KASUR SEHAT UNTUK KELUARGA SEHAT

Sangatlah penting bagi orang tua untuk menjalani gaya hidup sehat dan bugar secara konsisten. Dengan saling bersinergi antara orang tua dan anak, akan tercipta pola hidup sehat pada era millennial ini. Menurut banyak pakar kesehatan, hidup sehat tidak hanya identik dengan konsumsi makanan dan gizi yang seimbang, tetapi juga aktivitas di luar ruangan serta memiliki pola tidur yang teratur dan cukup.

Nah, khusus kali ini aku mau membahas bagaimana menciptakan keluarga sehat melalui manajemen tidur yang teratur, maksimal dan cukup. Berangkat dari undangan Blogger Gathering yang diselenggarakan oleh salah satu produsen kasur ternama yaitu C-PRO Indonesia pada tanggal 29 November 2019 yang lalu berlokasi di Penang Bistro Restaurant Jakarta Selatan, aku bersama 20 blogger lain mendengarkan presentasi terkait bagaimana kasur sehat bisa menciptakan keluarga yang sehat dan diajak untuk melakukan visit booth C-PRO ke Pameran Baby & Mommy terbesar di JCC yang sedang berlangsung sampai 1 Desember 2019.

Sebelum aku cerita mengenai apa itu C-PRO. Aku mau refresh mengenai bagaimana sih manajemen tidur yang tepat untuk menciptakan kualitas hidup yang paripurna.

Tidur Sehat, Tidur Berkualitas

Tidur sangat penting bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Kualitas tidur malam yang baik akan membuat Kita merasa segar keesokan harinya. Tidur berkualitas berarti tidur nyenyak dengan waktu yang cukup.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur terkait dengan menurunnya daya berpikir, konsentrasi, dan kemampuan bekerja. Lebih jauh lagi, jika dibiarkan dalam jangka panjang, kurang tidur berperan dalam meningkatnya risiko serangan jantung, obesitas, diabetes, dan kanker (dari berbagai sumber)

Sebagai Ibu 2 anak yang belum lama melahirkan anak kedua (8 bulan yang lalu) tentu saja memiliki kualitas tidur yang baik itu jelas aku butuhkan untuk menjaga agar tubuh selalu fit mengurus keluarga terutama untuk menjaga konsistensi produksi ASI ku. Tidur yang berkualitas bagi anak-anak juga aku yakinin sebagai awal membentuk keluarga yang sehat.

Bayi, batita, balita, anak-anak, hingga remaja membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang dari orang dewasa. Hal ini diperlukan guna mendukung perkembangan mental dan fisik mereka.

Dalam dunia bayi dan anak-anak, tidur adalah kegiatan yang sama pentingnya dengan makan, minum, rasa aman, atau bermain. Si Kecil butuh tidur agar tubuhnya beristirahat, segar dan mendapatkan energi baru. Menurut para peneliti di Amerika, pada waktu tidur, otak kita menyaring dan menyimpan informasi, mengganti bahan kimia, dan memecahkan masalah.

Namun memang kadang sulit sekali mendapatkan tidur berkualitas ini karena beberapa penyebab di bawah ini :

  • Stres
    Stres merupakan respons terhadap masalah sehari-hari. Stres memengaruhi secara fisik, perilaku, dan emosional. Stres yang terlalu berat dapat membuat tubuh tegang dan cemas sehingga menyebabkan masalah tidur.
  • Kondisi medis
    Ada banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan tidur nyenyak terganggu. Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan masalah sulit tidur yakni penyakit asam lambung, kelainan tiroid seperti hipertiroidisme, radang sendi, asma, nyeri kronis, alergi, hingga depresi.
  • Usia
    Memasuki usia 60 tahun, banyak orang yang mengalami perubahan pola tidur. Secara umum, mereka yang berusia 60 tahun ke atas sulit tidur nyenyak dan sering terbangun di malam hari.
  • Efek zat kimia
    Alih-alih menenangkan, alkohol dan kafein yang Kita konsumsi dapat membuat mudah terbangun di malam hari lebih sering dari biasanya. Akibatnya, saat bangun tidur badan menjadi tidak segar. Bahkan terlalu banyak mengonsumsi alkohol kadang-kadang dapat menyebabkan sakit kepala dan berkeringat. Kecanduan nikotin juga dapat menyebabkan efek yang sama.
  • Irama tidur atau ritme sirkadian
    Manusia memiliki ’alarm tubuh’ yang disebut dengan ritme sirkadian. Ritme ini berkaitan dengan siklus tidur. Makin rutin dan stabil waktu tidur yang Anda jalani setiap harinya, makin bagus kualitas tidur. Ritme sirkadian juga dapat berubah oleh kegiatan olahraga, tidur siang, dan paparan cahaya, misalnya bila Kita terus menerus melihat gadget sebelum tidur. Sering bepergian jauh ke tempat dengan zona waktu berbed akibat jetlag.
  • Kualitas Tempat Tidur
    Ini di pengaruhi oleh faktor sekitar seperti kasur yang kotor atau tidak nyaman sehingga saat bangun bukan nya mendapatkan tubuh segar melainkan menjadi pegal-pegal

● Stres
Stres merupakan respons terhadap masalah sehari-hari. Stres memengaruhi secara fisik, perilaku, dan emosional. Stres yang terlalu berat dapat membuat tubuh tegang dan cemas sehingga menyebabkan masalah tidur.
● Kondisi medis
Ada banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan tidur nyenyak terganggu. Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan masalah sulit tidur yakni penyakit asam lambung, kelainan tiroid seperti hipertiroidisme, radang sendi, asma, nyeri kronis, alergi, hingga depresi.
● Usia
Memasuki usia 60 tahun, banyak orang yang mengalami perubahan pola tidur. Secara umum, mereka yang berusia 60 tahun ke atas sulit tidur nyenyak dan sering terbangun di malam hari.
● Efek zat kimia
Alih-alih menenangkan, alkohol dan kafein yang Kita konsumsi dapat membuat mudah terbangun di malam hari lebih sering dari biasanya. Akibatnya, saat bangun tidur badan menjadi tidak segar. Bahkan terlalu banyak mengonsumsi alkohol kadang-kadang dapat menyebabkan sakit kepala dan berkeringat. Kecanduan nikotin juga dapat menyebabkan efek yang sama.
● Irama tidur atau ritme sirkadian
Manusia memiliki ’alarm tubuh’ yang disebut dengan ritme sirkadian. Ritme ini berkaitan dengan siklus tidur. Makin rutin dan stabil waktu tidur yang Anda jalani setiap harinya, makin bagus kualitas tidur. Ritme sirkadian juga dapat berubah oleh kegiatan olahraga, tidur siang, dan paparan cahaya, misalnya bila Kita terus menerus melihat gadget sebelum tidur. Sering bepergian jauh ke tempat dengan zona waktu berbed akibat jetlag.
● Kualitas Tempat Tidur
Ini di pengaruhi oleh faktor sekitar seperti kasur yang kotor atau tidak nyaman sehingga saat bangun bukan nya mendapatkan tubuh segar melainkan menjadi pegal-pegal

Salah satu langkah dalam meningkatkan kualitas tidur adalah dengan tidur di kasur yang nyaman dan juga tidak menimbulkan gangguan terhadap kesehatan, karena beberapa material penyusunnya dapat memicu gangguan penyakit berbahaya.

Tempat tidur yang baik dapat memberikan kenyamanan sempurna dan kesehatan si pemakai. Sebab meski terlihat tidak aktif, sebenarnya saat tidur tubuh manusia menjadi sangat aktif dimana hormon-hormon yang penting bagi tubuh yang hanya aktif dalam fase tidur dalam mulai bekerja.

Membeli tempat tidur bukan sekedar mengedepankan kenyamanan namun juga harus mempertimbangkan aspek kesehatan yang baik selama tubuh kita tidur. Termasuk kedalam jenis kasur sehat adalah yang secara aktif mampu menunjang kesehatan tubuh bagi si pemakai dan tidak mengandung bahan kimia yang dapat memicu penyakit berbahaya. Beberapa bahan kimia yang terkandung dapat memicu penyakit kanker, asma atau alergi.


Kasur merupakan tempat untuk menopang tubuh selama tidur, sehingga kasur yang menyehatkan akan dinilai baik jika mampu menopang tubuh dengan baik dan tidak menimbulkan nyeri punggung, sakit leher, atau gangguan tulang lainnya.
Selain itu kasur sehat memiliki sirkulasi udara yang baik bagi tubuh manusia serta tidak memberikan efek panas pada saat tidur. Efek panas dalam tidur juga memberikan gangguan tersendiri dimana akan berujung pada waktu tidur yang tidak nyaman.

Kasur merupakan tempat untuk menopang tubuh selama tidur, sehingga kasur yang menyehatkan akan dinilai baik jika mampu menopang tubuh dengan baik dan tidak menimbulkan nyeri punggung, sakit leher, atau gangguan tulang lainnya.
Selain itu kasur sehat memiliki sirkulasi udara yang baik bagi tubuh manusia serta tidak memberikan efek panas pada saat tidur. Efek panas dalam tidur juga memberikan gangguan tersendiri dimana akan berujung pada waktu tidur yang tidak nyaman.

Mari Mengenal C-Pro si Kasur Sehat

C-PRO MERUPAKAN JOIN VENTURE ANTARA PT CHITOSE INTERNASIONAL TBK DENGAN C-ENG CO., LTD (JEPANG)

C-Eng menciptakan dan mengembangkan bentuk simpul teknologi 3-dimensi unik, yang di sebut sebagai teknologi Airmate. Produk C-Eng sangat digemari di Jepang. Kini Chitose Internasional bersama dengan C-Eng Jepang membawa semua manfaat Airmate lebih dekat kepada Kita melalui C-PRO.

Tapi kali ini aku mau bahas kasur sehat yah, alas atas untuk kasur kita di rumah. Jadi aku membeli kasur sehat C-PRO ukuran king sesuai ukuran tempat tidur di rumah. C-PRO berbeda dengan kasur lainnya karena terbuat dari bahan yang dipatenkan yaitu polymer food-grade tertinggi, diproduksi oleh salah satu perusahaan kimia terbesar di dunia, Dow Chemical. Dengan lebih dari 70 tahun sejarah dalam pengembangan pengolahan polimer, Dow Chemical bersama dengan C-PRO menghasilkan produk yang andal dan aman bahkan untuk bayi yang baru lahir yang paling lembut. Disebut food grade kerena memang bila tidak sengaja termakan atau di “icip-icip” oleh baby kita yang sedang merangkak di atas nya masih aman Moms.

Menariknya kasur sehat C-PRO memiliki teknologi Airmate yaitu Teknologi simpul tiga dimensi yang dapat bernapas, yang 90% volumenya adalah udara.

Airmate merupakan teknologi yang diciptakan dan dipatenkan oleh C-Eng Jepang. Dibuat menggunakan polimer dengan standar food grade bermutu tinggi, menghasilkan bentuk simpul tiga dimensi unik yang 90% volumenya adalah udara.

Ada 10 keunggulan dari Topper C-Pro ini yaitu :

Kebetulan aku sudah mencoba menggunakan produk ini sebelum di undang ke acara gathering nya. Ada perubahan signifikan dalam kualitas tidur ku.

PENGALAMAN MENGGUNAKAN TOPPER C-PRO

Kasur yang ada di rumah adalah full latex dengan harga yang lumayan mahal saat aku beli beberapa tahun yang lalu. Sebenarnya aku sudah niat mengganti kasurku karena memang aku merasa kasur ini sudah kurang nyaman di tiduri. Tingginya mulai tidak rata, sudah banyak bercak-bercak noda di mana-mana dan aku kesulitan membersihkan nya karena memang berat sehingga tidak bisa di cuci.

Alih-alih membeli kasur baru akhirnya aku putuskan membeli kasur sehat saja karena memang kasurku masih layak dipakai. Saat ke salah satu toko furniture besar di Jakarta, aku di tawari dengan C-PRO dan sangat tertarik dengan berbagai features yang disampaikan.

Saat di pasang di atas kasurku pas sekali ukuran nya dan saat kami tidur ternyata C-PRO mampu mengikuti lekuk badanku. Saat berbaring beban tubuh terkonsentrasi di beberapa bagian, nah hal ini bisa menyebabkan pegal dan nyeri pada bagian-bagian tertentu. Dengan C-PRO sebagai alas kasur ku hal ini tidak aku alami lagi, C-PRO membantu beban tubuh yang lebih merata sehingga rasa pegal dan tidurku lebih nyenyak.

Perbedaan paling nyata ada di anak-anak ku. Walaupun kamar kami ber AC namun tetap saja anak-anak kadang basah di tekuk kepala nya. Nah sekarang hal ini tidak lagi di alami oleh anak-anak ku karena memang material C-PRO ini breathable bangeeett… bisa bernafas dan memiliki aliran udara yang baik. Bayi dapat tetap bernafas meskipun melalui kasur sehat. Hal ini membantu menurunkan risiko bayi sulit bernafas saat tengkurap.

Dan menyenangkan nya C-PRO ini easy to clean bangeeett… pernah dengar gak kasur bisa dicuci? Paling kita hanya jemur dan pukul-pukul aja kan kalau mau bersihkan kasur. Nah, C-PRO bisa bangeeet loh di cuci. Letakan saja covernya di mesin cuci, lalu bersihkan kasur sehatnya dengan air. Kasur sehat tersebut akan kering dengan cepat. Hal ini bisa dapat membantu menciptakan lingkungan yang higienis untuk semua dengan cara menghalangi pertumbuhan jamur dan bakteri. Bentuk nya juga compact bisa di gulung dan ringan di pindahkan ke mana-mana. Material nya tahan lama dan kuat, bahkan ini garansi 10 tahun loh dari tanggal awal pembelian kita.

Aku rekomen banget buat kalian yang baru punya baby atau toddler untuk punya C-PRO ini karena membantu bangeeeet sekeluarga tidur nyenyak sehingga kualitas kesehatan bisa maksimal. Anak tidak gampang sakit karena daya tahan tubuhnya paripurna terbentuk dari pola tidur nya yang berkualitas dan cukup, sedangkan kita orang tua nya juga bisa “tetap waras” karena saat waktu nya tidur bisa maksimal nyenyak nya.

Silahkan kepoin website C-PRO untuk tahu lebih detail mengenai produk nya di www. https://www.c-pro.co.id/ dan jangan lupa follow instagram mereka di https://www.instagram.com/cproid untuk mendapatkan update promo-promo C-PRO di mana saja.

Thank you for stop by Mamas semua, see you around di sharingku selanjut nya.

Salam,

@vibrievb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *