MANFAAT YOGURT UNTUK ANAK HIPERAKTIF

Hai Moms,

Pasti sudah familiar yah dengan Yogurt yahh … sebagai salah satu minuman gaya hidup modern yang bisa mendukung pola hidup yang sehat. Tapi sebelum nya, apakah kalian sudah tahu mengenai asal usul yogurt? Dari beberapa sumber terpercaya yang aku sari Yogurt sendiri adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri, dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yogurt (sumber : wikipedia indonesia)

(foto source from google ; free image)

Yogurt sendiri berasal dari bahasa Turki yaitu Jugurt  / yogurut yang artinya susu asam. Yogurt pertama kali ditemukan secara tidak sengaja di daerah Mesopotamia pada tahun 5000 Masehi (SM). Kunon, para gembala yang membawa susu di dalam kantong yang terbuat dari lambung hewan sebagai  bekal perjalanan, menemukan susu tersebut telah berubah rasa dan aroma nya menjadi asam karena terjadi fermentasi alami (sumber berbagai situs di google.com). Sekarang Yogurt sudah dikenal dan digemari oleh masyarakat dunia, bahkan image yogurt dikenal sebagai makanan sehat dan bergizi yang merupakan sumber probiotik (bakteri baik untuk keseimbagan flora usus dan imunitas tubuh)

Nah, kali ini aku mau ulas sisi lain dari manfaat Yogurt yaitu sebagai minuman penenang untuk anak-anak hiperaktif. Yupp, hal ini tidak sengaja aku ketahui saat aku mengkonsultasikan nutrisi Rain (anak pertamaku) yang terbilang super aktif ke ahli nutrisi tumbuh kembang anak di salah satu RS terkemuka di Jakarta.

Yogurt Favorite di rumah

Di sampaikan bahwa ada hubungan erat antara mikroba yang ada di saluran pencernaan dan persoalan kejiwaan seperti gangguan kecemasan, skizofrenia, dan autisme. Di tahun 2010 ada jurnal ilmiah yang di terbitkan berkaitan dengan hal ini. Nutritional Neuroscience dari The Great Plains Laboratorium menyebutkan, kadar hydroxypropionic acid (HPHPA/ pendamping kimiawi dari bakteri clostridia) jauh lebih tinggi dalam urine anak-anak penyandang autisme.

Penyandang autisme yang diobati dengan antibiotik yang efektif terhadap clostridia, menunjukkan adanya penurunan gejala autisme tersebut. Sehingga di sinyalir pemberian probiotik akan mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat seperti bakteri clostridia ini.

William Shaw Nutritional Neuroscience 2010 Vol 13 No 3: 1-10, (image source from google.com)

Beberapa waktu yang lalu aku juga mengulas detail mengenai hasil webinar aku tentang pemberian probiotik untuk imunitas tubuh di mana salah satu narasumber nya adalah seorang profesor. Di sampaikan juga di seminar tersebut bahwa anak yang lahir caesar memiliki potensi imunitas yang lebih rendah dari anak lahir normal sehinga penting sekali pemberian asupan probiotik melalui nutrisi nya. Dan kebetulan sekali kedua anakku memang semua nya lahir melalui metoda caesar.

Dengan kondisi Rain yang super aktif aku sangat memperhatikan pemberian nutrisi nya, apalagi aku juga tahu bahwa  Zat tambahan pada makanan, pewarna makanan, dan pemanis buatan bisa membuat sistem saraf kelewat aktif.  Hal ini juga sudah di konfirmasi oleh beberapa peneliti dunia mengenai kaitan nya zat pewarna buatan dengan kondisi hyperaktif seorang anak.

My first son : Raindra Alexander (4,4 tahun)

Tahun 2007 University of Southampton, USA melakukan penelitian terhadap anak usia 3 – 9 tahun yang makanan nya sering terpapar dengan pewarna buatan atau pengawet natrium benzoat (atau kedua nya) dan hasil studi nya menyimpulkan bahwa kedua zat dalam) dalam makanan ini bisa menyebabkan peningkatan hiperaktif. Detail kalian bisa lihat jurnal nya di link ini https://www.southampton.ac.uk/news/2007/09/hyperactivity-in-children-and-food-additives.page

Hal ini menyebabkan Uni Eropa mengeluarkan undang-undang pada tahun 2010 yang mewajibkan makanan dan minuman untuk mencantumkan label peringatan jika mengandung salah satu dari 6 pewarna sintetis berikut: tartrazine, quinoline yellow, carmoisine,sunset yellow , ponceau 4R dan allura red. Sebenar nya khas kok makanan yang menggunakan pewarna sintetis ini, rata2 mereka akan berwarna sangat terang dan menarik.

Mmhh, mengerikan yah Moms… kalian harus benar2 jeli ngecek label makanan atau minuman yang kalian berikan ke anak2.

MENGENAL HEAVENLY BLUSH YOGURTO

Balik ke pembahasan Yogurt di atas yang bisa menjadi calming nutrition untuk anak-anak hyperaktif, aku mau mengenalkan HEAVENLY BLUSH YOGURTO rasa Blackcurrant ini untuk pilihan yogurt siap minum untuk anak-anak.

Heavenly Blush dibuat dengan warna-warna alami dari sumber alami, tidak seperti pewarna buatan

yang dibuat dengan minyak bumi yang berasal dari bahan kimia. Sumber warna alami termasuk

tanaman, mineral dan sayuran seperti wortel, bit merah, ubi jalar, spirulina dan banyak lagi. Jadi warna ungu muda dari HEAVENLY BLUSH YOGURTO rasa Blackcurrant ini 100% di peroleh dari sumber alami semua.

Tekstur HEAVENLY BLUSH YOGURTO ini light liquid, cair dan merupakan alternative minuman untuk mendapatkan kenikmatan dan kebaikan yogurt. Rasa nya ringan, perpaduan manis dan asam yogurt yg khas di jamin akan di sukai oleh anak-anak. Ini juga merupakan sumber serat loh jadi kalau ada anggota keluarga yg mengalami konstipasi bisa di bantu dengan mengkosumsi HEAVENLY BLUSH YOGURTO setiap pagi secara rutin bersamaan dengan sarapan.

HEAVENLY BLUSH YOGURTO selain sumber serat juga tinggi kalsium, rendah lemak, lebih rendah gula .. serat nya adalah jenis serat pangan larut (inulin) yang dapat membantu memelihara fungsi pencernaan tetap sehat dan menjaga keseimbangan flora usus. Ini adalah sumber probiotik. Dengan kemasan kombinasi karton yang ramah lingkungan, produk ini kemas secara aseptik sehingga terjamin keamaanan dan kualitas isi nya.

Kalau kalian pencinta yogurt pasti kalian sepakat dengan aku bahwa HEAVENLY BLUSH YOGURTO  rasa Blackcurrant ini benar-benar premium rasa nya. Wellness Yogurt Spesialist sesuai dengan tagline produk ini.

HEAVENLY BLUSH YOGURTO bisa kalian peroleh dengan sangat mudah di seluruh ecommerce terkemuka, supermarket di sebelah rumah mu dan di seluruh hypermarket besar. Jangan lupa yah follow akun instagram di @heavenlyblushyogurt untuk mendapatkan update informasi dan program-program keren di sana.

Selamat minum Yogurt!

Xoxo @vibrievb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *