NUTRISI UNTUK IMUNITAS SELAMA MASA PANDEMI

Hi Mama semua,
Apa kabar nya di bulan ke 5 di masa pandemi ini? Semoga tetap konsisien menjaga kesehatan keluarga masing-masing dan terus semangat meng update ilmu parenting  Senang sekali beberapa waktu yang lalu aku di undang oleh Nutriclub yaitu Club Parenting dari Nutrilon untuk menghadiri kelas webinar (web seminar via aplikasi online zoom) untuk pengayaan ilmu terkait dengan NUTRISI UNTUK IMUNITAS, KUNCI UTAMA TUMBUH KEMBANG OPTIMAL.

Di masa pandemi ini kebutuhan nutrisi untuk imunitas tubuh anak-anak memang harus di perhatikan agar anak-anak tidak mudah sakit yang bisa menghambat tumbuh kembang nya. Asupan nutrisi yang tepat bisa membantu mencegah anak terkena berbagai penyakit. Nah pertanyaan nya adalah, apa saja jenis nutrisi yang harus diberikan pada anak?

Di sesi webinar ini Tim Ahli dari Nutriclub akan memberikan ilmu terkait serta tips-tips terkait nutrisi untuk peningkatan imunitas.
Ada 2 narasumber Ahli yang di hadirkan yaitu :
1. Dr.dr. Ariani Dewi Widodo, SpA (K) seorang dokter spesialis anak Konsultan Gastrohepatologi
2. Prof. Dr. Yvan Vandeplas, Head of Department of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel

IMUNITAS UNTUK MENDUKUNG TUMBUH KEMBANG ANAK
Sesi pertama online talkshow ini di isi oleh Dr.dr. Ariani Dewi Widodo, SpA (K). Aku sudah cukup familiar dengan dr Ariani yang memang sering sekali menjadi rujukan dokter anak terutama terkait dengan nutrisi atau masalah yang berhubungan dengan gastrohepatologi pada anak.

Dr Ariani menyampaikan bahwa Anak yang sering jatuh sakit, bisa terganggu dari proses tumbuh kembang yang optimal. Itu sebabnya, penting untuk memperhatikan imunitas anak yang dapat membantu menjaga kondisi kesehatannya tetap prima.

Sistem imunitas atau sering juga disebut kekebalan tubuh, merupakan pertahanan tubuh menghadapi organisme dan kuman-kuman berbahaya. Sistem imunitas merupakan hasil kerjasama dari rangkaian sel, jaringan, protein, dan organ tubuh.

Nutrisi berperan dalam Pembentukan dan Pematangan dalam sistem imun Anak. Nutrisi ini terbagi atas 2 yaitu Nutrisi Makro dan Nutrisi Mikro. Secara garis besar, pengelompokkan nutrisi penting bagi tubuh ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Makronutrisi, adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar, diantaranya karbohidrat, lemak dan protein. Makronutrien bertanggung jawab untuk menyediakan energi (kalori) yang sangat penting untuk tubuh.
  2. Mikronutrisi, adalah nutrisi yang diperlukan dalam jumlah kecil. Keberadaannya sangat penting untuk fungsi normal tubuh, yaitu untuk mengaktifkan banyak reaksi kimia di dalam tubuh. Yang termasuk mikronutrisi adalah mineral dan vitamin. Kekurangan nutrisi yang baik ini bisa menyebabkan stunting pada anak yaitu merupakan salah satu kondisi anak mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan di awal kehidupannya yang bisa jadidisebabkan oleh asupan nutrisi yang buruk.  Di Indonesia sendiri kasus stunting masih sangat tinggi loh Moms walaupun memang trend nya sudah mulai landai menurun.

Di bahasan kali ini aku lebih mau menyorot tentang mikronutrien yah Moms karena biasa nya memang anak-anak kekurangan zat gizi jenis ini. Mikronutrien ini terdiri dari Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin C serta Zinc.

Vitamin & Mineral ini akan bekerja sinergis dimana akan berperan dalam mendukung daya tahan tubuh atau sistem imun dalam mencegah terjadi berbagai infeksi penyebab penyakit. Sedangkan peran utama zinc adalah untuk mendukung tumbuh kembang anak yang normal untuk mengurangi dampak dari stunting.  Zinc berperan penting untuk sintesis RNA dan DNA dan juga masih berhubungan dengan metabolisme vitamin A.

Selanjut nya topik yang akan di sampaikan oleh dr Ariani akan berkaitan erat dengan topik yang di angkat oleh Prof Yvan yaitu tentang Mikrobiota Usus

Mengapa Mikrobiota Usus Penting?
Kata mikrobiota mewakili group mikroorganisme yang berada di lingkungan yang telah ditetapkan sebelumnya, seperti di permukaan atau lapisan dalam kulit (mikrobiota kulit), mulut (mikrobiota oral), usus (mikrobiota usus), dan sebagainya.

Nah, Usus yang sehat mengandung komposisi yang seimbang dari mikroba usus yang bermanfaat bagitubuh. Mikrobiota usus ini awal nya di sebut juga sebagai flora usus. Berikut adalah fungsi penting dari Mikrobiota usus yang berhasil aku sari dari keterangan dr Ariani dan Prof Yvan:

  • mikrobiota membantu dengan produksi beberapa vitamin (B dan K).
  • mikrobiota membantu kita memerangi agresi dari mikroorganisme lain, menjaga keutuhan mukosa usus.
  • mikrobiota memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh, melakukan efek penghalang.
  • Mikrobiota usus yang sehat dan seimbang adalah kunci untuk memastikan fungsi pencernaan yang baik. mikrobiota membantu tubuh untuk mencerna makanan tertentu yang belum dapat dicerna oleh lambung dan usus halus.

Perkembangan Mikrobiota Usus ini di mulai sejak lahir sehingga proses kelahiran normal dan cesar cukup berpengarauh dalam menentukan awal pembentukan mikrobiota usus bayi menurut dr Ariani. Anak yang lahir normal akan mulai terpapar dengan bakteri baik Ibu nya saat proses melahirkan melalui vagina dan ini bisa membentuk awal mikrobiota usus nya.

Komposisi mikrobiota kita berkembang sepanjang hidup kita, dari lahir hingga usia tua, dan merupakan hasil dari pengaruh lingkungan yang berbeda. Keseimbangan mikrobiota usus dapat dipengaruhi selama proses penuaan dan, akibatnya, lansia memiliki mikrobiota yang jauh berbeda dengan orang dewasa yang lebih muda.


Apa beda nya Probiotik dan Prebiotik?

Probiotik (yang berarti “for life”) adalah jenis dari bakteri baik. Organisme ini hidup di dalam usus dan memiliki manfaat kesehatan. Bakteri baik ini bisa kita dapatkan dari makanan, minuman, atau suplemen. Lactobacillus dan Bifidobacterium merupakan dua contoh bakteri probiotik yang paling umum.

prebiotik adalah makanan (biasanya makanan tinggi serat) yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. Singkatnya, probiotik adalah bakteri baik sedangkan prebiotik adalah asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik tersebut.


FOS (Frukto Oligosakarida) dan GOS (Galakto Oligosakarida) adalah 2 jenis oligosakarid. Oligosakarida sendiri adalah sejenis karbohidrat yang secara selektif di metabolisme di usus besar sehingga mampu meningkatkan jumlah bakteri baik secara alami di dalam saluran cerna.
Disampaikan oleh Prof Yvan dalam sesi webinar ini, bahwa komposisi FOS:GOS 1:9 dengan kadar yang signifikan (FOS 0.08gr/100 ml : GOS 0.7 gr/100ml) dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Itulah mengapa penting sekali memberikan nutrisi yang mengandung FOS & GOS ini kepada anak-anak selama masa pandemi agar mikrobiota usus nya seimbang sehingga in the end bisa membentuk imunitas tubuh yang maksimal.

Selanjutnya, dijelaskan juga oleh Prof Yvan terkait hasil penelitian dalam GIANT Study yang menjelaskan bahwa anak yang mengonsumsi susu pertumbuhan dengan prebotik lcFOS/scGOS dan n-3 LC PUFA ditambahkan ke dalam susu. Hasilnya adalah anak-anak ini memiliki tingkat infeksi yang lebih rendah loh!

Seperti pepapatah bilang : You are what you eat so kalau anak kita meng konsumsi nutrisi yang tepat dan sehat dari awal maka daya tahan tubuh akan terbentuk maksimal sehingga senantiasa terhindar dari berbagai jenis penyakit dan bisa membuat mendukung tumbuh kembang yang optimal.

Menjalankan aktivitas outdoor tidak akan worry di saat seperti ini bila daya tahan tubuh anak maksimal kita jaga dengan nutrisi yang tepat

Kalian bisa langsung cari tahu mengenai Nutrilon dan juga update informasi mereka langsung di website www.nutriclub.co.id atau follow Instagram mereka di @nutriclub_id yah Moms. Jangan lupa bergabung
dalam Nutriclub ID agar mendapatkan previllege menarik di sana 

Thank you for stop by! @vibrievb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *