JANGAN REMEHKAN NYERI HAID

Hi Hai,

Apa kabar semua nya? semoga sehat selalu yaaa.. atau malah sedang moody nih karena lagi datang bulan? Yang bikin sakit gak enak di area sekitar perut bagian bawah kita biasa nya. Di sini ada yang haid nya tidak teratur? atau kalaupun teratur sering alami PMS ( pre menstrual syndrome ) atau kumpulan gejala-gejala nyeri haid?

Biasanya, menstruasi wanita berlangsung selama dua hingga tujuh hari dan PMS terjadi lima hingga 11 hari sebelum masa menstruasi berlangsung. Menstruasihaid atau datang bulan sendiri menurut Wikipedia adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada wanita, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopouse. Siklus ini berjalan sekitar 4 minggu, dimulai sejak hari pertama menstruasi, hingga hari pertama menstruasi berikutnya tiba.

Dulu saat kuliah Apoteker, aku ingat sekali penjelasan dosen fisiologi manusia ku yang menjelaskan bahwa umumnya siklus haid seorang wanita itu di kisaran 500x jadi semakin muda usia kita pertama kali mendapat haid maka semakin cepat kita menopouse. Jadi misal nya kita haid dulu di usia 13 tahun maka sekitar usia 54 – 55 akan mengalami menopuse. Namun masa menopouse ini bisa lebih cepat datang seiring dengan permasalahan hormonal yang kita miliki.

Walaupun kadang saat haid datang itu adalah masa-masa yang tidak menyenangkan tapi kalau dengar kata menopouse lebih seram lagi yah 😀

Dalam siklus menstruasi, perubahan kadar hormon dalam tubuh wanita akan terjadi. Berubahnya jumlah hormon bisa memengaruhi fisik dan emosi, yang dapat muncul beberapa hari sebelum menstruasi. Gejala ini disebut sindrom pramenstruasi atau premenstrual syndrome (PMS). Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala yang dapat terjadi pada saat masa menstruasi (source : wikipedia) :

  • Perut terasa mulas, mual dan panas.
  • Terasa nyeri saat buang air kecil.
  • Tubuh tidak fit.
  • Demam.
  • Sakit kepala dan pusing.
  • Keputihan.
  • Radang pada vagina.
  • Gatal-gatal pada kulit.
  • Emosi meningkat.
  • Nyeri dan bengkak pada payudara.
  • Bau badan tidak sedap.
  • Suara kurang menarik.
  • Muncul Jerawat di wajah

Dari gejala di atas, kalian biasa nya bisa mengalami berapa gejala nih Moms? kalo aku yg pasti emosi meningkat dan kram perut, hehehe

Pada beberapa wanita, gejala PMS ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga memaksa kita yang mengalami PMS berat untuk beristirahat bahkan bisa sampai minta cuti bekerja di hari pertama kita haid. Akan tetapi terlepas dari seberapa parah gejala PMS yang diderita, gejala-gejala tersebut akan mereda setelah sekitar 4 hari biasa nya.

Selama periode menstruasi ini tetap konsisten, kita sebetulnya tidak perlu merasa khawatir Mom. Namun, harus tetap waspada jika mengalami perubahan pada siklus menstruasi bulanan. Kondisi yag harus memerlukan penanganan khusus adalah bila datang haid tidak lancar yah Mom dan di sertai dengan nyeri haid yang berat setiap bulan nya. Karena dari beberapa literatur yang aku baca nyeri haid bukanlah hal biasa saja. Penelitian menunjukan bahwa 62% perempuan yang mengalami nyeri haid memiliki endometriosis dengan derajat yang berbeda-beda (source : dr Ferry Darmawan SpOG – Klinik Bocah Indonesia).

Aku termasuk yang cukup lancar datang haid nya, siklusku bisa di tebak dengan mudah, paling hanya meleset maju atau mundur sekitar beberapa hari dari tanggal bulan sebelum nya. Karena memang aku rutin konsumsi beberapa herbal drink yang di peruntukan untuk menjaga kesehatan wanita. Ini salah satu warisan ilmu yang aku dapatkan dari Alm Mamaku di tambah lagi pengetahuanku sebagai seorang farmasi memungkinkan aku cukup terpapar dengan baik beberapa manfaat tumbuhan alami untuk menjaga siklus haid kita secara teratur datang.

MENGENAL HERBADRINK KUNYIT ASAM

Kunyit adalah jenis tumbuhan rimpang Indonesia yang memang sudah terkenal memiliki sejuta manfaat. Kandungan utama kunyit adaalh Cucurmin. Zat aktif ini bekerja sebagai anti oksidan alami dan anti anflimasi (peradangan) yang mampu membantu mengatasi yeri haid dan membantu melancarkan siklus haid kita. Kunyit memiliki aktivitas estrogenik yang serupa dengan salah satu hormon seks wanita yang penting dalam siklus menstruasi, yakni estrogen. Inilah mengapa kunyit di anggap bisa membantu wanita dalam menghadapi gangguan menstruasi (sumber : National Center for Biotechnology Information). Kunyit sebagai sumber estrogen yang baik untuk wanita bisa bertindak sebagai fitoestrogen. Selain itu, kunyit memiliki sifat emmenagogue yang menstimulasi aliran darah di area panggul dan rahim.

Walapun nyeri haid ku datang nya lancar namun di hari pertama dan kedua adalah masa-masa menyiksa aku di mana akan terasa sekali kram perut dan tidak nyaman di bagian bawah sana. Nah, biasa nya kalau sudah begini aku langsung minum Herbadrink Kunyit Asam hangat sehari 1x saja. Kunyit yang memiliki sifat antispasmodik membantu meredakan gejala premenstrual syndrome atau PMS seperti kram perut atau nyeri haid.  Dulu sebelum mengenal Herbadrink Kunyit Asam mengkonsumsi minuman kunyit sungguh butuh effort, bikin tangan kuning dan rasa nya pun tidak menyenangkan. Belum lagi hasil cucurmin di dalam sediaan yang kita buat sendiri tidak terstadarisasi apakah adequat atau tidak dosis nya.

Beruntung sekali di jaman now ini sudah ada Herbadrink Kunyit Asam yang super praktis dengan rasa kunyit asam yng enak untuk membantu melancarkan haid dan menghilangkan gejala-gejala PMS yang menyertai nya.

Herbadrink Kunyit Asam ini mudah sekali di dapatkan, langganan aku biasanya beli di Supermarket Superindo di dekat komplek ku. Harga nya juga tidak mahal. 1 box isi 5 sachett cukup untuk di konsumsi selama period ku datang. Keunggulan dari Herbadrink Kunyit Asam dari pengalaman aku mengkonsumsi nya selama bertahun-tahun ini adalah :

  1. Super praktis, aku tidak perlu gerus-gerus kunyit lagi sehingga tangan juga tidak kotor dan anytime mau aku konsumsi tinggal seduh aja dengan air hangat atau dingin
  2. Kandungan cucurmin nya juga jelas & terstandarisasi, sudah ada NO BPOM nya. Memiliki logo halal MUI yang arti nya telah tersertifikasi halal di mana proses pembuatan nya sudah melalui kaidah islam
  3. Dalam 1 sachet berat nya 25gr berbentuk serbu yang mudah larut bahakan dalam air dingin sekalipun
  4. Rasa nya ENAK! manis nya PAS, rasa asam nya juga PAS … seger banget beneran habis minum ini
  5. Selain bisa membuat mood aku bagus kalau lagi haid, Herbadrink Kunyit Asam juga bisa menghilangan bau badan lohh… beneran, badan juga jadi enak wangi nya dan yang pasti mengandung antioksidan kuat jadi bagus buat kulit.
  6. Last but not least, Herbadrink Kunyit Asam ini MUDAH di dapatkan. Selain ada di supermarket dekat rumah juga bisa beli di official store nya di Shopee, Tokopedia, Lazada, BliBli dan eCommerce lain nya

Konsumsi rutin yah Moms, aku biasa nya 1 hari menjelag datang haid sudah minum 1x sehari. Kalau badan lagi semriwing tidak enak aku juga sering konsumsi jenis Herbadrink yang lain yaitu Herbadrink Wedang Uwuh. Ini bisa membantu kita menghangatkan badan dan meredakan masuk angin. Herbadrik Wedang Uwuh ini minuman adalan aku kalau habis berenang seharian, badan jadi hangat lagi dan di jamin tidak akan masuk angin 🙂

Varian Herbadrink sebenarnya banyak yah Moms, super lengkap! Selain 2 yang aku sebut di atas ada juga Herbadrink Chrysanthenum (ini seperti teh chrysan, wangi banget!), Herbadrink Kopi Ginseng, Herbadrink Sari Temulawak, Herbadrink Sari Jahe, Herbadrink Beras Kencur dan Herbadrink Kunyit Asam Sirih Plus Madu. Kalian bisa juga follow official Instagram Herbadrink di sini yah, klik aja ini @herbadrink karena di sana banyaaak sekali informasi berguna terkait kesehatan dan promo-promo Herbadrink loh dan jangan lupap mampir ke website nya di www.herbadrinknatural.com.

Thank you for stop by di tulisan aku kali ini yah Moms, semoga bisa menjadi tambahan wacana kita dalam mengatasi haid yang tidak terartur serta gejala PMS lain nya sperti nyeri haid. Sampai berjumpa di next capture :* xoxo, @vibrievb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *