggorengan. Jika digunakan berulang kali, minyak akan berubah warna.

Saat penggorengan dilakukan, ikatan rangkap yang terdapat pada asam lemak tak jenuh akan putus membentuk asam lemak jenuh. Minyak yang baik adalah minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh yang lebih banyak dibandingkan dengan kandungan asam lemak jenuhnya.

Setelah penggorengan berkali-kali, asam lemak yang terkandung dalam minyak akan semakin jenuh. Dengan demikian minyak tersebut dapat dikatakan telah rusak atau dapat disebut minyak jelantah. Minyak nabati dengan kadar asam lemak jenuh yang tinggi akan mengakibatkan makanan yang digoreng menjadi berbahaya bagi kesehatan.

Selain karena penggorengan berkali-kali, minyak dapat menjadi rusak karena penyimpanan yang salah dalam jangka waktu tertentu sehingga ikatan trigliserida pecah menjadi gliserol dan asam lemak bebas (sumber Wikipedia)

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi kerusakan minyak adalah:

  • Oksigen dan ikatan rangkap : Semakin banyak ikatan rangkap dan oksigen yang terkandung maka minyak akan semakin cepat teroksidasi.
  • S  : Suhu yang semakin tinggi juga akan mempercepat proses oksidasi.
  • Cahaya dan ion logam : berperan sebagai katalis yang mempercepat proses oksidasi.
  • A :  membuat minyak lebih tahan terhadap oksidasi.

Saat ini makin banyak jenis minyak goreng di pasaran. Meski sama-sama dari bahan nabati tetapi tak semua minyak goreng menyehatkan loh terutama untuk kesehatan jantung atau anak-anak. Untuk itu, Kita harus mengetahui kandungan lemak jenuh dan tak jenuh dari minyak goreng yang biasa kita pakai dan perlu mengetahui juga penggunaan dari minyak goreng yang tepat itu bagaimana.

Aku mau mengenalkan satu minyak nabati yang baru-baru ini aku coba dan pelajari kandungan lemak jenuh nya. Ini hasil risetku beberapa waktu dengan berkunjung ke supermarket terkemuka. Jadi kemarin itu aku khusus datang ke beberapa supermarket yang aku tahu punya koleksi minyak goreng bervariasi dan menemukan nya di Hero Supermarket yang ternyata punya koleksi lengkap varian minyak goreng premium.

ORYZA GRACE RICE BRAN OIL : Manfaat dan Keunggulan nya

Pilihan ku jatuh pada satu minyak nabati yang bahan baku nya berasal dari kulit ari atau serbuk halus yang melapisi bulir beras dalam biji padi (umum nya di sebut bekatul padi), bernama ORYZA GRACE RICE BRAN OIL , MInyak Sehat yang di murnikan melalui penyaringan dengan menggunakan teknologi “extra cold” sehingga mampu menghasilkan asam lemak tidak jenuh yaitu Gamma Oryzanol dan Kaya akan Vitamin E yang merupakan vitamin anti oksidan kuat.

Keunggulan Oriza Grace Rice Bran Oil di bandingkan dengan minyak nabati lain nya

  • Sumber nya dari bahan baku makanan masyarakat Indonesia sehingga profile keamana nya tinggi dan tingkat penerimaan ke tubuh kita akan lebih baik
  • Kaya akan nutrisi sehat karena mengandung Asam Lemak TIDAK Jenuh yaitu Gamma Oryzanol yang bermanfaat baik untuk organ jantung manusia
  • Mengandung vitamin anti oksidan alamai yaitu Vitamin E yang selain baik untuk menjaga tubuh dari radikal bebas juga untuk menjaga kestabilan Bran Oil dalam penyimpanan nya
  • Memiliki fakta nutrisi per 100ml bisa menghasilkan 802 energy per kcal, 90mg total lemak, 229mg Gamma Oryzanol dan 7mg Vitamin E
  • Tahan panas tinggi (lemak baik tidak mudah rusak menjadi lemak jahat saat penggorengan berlangsung)
  • -Tidak menyebabkan batuk (tidak terbentuk zat akrolein yang menyebabkan batuk)
  • Ekonomis dan stabil karena tidak mudah mengalami perubahan warna yang dratis walaupun dipakai 3 kali menggoreng
  • Mampu membuat makanan semakin lezat dan ber aroma
  • Mudah di dapat, teruma di seluruh jaringan HERO Supermarket
Informasi Nilai Gizi yang tertera jelas di label etikat Oryza Grace Rice Bran Oil

So, aku very recommended nih Moms buat kamu yang punya anak kecil atau orang tua untuk beralih menggunakan minyak goreng Oryza Grace Rice Bran Oil ini agar bisa lebih sehat lagi dalam menyediakan makanan di rumah. Apalgi anak-anak kan emmang sedikit0sedikit minta makanan yang di goreng untuk meningkatkan nafsu makan nya dan orang tua juga perlu di jaga kadar kolesterol nya dari paparan makanan yang di goreng. Kalau sudha menggunakan minyak goreng yang kaya akan nutrisi akan membuat kita lebih tenang juga kan dalam mengkonsumsi gorengan setiap hari nya 🙂

Hasil masakan ku menggunakan Oryza Grace untuk membuat singkong kacang chrispy buat taburan makanan panas, hasil nya kering sempurna dan tidak greesy

Kalau kamu ingin tahu detail mengenai Oryza Grace Rice Bran Oil bisa juga mencari informasi nya di www.oryzagrace.com atau bisa follow sosial media nya di facebook dan instagram untuk melihat update menu-menu masakan menggunakan Oryza Bran Oil, bisa jadi insppirasi memasak keluarga.

Xoxo @vibrievb – pencinta gorengan sejati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *