MALAYSIA HEALTHCARE EXPO 2020

Selamat Pagi Mama,

Masih berkelanjutan dari tulisan saya tentang Program Malaysia Year of Healthcare Travel 2020, kali ini saya akan meng informasikan expo terbesar yang pernah di lakukan oleh Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) di Jakarta.

Expo ini berlangsung mulai dari tanggal 6 Jan – 9 Jan 2020 bertempat di The Forum lantai dasar Mall Kelapa Gading Jakarta Utara. Tujuan dari Expo ini adalah untuk lebih memperkenalkan lebih jauh lagi pelayanan kesehatan di berbagai RS terkemuka di Malaysia yang bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia bila ingin mendapatkan pelayanan perawatan kelas DUNIA dengan harga yang terjangkau dan teknologi kedokteran yang up to date.

kalau kamu datang ke Expo ini, kamu akan di sambut dengan rangkaian perwakilan booth 16 fasilitas kesehatan swasta terkemuka di Malaysia. Mulai dari yang berlokasi di tengah kota Ibukota Kuala Lumpur sampai yang berlokasi di pulau favorite, Penang.

Yupp, mungkin selama ini kita hanya familiar kalau mau cek kesehatan di luar negeri, Penang adalah salah satu tujuan favorite masyarakat kita karena kita bisa berobat sambil berwisata di pulau cantik tersebut. Ide Wisata kesehatan memang menurut aku out of the box banget nih, fenomena ini aku yakin masyarakat kita yang menciptakan, hehehe

Pemeriksaan kesehatan itu kan tidak sekedar untuk berobat saja tetapi juga untuk antisipasi seperti pemeriksaan rutin medical check up, vaksinasi baby ataupun perawatan kecantikan. 

Kebetulan sekali saat pembukaan Malaysia Healthcare Expo ini aku di undang juga dalam acara konfrensi press nya jadi aku bisa tahu detail beberapa informasi akurat yang di sampaikan langsung oleh penyelenggara. Hadir di konfrensi press ini Nik Yazmin Azman selaku Chief Commercial MHTC yang menyampaikan ” Dari segi wilayah, Asia diperkirakan akan menajdi pusat pertumbuhan baru di industri kesehatan. MHTC melihat tahun 2020 sebagai tahun yang positif dan MHTC ingin meningkatkan komitmennya terhadap pasar Indonesia dengan menggelar berbagai acara menarik seperti Malaysia Healthcare Expo ini”. 

Expo ini memang sebagai bagian dari inisiatif Malaysia Year of Healthcare Travel 2020 (MyHT2020) yang telah di luncurkan bersamaan dengan kampanye pariwisata Malaysia 2020 jadi menarik sekali yah, pasti akan ada banyak penawaran promo terkait hal ini. Salah satu nya yang di sampaikan oleh Nik Yazmin adalah PROGRAM HARAPAN DUA GARIS yang baru saja di launch bulan lalu, di mana MHTC mencari 12 pasang Suami Istri Indonesia yang kesulitan memiliki anak untuk apply segera dan bila beruntung terpilih akan di ikutkan dalam program bayi tabung di salah satu RS swasta terkemuka di Malaysia.

Pada kesempatan press conference ini aku juga menyempatkan diri untuk bertanya terkait memang dengan trend Mama Millenial di Indonesia yang kerap kali melakukan vaksinasi baby nya ke Luar Negeri. Yang aku tanyakan apakah RS yang mendukung MHTC Expo ini juga memiliki paket-paket menarik terkait imunisasi tersebut? karena memang ada beberapa vaksin baru yang belum masuk ke Indonesia ataupun kalau ada terkadang harga nya mahal jadi suka kepikiran sekalian aja vaksin di luar negeri sambil jalan-jalan, hehehe.

Biasa nya kalau vaksin di LN kita akan spare waktu 2 hari di hari terakhir visit kita untuk melakukan vaksin dan istirahat pemulihan. Aku sudah pernah ke Penang  murni untuk liburan bukan berobat namun memang saat ke sana banyak sekali wisatawan dari Indonesia yang tujuan nya memang untuk berobat. Nah, MHTC melihat ini sebagai opportunity yang sebenar nya bisa lebih di tingkatkan lagi sehingga bukan hanya fasilitas kesehatan di Penang saja yang di kenal oleh masyarakat Indonesia tetapi juga bagian lain dari negara Malaysia.

End-To-End Service MHTC

Mengusung pelayanan paripurna end-to-end service, MHTC ingin para wisatawan kesehatan Indonesia menikmati perjalanan end-to-end bebas hambatan yang berkualitas tinggi dan terjangkau. Jadi mulai dari awal book via Whatsapp (WA) sampai kembali lagi ke Indonesia, MHTC akan mengawal semua proses nya. Sistem perawatan kesehatan Malaysia di atur secara ketat oleh Kementrian Kesehatan Malaysia melalui Private Healthcare Service Act (1998) yang mengedepankan keselamatan pasien serta biaya perawatan yang terjangkau. Jadi kalau kamu pesan perjalanan kesehatan melalui MHTC, kita akan menerima rincian estimasi biaya detail dari mereka. Mulai dari akomodasi, transport sampai biaya pengobatan yang akan kita siapkan.

Cik Yazmin juga menyampaikan bahwa kendala bahasa bila berobat ke Malaysia tidak akan menjadi issue karena seluruh dokter di RS rekanan MHTC menguasai bahasa dengan baik, kalaupun logat menjadi kendala, mereka punya translater yang akan menemani setiap sesi pengobatan kita dan ini NO CHARGES alias GRATIS.

Contoh kecil tapi penting sekali menurut aku adalah ini :

Bila kamu booking pelayanan kesehatan melalui MHTC dan menceritakan kondisi pasien secara detail. Mereka akan arrange perjalanan itu senyaman mungkin, mulai dari airport mereka akan menyediakan kursi roda, lalu penjemputan di airport malaysia dengan taksi yang berfasilitas atau bisa mengangkut kursi roda. Advice lokasi penginapan yang terdekat dengan lokasi RS sampai wisata kuliner di sekitar RS nya 🙂

Yupp makanan malaysia memang taste nya sangat bisa masuk ke lidah kita jadi jangan kuatir, tidak akan ada kendala makanan kalau berobat di sini. Bayangin donk kalau kita harus menemani keluarga berobat misal nya selama 2 minggu lalu di negara tersebut makanan pokok nya bukan nasi, duhh mana bisaaaa 2 minggu aku tidak kena nasi bisa uring-uringan, yang ada aku nya malah jatuh sakit lagi :D. Selain itu kesamaan root (rumpun) dan muslim majority membuat masyarakat Indonesia pasti nya akan merasa nyaman, will be feel like at home.

Kualitas Dokter & Reputasi RS Malaysia

Sebagian besar dokter-dokter spesialis di Malaysia adalah lulusan luar negeri terutama negara maju seperti US atau Europe. MHTC juga menyampaikan bahwa Malaysia acap kali menerima International Reward seperti “Highly Commended – Helath & Medical Torism : Destinatation of The year – Malaysia tahun 2018 & 2019 – ; Best Country in The World for Healthcare dari International Living (Global Retirement Index 2015 – 2109), dan masih banyak lagi. Jadi kepikiran masa tua mau di sana, hehehe

Pada kesempatan ini, MHTC juga memperkenalkan dr Enggang (dari burung khas negara mereka, enggano) sebagai ikon dari MHTC

So tidak usah berfikir panjang lagi, buruan main ke The Forum Mall Kelapa Gading 3 sekarang juga dan cari tahu keseruan booth mereka di sana. Explore semua penawaran di sana, mulai dari fertility treatment, pemeriksaan kesehatan, kardiologi, onkologi, wellness (kebugaran) sampai orthopedi ada semua, Jangan lupa ikut keseruan setiap booth karena mereka juga banyak bagi-bagi souvenir loh 🙂

Untik detail informasi juga bisa kamu dapatkan langsung di web nya www.malaysiahealthcare.org atau langsung hub +603 272 68 688 khusus untuk luar Mayasia. Jangan lupa follow juga facebook dan juga instagram nya untuk mendapatkan update informasi terkini terutama terkait dengan event dan promo-promo Malaysia Healthcare.

Thank you for stop by dan salam sehat selalu!

Salam @vibrievb

5 Comments Add yours

  1. MHTC sebagai salah satu layanan publik bidang kesehatan, bikin event keren ya di Jakarta patut di apresiasi. Semoga next rumah sakit di Indonesia juga bisa menyelenggarakan kegiatan serupa.

  2. Julia says:

    Dulu hanya Penang yang jadi destinasi pengobatan medis. Sekarang lebih terpusat dan beragam produk pengobatan medis di Malaysia.

  3. Wah.. aku baru tahu, sebaik itu ternyata penawaran yg diberikan mom.

  4. Agatha Revindra Widori says:

    Keren ya Mom untuk progam Harapan Dua Garis nya, dan lengkap banget pemeriksaan kesehatan nya tidak sekedar untuk berobat, tapi juga ada pemeriksaan rutin medical check up, vaksinasi baby dan perawatan kecantikan..

  5. Leila says:

    Wah, komplet ya fasilitasnya disediakan buat yang mau ke sana, jadinya sangat memudahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *