PERAYAAN PEKAN ASI DUNIA DI TENGAH PANDEMI

Hi Moms,

Ini adalah minggu yang istimewa karena di mulai pada tanggal 1 – 7 Agustus ini dunia merayakanya sebagai Pekan ASI Dunia atau World Breasfeeding Week 2020.  Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menetapkan tema tahun ini adalah ‘Support breastfeeding for a healthier planet’.

Sebagai Ibu yang masih menyusui anak kedua, aku ingin menyempatkan diri menulis mengenai manfaat ASI dan bagaimana cara meningkatkan kualitas nya, berharap tulisan ini bisa menjadi tempat aku berbagi pengalaman dalam masa-masa menyusui kedua anakku sekaligus membagikan beberapa tips yang sangat bermanfaat untuk peningkatan produksi kualitas ASI kita di keadaan yang cukup sulit saat ini.

Di tengah pandemi yang sedang melanda dunia, tema pekan ASI tahun ini menurut aku sangat relevan mengingat isu lingkungan yang ada menjadi concern kita saat ini. Gagasan tentang pentingnya peran ASI dalam tumbuh kembang serta kesehatan anak merupakan latar belakang di adakan nya Pekan ASI Dunia, hal ini akan terus mengingatkan dan mendukung para orang tua di seluruh dunia dalam mensukseskan pemberian ASI eksklusif untuk bayi, setidaknya selama 6 bulan pertama kehidupan bayi.

Ada pepatah bilang : “Breastfeeding is a mother’s gift to herself, her baby, and the earth.” ASI merupakan yang terbaik. Memberi ASI kepada bayi memberikan manfaat yang sangat besar, tidak hanya bagi bayi tetapi bagi kita sebagai Ibu nya juga.

Tidak mudah memang konsisiten memberikan ASI sampai usia anak kita 2 tahun. Ini aku rasakan sekali dari anak pertamaku, Raindra Alexander dan sakarang Riverain Avana yang masih menyusui di usia nya yang 1,5 tahun. Seperti naik roller coster, naik turun mood bisa sangat dratis. Awal2 lahir sangat happy dengan produksi ASI yang deras dan banyak namun makin ke sini nya… sangat sulit sekali. Produksi mulai menurun dan kualitas juga sangat tergantung dengan nutrisi yang kita konsumsi.

Belajar dari pengalaman anak pertama persiapan menyusui itu bukan di mulai saat baby lahir NAMUN justru saat awal-awal kehamilan terbentuk. Ini yang bisa aku sharing terkait langkah-langkah yang harus kita siapkan untuk menghadapi masa menyusui terutama kalau kamu lahiran di tengah-tengah masa pandemi ini Moms. Penting sekali memperhatikan hal ini mengingat daya tahan tubuh bayi kita di mulai dari asupan ASI yang berkualitas.

  • Memperbanyak informasi laktasi
    Jangan malas mencari tahu atau meng update ilmu seputar laktasi yah Moms. Cara aku adalah bergabung dengan komunitas parenting yang di mana member nya banyak berbagi tips mengenai hal ini. Contoh komunitas yang aku ikuti adalah @smartmumsid
  • Memperhatikan asupan nutrisi
    Selama kehamilan sudah harus terbiasa yah Moms mengkonsumsi makana kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buah an, kacang-kacangan terutama yang mengandung zat besi, kalsium, karbohidrat dan juga asam lemak essential. kalau perlu tambahan kan food suplemen di dalam kebiasaan sehari-hari.
  • Menjaga kebersihan puting
    Ini kadang terlewatkan lohh… padahalpenting sekali mempersiapkan jalan keluar ASI kita ini agar nanti saat masa nya tiba sudah siap. Rajin2 saat mandi di bersihkan dengan air hangat atau alirkan di bawah shower hangat, bersihkan puting dengan washlap bersih atau kalau kamu memiliki jenis puting yang terbelah sehingga bis amenyimpan banyak kotoran harus rajin-rajin yah buang kotoran putih yang kadang nyelip menyumbat.
  • Mempersiapkan Mental
    Sugesti diri kita bahwa ASI adalah HAK BAGI ANAK kita sehingga kita berkewajiban memberikan nya sampai usia 2 tahun. Jaga semangat meng ASI hi ini Moms. Kalau nanti stress melanda, belajar teknik rileksasi dari sekarang, mulai dari pernafasan, pijat laktasi sampai olahraga nya karena faktor stress sangat mempengaruhi produksi ASI kita.
  • Membeli perlengkapan menyusui sesuai kebutuhan
    Kata kunci nya adalah sesuai kebutuhan, jangan kalap yah Moms 🙂 Persiapkan bra menyusui, breast pad, alat pumping (bila di rasa perlu), salep untuk lecet puting, booster-booster ASI seperti suplemen khusus untuk menyusui, apron menyusui dan lain sebagai nya
  • Bentuk Support System
    Its take a village to breastfeed a child. Yess, kamu butuh support system agar sukses dalam memberikan ASI sampai 2 tahun. Bentuk support system yang memadai terutama support dari suami kita. Edukasi suami dengan hal-hal terkait ASI ini. Ajarin bagaiamna dia bisa memberikan pijat laktasi, memabntu mengganti popok di saat tengah malam kita kecapean dan yang selalu menenangkan kita di saat emosi kita naik turun karena pengaruh hormon.

Ada 1 rutinitas yang aku jalani dari awal kehamilan yaitu rutin mengkonsumsi Food Supplement Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold dari PT kalbe Blackmores Nutrition. Aku pilih Blakcmores karena brand ini punya philosophy yang panjang mengenai bagaiman food suplement yang berkualitas di produksi. Blackmores di ambil dari nama Bapak Naturaphaty Australia yang terkenal akan pengobatan alami nya, selain itu Blackmores memiliki pertanian sendiri yang di awasi dengan katat oleh lembaga kesehatan Australia yaitu TGA. bagi aku hal-hal seperti ini penting menjadi pertimbangan kita dalam memilih suplemen untuk Ibu Hamil. apalagi saat Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ini aku bawa saat kontrol dan aku tunjukan ke SPOG ku untuk mendapatkan persetujuan untuk di konsumsi dan beliau sangat menyarankan 😉 Komposisi nya lengkap mengandung nutrisi yang memang di butuihkan secara adequat oleh kita Ibu hamil dan menyusui.

Komposisi Utama Blackmores:

  • Folic acid 200mg
  • Natural Fish Oil 500mg yg terstandarisasi memiliki EPA dan DHA sebagai suplementasi asam lemak essential, ini bagus bangeeet buat mempersiapkan perkembangan otak janin kita
  • Zat Besi 15,7 mg
  • Niasin (vit B1) 7,5mg
  • Vitamin C 30mg
  • Kalsium 300mg jadi kalau sudah konsumsi ini tidak perlu yah Moms konsumsi kalsium lagi, paling tambah dari susu saja
  • dan vitamin2 lain nya dengan total ada 17 vitamin, mineral dan asam lemak essential

Manfaat Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold adalah :

  1. Sebagai nutrisi tambahan untuk mendukung perkembangan janin dan produksi ASI yang lancar
  2. Meningkatkan kualitas ASI agar lebih bernutrisi dan bayi menjadi maksimal dalam berkembang
  3. Meningkatkan kecerdasan kognitif bayi kita karena ada kandungan asam lemak essential nya (EPA & DHA)
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh anak kita, bila ASI yang di hasilkan berkualitas maka daya tahan tubuh anak terutama di masa pandemi ini akan baik terbentuk. Bahkan kandungan vitamin C dan Zinc nya mampu meningkatkan imunitas kita, Ibu nya yang mengkonsumsi.
  5. Sedangkan untuk janin, suplementasi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ini bisa mencegah terjadi nya cacat bawaan atau masalah pertumbuhan janin lain nya

Cara konsumsi nya juga mudah banget, hanya 1 – 2 kapsul setiap hari nya. Bila di rasa konsumsi makanan sehat mu tidak seimbang maka saran aku konsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ini 2 kapsul sehari bisa dengan dosis terbagi. Rutin yah Moms, jangan stop sampai 6 bulan pertama, setelah itu bisa di turunkan dosis nya menjadi 1 kapsul per hari.

Unik nya kapsul Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ini EASY TO SWALLOW jadi bentuk nya oval dan kalau kena air liur jadi licin jadi walupun agak besar tidak akan nyangkut kok di tenggorakan, hehehe. Easy to swallow. Lalu walaupun mengandung minyak ikan cukup tinggi sampai 500mg, kapsul nya tidak berbau amis lohhh so kamu tidak akan eneg mengkonsumsi nya.

Di kemas dalam wadah botol amber yang kedap dan mampu melindungi isi nya dari paparan sinar langsung maupun udara sehingga kapsul nya akan aman tersimpan tanpa teroksidasi dan lengket. Pernah kan beli suplemen lalu kapsul nya seperti lengket gitu? dan harus kamu ketok-ketok botol nya biar terpisah? nah itu tanda nya kualitas kapsul dan bahan baku nya kurang berkualitas tuh, hehehe.

Oh yah satu lagi, hampir keseluruhan vitamin yanga ada di Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold source nya Natural. Vitamin E nya aku baca adalah natural. Happy to know this. Makin percaya dan yakin terhadap suplemen ini. No BPOM nya pun jelas tertera serta expire date nya di setiap botol tercantum dengan jelas.

Terkait tulisan aku mengenai Pekan ASI Dunia 2020 ini dan apa hubungan nya dengan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold bukan hanya karena suplemen ini menjadi favorite aku untuk peningkatan kualitas ASI namun juga karena kepedulian Blackmores dengan turut serta dalam campaign penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara layak bekerjasama dengan Yayasan Bumi Sehat.

Setiap tahun PT Kalbe Blackmores Nutrition telah menyalurkan 12,000 botol Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold di Klinik Bumi Sehat yang ada di 3 kota besar yaitu Denpasar, Aceh dan Papua. I am so proud dengan gerakan ini dan dengan mengkonsumsi rutin Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold aku turut andil dalam membantu pemberian nutrisi untuk para Ibu Hamil & Menyusui di luar sana yang belum seberuntung aku.

Thank You Blackmores sudah begitu peduli dan bertindak nyata. Gerakan ini semakin berati di tengah pandemi yang menyerang. Semoga Ibu Hamil dan Menyusui di luar sana bisa menjaga imunitas nya dengan maksimal bersama Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold . Happy Breastfeed semua Mama yang membaca artikel ini, semoga kita semua sehat dan mampu mengASIhi anak kita sampai 2 tahun nanti.

Jangan lupaa yah follow IG Blackmores di sini @blackmoresid dan kamu bisa mendapatkan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold dengan sangat mudah di seluruh ecommerce terkemuka, apotek dan juga langsung di Store nya KALCARE.

See you around Moms :* @vibrievb

3 Comments Add yours

  1. Leila says:

    Bener banget nih, persiapan sejak awal sebelum melahirkan plus juga kesiapan soal nutrisi juga penting yaa… Biar lebih lancar saat sudah melahirkan dan menyusui.

  2. maya rumi says:

    aq juga minum bm mom vibri dari mulai hamil dan sekarang masih lanjut terus sudah setahun menyusui, paling suka dari bm karena membantu meningkatkan kualitas asi kita untuk si baby

  3. Agatha Revindra Widori says:

    Wahhh pantesan iVy sehat banget ya Mom Vibri, ASI nya berkualitas karena konsumsi Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *