BIO-OIL DRY GEL : ATASI KULIT KERING SEKETIKA

Mmhh, pernah dengar Bio-Oil kan Gals? Pasti tahu donk dengan oil ampuh penghilang strech mark yang sering wara-wiri di review oleh banyak Moms Blogger di blog nya itu? dan aku juga pernah review detail tetang produk tersebut di link ini Bio-Oil stretchmark. Nah, kali ini aku mau informasikan bahwa Bio-Oil baru saja launch seri terbaru nya yaitu Bio-Oil Dry Skin Gel, Gel Kulit Kering yang di formulasikan khusus untuk kulit sensisitif dan non-comedogenic. Sebagai pengguna Bio-Oil sebelum nya, produk baru nya ini sukses mengundang rasa penasaran buat aku coba karena memang kulit aku setelah melahirkan dan memasuki usia di atas 35 tahun ini semakin terasa kering dan gatal.

Saat main ke Mall aku sempatkan mampir ke Watsons Beauty & Health dan membeli Bio-Oil Dry Skin Gel di sana. Ternyata ada 3 kemasan yaitu yang kecil (50ml), sedang (100ml) dan besar (200ml). Aku beli ukuran 100ml sebagai awal untuk coba. Kebetulan aku memang mau traveling ke Bali & Puncak jadi butuh dry gel ampuh untuk melembabkan kulit ku selama terpapar matahari saat traveling nanti, apalagi sekarang kan cuaca panas nan extrim sedang melanda bumi. Dengar-dengar di Bali suhu nya bisa mencapai 45 derajat celsius loh… ckckckck

Penyebab Kulit Kering

Sebelum masuk ke pengalaman aku menggunakan Bio-Oil Dry Skin Gel, aku mau cerita sedikit mengenai penyebab kulit kering yang aku pelajari di banyak sumber. Kulit kering adalah kondisi umum pada kulit yang terjadi akibat kekurangan cairan pada lapisan paling luar pada kulit. Bagian tubuh yang terbuka, seperti lengan, tangan, dan kaki adalah area yang paling rentan mengalami gangguan ini.

Kulit kering atau xerosis, bisa dialami siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. Kulit kering dapat terjadi dengan tingkatan yang berbeda pada tiap orang, tergantung pada kondisi kesehatan, tempat tinggal, lama waktu di ruangan terbuka, serta faktor usia. Orang-orang lanjut usia lebih rentan mengalami kulit kering.

Di bawah ini ilustrasi penampang kulit, perbedaan antara kulit normal dengan kulit kering:

source of image : google.com : jadi kamu bisa lihat pada penampang luar kulit kering banyak area terbuka sehingga cairan kulit kita gampang menguap

Kalau kita mengalami kulit kering, segera kenali jenis nya sehingga bisa menemukan penyebab nya, yang akan sangat membantu kita dalam hal pencegahan, pengobatan atau melakukan perawatan kulit yang tepat.

Istilah & Jenis Kulit Kering (dari berbagai sumber yg aku sari):

  • Asteatosis terjadi akibat kelenjar sebaceous, yang mengeluarkan minyak alami kulit, mengalami penurunan daya kerja. Istilah ini digunakan hampir bergantian dengan xerosis yang terjadi pada kulit kering yang dialami oleh orang yang telah berumur.
  • Xerosis musiman (gatal saat udara dingin) biasanya mengakibatkan gatal tanpa ada ruam. Kondisi ini terjadi pada saat udara dingin atau tingkat kelembaban yang rendah.
  • Eczema adalah tipe iritasi kulit yang berkisar dari kondisi sedang hingga kronis dan parah. Gejala utamanya adalah bercak kering, kulit bersisik. Kecendrungan untuk menderita eksim atau eczema bisa diwariskan. aku menderita ini.
  • Dermatitis adalah istilah yang digunakan bergantian dengan eczema dan xerosis untuk menjelaskan iritasi kulit. Istilah ini juga dapat merujuk pada masalah kulit yang menyebabkan peradangan.
  • Ichthyosis adalah kelainan genetik yang dapat terjadi dalam satu tahun umur seorang anak. Ciri-cirinya adalah kulit yang kering, terjadi penebalan, dan bersisik.

Kebetulan kulit aku memang kulit bakat alergi jadi menurun aku mendapatkan Eczema dari orang tua ku. Dokter diagnosa nya yaitu Keratosis Pilaris. Keratosis pilaris atau dikenal juga sebagai penyakit kulit ayam, adalah kondisi di mana permukaan kulit menjadi kasar dan muncul bentol-bentol kecil mirip jerawat. Keratosis Pilaris terjadi akibat dari penumpukan keratin atau protein padat yang melindungi kulit dari zat berbahaya dan infeksi. Keratin yang menebal di permukaan kulit disebut keratosis.

Umumnya keratosis pilaris tidak menimbulkan rasa nyeri atau gatal, serta bisa berwarna putih atau merah. Beberapa tanda dan gejala umum keratosis pilaris adalah:

  • Bentol-bentol kecil berwarna merah atau putih, biasanya di lengan atas, kaki, bokong, atau pipi.
  • Kulit di sekitar benjolan terasa kering, kasar, dan terkadang gatal.

Kondisi kulit yang terkena keratosis pilaris seringkali memburuk saat cuaca dingin, kelembapan rendah, dan kondisi kulit sedang kering. Kalau sedang traveling gini, aku kan sering banget berendam lama di bathtub hotel, hal ini ternyata bisa membuat kulitku semakin kering dan dehidrasi :(.

Aktifitas rutin ku kalau lagi traveling di cuaca panas, pasti sampai hotel langsung berendam lama dengan air hangat 🙂 ini serasa me time bagi aku

Di saat aku merasakan ketidak nyamanan biasa nya rasa gatal dan bercak-bercak keratosis pilaris ini banyak keluar. Kadang di sertai dengan kondisi kulit yang sangat kering, sehingga kulit terasa sensitif dan gatal.

Berangkat dari keluhan permanen yang aku alami inilah, hampir semua Dry Gel yang ada di pasaran itu pasti aku coba untuk mengetahui kecocokan dan efektifitas nya di kulit kering aku. Bahagia nya itu super sekali saat tahu Bio-Oil yang menjadi andalan ku selama beberapa bulan ini untuk mengatasi strecthmark pasca melahirkan (aku baru lahiran 7 bulan yang lalu) mengeluarkan gel kulit kering. Memang sih aku juga kadang gunakan Bio-Oil untuk atasi kulit keringku tapi kalau ada yang spesifik di khususkan untuk mengatasi kulit kering tentu akan lebih baik lagi.

Bio-Oil Dry Gel yang wajib ada di ritual after berendam atau mandiku

Karena memang Dermatologist ku bilang, tidak ada cara mencegah keratosis pilaris, namun ada beberapa cara untuk mengurangi risiko mengalaminya. Beberapa caranya adalah mengeringkan kulit secara merata setelah mandi dan memakai produk pelembab kulit yang tepat segera setelah mandi atau berendam.

Mengenal Bio-Oil Dry Gel

Di kemas dalam wadah clean yang sangat menarik, Bio-Oil Dry Skin Gel ini mudah sekali di dapatkan. Selain di Watsons juga aku lihat sudah ada di Guardian Pharmacy. Bio-Oil Dry Gel menggunakan mineral oil sebagai base-nya yang berfungsi untuk menggantikan air, yang mana menjadikan Bio Oil Dry Skin Gel memiliki kandungan yang seluruhnya aktif. Kadar kandungan aktif yang tinggi artinya hanya dibutuhkan sedikit produk untuk memberikan kelembapan yang kita butuhkan. Hanya 3% kandungan air di dalam gel ini sehingga hanya membutuhkan sedikit produk untuk memberikan kelembapan yang sangat tinggi. Bikin hemat dalam penggunaan nya!

Manfaat Bio Oil Dry Skin Gel:

  1. Mengisi kembali lapisan kulit dan melembabkan kulit
  2. Tekstur gel ke minyak yang unik menyerap dengan mudah dan menciptakan lapisan pelindung untuk menahan kelembaban
  3. Mengembalikan kulit kering dalam keadaan terhidrasi secara optimal

Ini detail komposisi Bio-Oil Dry Gel:

  • Glyserin : Meningkatkan kelembaban
  • Shea Butter : Menutrisi dan melembabkan
  • Niacinamide B3 : Membantu melindungi lapisan pelembab kulit
  • Urea : Menghaluskan dan melembutkan
  • Chamomile : Menenangkan kulit kering yang teriritasi
Glycerine boosts hydration
Shea Butter nourishes and moisturises
Niacinamide B3 helps protect skins moisture barrier
Urea smoothes and softens
Chamomile soothes and calms

Aku coba cari prefrensi clinical dari Bio-Oil Dry Gel dan mampir ke situs resmi http://bio-oilprofessional.co.uk/dry-skin-gel/ dan di sana di katakan : Menurut hasil survey, 82% orang yang mencobanya melihat ada perbedaan nyata pada kulit mereka hanya dalam kurun waktu 2 hari pemakaian, sedangkan lebih dari 50% menyebutkan bahwa Bio-Oil Dry Skin Gel adalah produk terbaik untuk kulit kering yang pernah mereka coba.

Detail Clinical Trial ini bisa kamu lihat di jurnal publikasi Stephens & Associates (2018), A Split-Body, Evaluator-Blinded, Controlled Clinical Trial to Assess the Efficacy of a Moisturizing Product. Stephens Study Number: C17-D127.

Pengalaman Pertama Mencoba Bio-Oil Dry Gel

Saat aku coba tekstur nya, sangat menarik. Bentuk nya gel namun saat menyentuh kulit kita maka tekstur gel nya langsung “lumer” dengan sendiri nya dan berubah menjadi tekstur minyak yang cair. Namun tidak menimbulkan greasy atau lengket. Daya serap nya cukup baik dan cepat.

siapin Bio-Oil Dry Gel supaya setelah berendam kulit ku tidak kering

Karena formula nya di design efektif maka cukup oles sedikit saja di bagian kulit kering kita.

Gel warna merah muda dengan wangi yang lembut

Cara pakai nya versi aku yaitu :

Pijat dengan gerakan melingkar sampai terserap. Oleskan pada kulit kering sesuai kebutuhan. Gunakan lebih sedikit dari penggunaan cream. Bio-Oil Dry Gel ini bisa di aplikasikan ke seluruh bagian kulit, wajah ataupun tubuh. Kalau kamu ada bakat alergi seperti aku, gunakan segera setelah mandi yah. Jadi penggunaan terbaik gel ini adalah segera setelah mandi.

oleskan secara merata dengan gerakan melingkar
oleskan secara merata di area kering kulitmu

Ini skoring dari pengalaman aku menggunakan Bio-Oil Dry Gel selama seminggu dan sempat aku bawa tarveling ek Bali & Puncak:

Ini skoring dari pengalaman aku menggunakan Bio-Oil Dry Gel selama hampir 2 minggu dan sempat aku bawa traveling ke Bali & Puncak:

Skor 9dari10 untuk efektifitas melembabkan kulit kering secara cepat terutama saat kulit terpapar terik matahari
Skor 8dari10 untuk kecepatan daya serap
Skor 9dari10 untuk ketahanan nya melembabkan kulit (daya tahan), mampu melembabkan sampai 10 jam
Skor 9dari10 untuk harga yang affordable , pemakaian nya juga super irit karena hanya perlu sedikit saja
Skor 9 dari 10 untuk kemasan yang handy, mudah di buka dan design yang compact sehingga mudah di bawa traveling dan tidak mudah tumpah
bisa juga loh di pakai tipis-tipis ke kulit muka mu

Soooo, kalau udah baca review aku di atas kamu tertarik ‘gak untuk cobain? Kalau iyaaa buruan yukk beli di Watsons karena bulan ini mereka sedang promo loh. Beli Bio-Oil Dry Gel uk 100ml free Bio-Oil 75ml… Good deal banget!

Jangan segan yah kalau mau ada yang di tanyakan seputar review ku kali ini, semoga cukup meracuni kalian & Jangan lupa juga follow account instagram Bio-Oil untuk mendapatkan detail update promo mereka dan juga follow aku yah di @vibrievb :*

Thank you for stop by and see you next Gals!

Xoxo, Vibrie #pejuangkulitkering

#BioOilDrySkinGel #NoMoreDrySkin https://www.instagram.com/biooilidn

4 Comments Add yours

  1. Leila says:

    Shea butter itu memang andalan ya sebagai pelembap, tapi kadang jadi bikin lengket. Nah Bio-Oil ini bisaan yaa meramunya jadi gel yang mudah diaplikasikan dan bebas lengket.

  2. Lady thio says:

    Tq mom info nya ak salah satu pengguna bio oil jd nambah ilmu aku

  3. Lady thio says:

    Tq mom info nya ak salah satu pengguna bio oil dan baru tau nih si bio oil ada ngeluarin produk terbaru ak mau coba tq info nya mo.

  4. Jade Ayu says:

    trus ga lengket gtu ya mom vib abis dpakenya. Cocok ni u yg punya bocils jd ga gampang tumpah yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *