Memperingati Hari Hewan Dunia bersama Future Park dan Komunitas IOP

Hi Moms,

Kamu tahu gak kalau setiap tanggal 4 Oktober seluruh dunia ternyata memperingati  nya sebagai Hari Hewan Dunia loh. Tujuan dari diadakannya Hari Binatang (Hewan) Sedunia adalah untuk menghargai segala jenis binatang yang ada di dunia. Banyak kegiatan yang di lakukan dalam rangka peringatan ini dan memang biasa nya di ambil sebagai momen untuk kembali mengingat kan orang banyak mengenai kelestarian hewan terutama spesiaes-spesias yang sudah mulai langka. Khusus di Hari Hewan Dunia tahun ini aku akan meng informasikan terkait dengan flora dan fauna kekayaan lautan Indonesa.

Negara kita sebagai negara Maritim dengan 70% luas kawasan nya berupa lautan tentu saja memiliki fauna dan flora laun yang sangat beragam dan bahkan terlengkap di Dunia. Di juluki sebagai Marine Mega – Biodiversity terbesar di Dunia, Laut Indonesia menjadi rumah bagi 8,500 spesies ikan, 555 spesies Rumput Laut dan 950 spesies Biota Terumbu Karang.

Nah, dengan ke kaya an ini jadi dua sisi mata uang menurut aku yaitu di satu sisi mampu memberikan manfaat positif untuk sumber daya alam untuk keberlangsungan ekosistem kita namun di sisi lain nya bila tidak di jaga akan menjadi penyebab ketidak seimbangan ekosistem akibat explorasi berlebihan.

Foto ini sempat viral di sosmed saat seorang fotografer asal California, Amerika Serikat, Justin Hofman meng unggah nya ke Instagram di mana foto ini di ambil di perairan Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Timur , menunjukan keprihatinan akan laut Indonesia yang tercemar sampah

Dalam rangka memperingati Hari Hewan Dunia ini lah, Sorak gemilang Live (SGE Live) bersama Yayasan Indonesian Ocean Park (IOP) mengadakan pertemuan dengan sejumlah insan Media & Bloggers untuk menyiarkan kepedulian mereka terhadap beberapa hewan laut yang terancam punah. Acara Edukasi yang berlangsung intimate ini di adakan di sebuah wahana atractive Future Park Lab yang berlokasi di dalam Mall Gandaria City pada tanggal 11 Otober yang lalu.

Edukasi ini di lakukan dengan cara yang fun melalui kegiatan ekplorasi dankolaborasi seni DIGITAL di “TeamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives. Serta pengumpulan donasi bagi IOP melalui penjualan tanda mata bergambar ikan laut karya Hamis Daud, Artis dan Pendiri Yayasan IOP.

SEPUTAR ACARA

Acara di buka oleh MC dengan langsung menghadirkan 2 narasumber yaitu :

  1. Hamish Daud, Artis dan Founder Yayasan IOP yang juga seorang diver profesional
  2. Ibu Mervi Sumali, Chief Executive Officer SGE Live yang emnaungi Team Lab Future Park

Pada acara ini Hamish Daud membuka mata kami semua bahwa konservasi alam laut Indonesia sudah ada di tahap yang mengkuatirkan. Bayangkan laut Indonesia di cap sebagai laut TERKOTOR kedua di Dunia loh L sedih banget dengar ini. Sebagai anak yang lahir dari orang tua pencinta laut tenta saja aku sedih sekali. Ingat banget dulu saat kecil di maan orang tua lain kalau mengajak anak-anak nya ber weekend ria pasti ke taman hiburan atau mall, keluarga kami berbeda. Papa aku pasti ajak kami mancing dan menjala ikan di LAUT kepulauan Seribu. Dulu sering banget setiap weekend kami camping di pulau Onrust, Kahyangan atau Bidadari. Masih inget banget aku keindahan pasir putih dan warna laut nya yag tosca, bahkan pernah loh kami menjala di pinggir pantai dapat kuda laut saking masih bagus nya perairan di sana. Sekarang sih boro-boro bisa lihat kuda laut hidup, pasir putih nya saja sudah tergerus abrasi parah. Hal serupa juga di ungkapkan oleh Hamish Daud, aktor kece ini teryata masa kecil nya besar di Sumba sana loh ang terkenal dengan laut timur nya yang eksotik.

Sebagai pendiri yayasan IOP, Hamish Daud sangat gembira di ajak berkolaborasi oleh SGE Live karena ini merupakan satu langkah kecil yang bisa menciptakan snow ball effect untuk mengajaka masyarakat Indoensia lebih menghargai laut dan segala mahluk hidup yang adaa di dalam nya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menetapkan 15 spesies binatang laut saat ini dalam keadaan terancam punah dan butuh perlindungan, yaitu :

1. Hiu (Paus, Martil, Appendix CITES,Koboi, Layan, Gergaji)

2. Pari (Manta, Gergaji)

3. Paus (Biru, Bersirip, Bongkok)

4. Penyu (Hijau, Tempayan, Sisik, Ridel,Pipih, Belimbing, Labi-Labi)

5. Kuda Laut (Ekor Duri, Kuda Bargibanti, Trimaculatus, Denise, Spinosisimus)

6. Dugong

7. Arwana (Super Red, Irian)

8. Kima (Tapak Kuda, Cina, Kurnia, Selatan, Raksasa)

9. Terubuk

10. Banggai Cardinal Fish

11. Karang Hias

12. Bambu Laut

13. Lola

14. Cucut Lanjaman

15. Napoleon

source : www.indonesiabaik.id

Nah, dari sini IOP dan SGE Live menjalin kerjasama berupa penjualan merchandise yaitu kaos bergambarkan 3 jenis ikan yang terancam punah di mana kaos bergambar ini akan di warnai langsung oleh Hamish Daud jadi sangat exclusive pasti nya. Penjualan kaos ini di lakukan sampai tanggal 11 November 2019 , di mana hasil penjualan nya sepenuh nya akan di donasikan ke IOP. Ada 3 pilihan gambar ikan nya yaitu Tuna Sirip Biru ( Blue Fin Tuna), Hiu Martil (Hammerhead Shark)  dan Humphead Parrotfish dengan harga per kaos nya adalah Rp.199,000.

TENTANG TEAMLAB FUTURE JAKARTA

Nama lengkap wahana atractive ini adalah Team Lab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives. Ini adalah Pameran seni Interaktof terbesar di Jakarta yang menggunakan teknologi Digital, mengusung konsep kreasi kolaborasi (co-creation)

Sketch Aquarium

Di dalam area pameran ini ada satu area nama nya Sketch Aquarium, area inilah yang menjadi main activity kami meng eksploarsi Team Lab Future Jakarta. Di sini, Hamish Daud dan Ibu Mervi melakukan pewarnaan kaos yang akan di jual. Skecth Aquarium ini canggih banget, kita bisa menggambar dan mewarnai hewan laun pada sebuah kertas lalu gambar tersebut akan di scan dan di proyeksikan pada aquarium virtual raksasa nya. Keren nya gambar kita ini bisa bergerak loh di Aquarium digital itu dan kalau kita dekati ke layar (baca: yang di anlogikan sebagai kaca aquarium) maka ikan-ikan virtual itu akan lari menjauh jadi seperti aquariyum berisi ikan hidup ajaaa… di samperin lari. Keren yah. Aku sampai pakai startegi gimana cara nya foto dengan background ikan-ikan nya tetap ngumpul, hehehe

Setelah kami puas explorasi dan melihat Hamish Daud mewarnai di area ini kami menju area lain nya

Light Ball Orchestra

Kalau kalian sering lihat banyak foto-foto gemash seliweran di timeline Instagram mu dengan backgroun bola-bola waan warni seperti ini, itu arti nya mereka berfoto di salah satu area team Lab Future Jakarta yang bernama Light Ball Orchestra.

Saat memasuki ruangan nya kita di sambut dengan bola-bola besar dengan berbagai warna lucu, di mana bola-bola ini kalau kita pukul bisa berubah warna dan mengeluarkan suara musik lohhh. Satu bola dengan bola yang lain tu ternyata terhubung sehingga kalau kita pukul yang satu maka yang ebrubah beberapa bola yang memang terhubung, tidak hanya bola yang di lantai saja tetapi juga yang menggantung di atas nya.

Sliding Through The Fruit Fileds

Nah, kalau ini kita bisa berseluncur. Cukup tinggi loh seluncuran dan licin. Saat kita berseluncur dan mengenai bola di seluncuran nya maka bala nya akan terbang dan membuat tanaman nya jadi tumbuh gitu, seruu banget. Serasa ada di negeri dongen, hehehe

So, cuss lah Moms ajak keluarga kamu ber weekend ria ke Team Lab Future Jakarta sekalian jangan lupa beli koleksi T-Shirt hewan langka nya yah sebagai bentuk dukungan nyata kamu untuk pelestarian laut dan hewan laut Indonesia, demi keberlangsungan tempat tinggal anak-anak dan cucu kita nanti.

Informasi lebih lanjut mengenai IOP kamu bisa kunjungi www.indonesianoceanpride.org atau di sosial media nya, klik di sini. Sedangkan untuk Teamlab Future Jakarta nya di sini yahh, jangan lupa follow Instagram mereka juga karena siapa tahu ada update promo family gateway di sana karena dengar-dengar Ibu Mervi mau mempertimbangkan ususlan ku membuat paket hemat untuk anak-anak belajar mencintai laut lewat kreasi digital di Sketch Aquarium.

Have a nice day!

Xoxo @vibrievb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *