PAY WITH QR CODE : MODERN PAYMENT FOR MILLENIAL MAMA

QR standar Pembayaran Digital ala Milenial

Alohaaa… siapa di sini yang ngaku sebagai generasi Mama Millenial? Kalo iya kamu satu genk sama aku 😀 Tahuu donk ciri-ciri Mama Millenial itu apa? Yupp beneer, gak bisa lepas dari smartphone nya, semuaaaa kerjaan dari yang receh beli sayur di pasar sampai pitching mencari sekolah anak yang bagus, semuaaa pasti menggunakan smartphone.

Kalau mama zaman old pasti kemana-mana bawa nya dompet gede yang tebal dengan uang cash yg kadang suka gak rapi juga nyimpen nya, suka di ikat pake karet bahkan. Enggak aku banget nih, hehehe. Mama sekarang sih lebih demanding yah, lebih mau nya yang simple, praktis tapi efektif.

Nah, kali ni aku mau ceritain detail mengenai satu terobosan modern dalam hal pembayaran untuk transaksi apapun. Jadi sistem nya cardless and cashless. Tidak menggunakan kartu atau uang tunai. Cukup unduh satu aplikasi pembayaran di smartphone mu dan aloha kita bisa ke mana-mana bertransaksi tanpa repot harus bawa kartu ATM / Kartu Kredit atau uang tunai. Nama pembayaran digital ini adalah QR Code.

Apa sih QR Code? Yuk kita kenali lebih jauh

Pasti Mom sudah sering lihat barcode yang sering dipajang di outlet-outlet atau acara-acara yang penampakannya mirip-mirip pixel pecah itu? Nah itu yang si sebut dengan QR Code. QR Code adalah kode matriks atau barcode dua dimensi yang berasal dari kata “Quick Response”, dimana isi kode dapat diuraikan dengan cepat dan tepat. QR Code dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah perusahaan Jepang yang dipublikasikan di tahun 1994 (sumber wikipedia).

Aku akan belanja di pasar tradisional tanpa bawa dompet, hanya smartphone saja

Jadi setiap produk itu diidentifikasikan melalui barcode QR Code ini yang nanti akan di scan oleh apilkasi pembayaran digital yang kita unduh. Dibandingkan dengan kode batang (barcode) biasa, QR Code lebih mudah dibaca oleh pemindai dan mampu menyimpan data baik secara horizontal maupun vertikal. Jadi saat di scan mau dalam keadaan bagaimanapun bisa terbaca dengan mudah.

source image ; google.com

Saat ini Indonesia memiliki standar QR Code-nya sendiri yang terwujud dalam Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Dengan dirilisnya standardisasi itu, maka semua transaksi QR Code dalam negeri wajib mengacu pada aturan Bank Indonesia tersebut. Jadi penggunaan QR Code sebagai interface platform pembayaran sudah resmi dan aman di gunakan untuk banyak merchant di indonesia.

Saking hype nya pembayaran digital ini, sekarang bukan hanya jajanan di Mall saja loh Moms yang bisa bayar melalui scan QR Code tetapi belanja di pasar tradisonal juga sudah bisa! Bahkan lebih hemat menggunakan QR Code ini karena banyak toko sayur di pasar komplek ku ini bekerja sama dengan banyak bank / penerbit aplikasi sehingga selalu ada cash back yang kita dapatkan. Bahagia benar rasa nya hati mamak dua anak ini, belanja kebutuhan masak sehari-hari bisa semakin hemat.

Mom Millenial ke bpasar baw anya smartphone bukan dompet, hehehe

Bagaimana Cara Menggunakan QR Code sebagai Pembayaran Transaksi?

Sekarang dengan hadirnya sistem Pay by QR Code, hidup kita  jauuuh menjadi lebih mudah. Dengan pilihan penggunaan aplikasi di Android ataui IOS, sistem barcode ini sangat mudah untuk di unduh melalui beragam aplikasi pilihan. Contoh nya adalah :

TCash dari Telkomsel, Go-Pay dari Go-Jek, dan PT Visionet Internasional (OVO). Selain itu, BNI juga meluncurkan aplikasi pembayaran bernama Your All Payment (YAP) yang menyediakan opsi penggunaan QR Code. Lalu ada DANA yang saat ini sedang banyak sekali promo cash back nya. QRku dari BCA, My QR dari BRI, dan ada Mandiri Pay dari Bank Mandiri.

Silahkan unduh salah satu atau semua juga boleh dari aplikasi di atas, hehehe. Lalu langsung deh cek di tenant yang kamu tuju apakah penyelenggara pembayaran di atas bekerja sama atau tidak.

Moms juga akan mendapatkan banyak promo-promo menarik dari merchant yang menerima pembayaran melalui Pay by QR.  Selain mendapatkan potongan harga yang cukup besar, banyak vendor yang menawarkan undian atau kupon dengan berbagai hadiah. Yang pasti pengguna Pay by QR tidak akan kekurangan insentif untuk berhemat dan mendapatkan berbagai keuntungan.

Beli somay langganan aja bisa loh bayar pakai QR Code dan aku bakal dapat CB 30%, hemat bangeettt

Belum lagi tidak ada biaya tambahan untuk memakai aplikasi ini. Hanya dengan beberapa steps mudah untuk registrasi, Moms akan langsung terdaftar dan siap memakai aplikasi ini. Pengisian saldo dapat dilakukan melalui ATM, Internet Banking, atau Mobile Banking. Pokok nya praktis! Bahkan beberapa aplikasi saat top up tidak mengenakan biaya admin lohhh, keren banget yah. Ada beebrapa transportasi online sudah ter integrasi dengan aplikasi pembayaran QR Code ini jadi semakin luas penggunaan sistem pembayaran ini.

Nih satu contoh kecil promo yang akan bikin kamu happy :

Aku belanja ikan salmon buat MPASI babyku senilai 75rb lalu bayar pakai Dana dan bila akun sudah masuk type premium (sudah terverifikasi dengan KTP) bisa dapat potongan 10rrb lohhh… hemat banget kan, CB (cash back) nya bisa aku pakai deh buat belanja kentang nya di gerai sebelah 🙂

tinggal scan aja QR Code nya nanti tinggal ikuti petunjuk di smartphone kita, easy kok

Selain mendapatkan kemudahan bertransaksi, Moms juga akan menghemat biaya pengeluaran sehari-hari plus efisiensi untuk cek saldo dan mengatur keuangan.  Bayangin kita sudah gak perlu lagi bawa cash atau kartu kredit atau debit. Tinggal scan, bill mom udah kebayar.

Gampang banget kan? Cobain Pay by QR sekarang juga and get all the benefits!

Thank you for stop by! jangan lupa ceritain yah di kolom komen saat ini tenant apa yang sedang promo pakai QR code, bira kita para Mamak Millenial ini saling berbagi informasi bermanfaat … cause #sharingiscaring 🙂 #feskabi2019 #gairahkanekonomi #pakaiQRstandar

See you around, xoxo @vibrievb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *