MEMASAK LAYAKNYA PROFESSIONAL DI RUMAH

on

Bagi sebagian Moms, memasak mungkin merupakan hobby dan passion, bahkan mungkin walaupun bukan hobby tetapi tuntutan untuk bisa memasak yang enak seperti sudah menjadi tanggung jawab kita.

Namun memang PR banget yah bagaimana menyediakan masakan enak apalagi masakan sekelas resto setiap hari di rumah, bagi saya kadang mumet juga mikiran menu apa yang hari saya siapkan today. Nah, untuk itulah saya happy banget saat C-Channel Community mengajak saya untuk melihat Cooking Demo bersama Oxone di Mall Pantai Indah Kapuk akhir April lalu.

Sebelum aku share resep-resep apa saja yang di pelajari saat melihat cooking demo ini, aku mau cerita dulu tentang sponsor acara today yang sangat menarik perhatian.

DSC_0755 [1280x768]about-oxone

Oxone Homemade with love

Mungkin sudah tahu yah bahwa Oxone adalah brand lokal yang meyediakan peralatan dapur dan rumah tangga berkualitas sejak tahun 2001. Dengan produk nya yang lengkap dan terjangkau Oxone di dedikasikan untuk koki rumahan, dan Ibu Rumah Tangga yang senang memasak dan memanggang. Dalam rangka ingin lebih mendekatkan diri dengan para pelanggan setia nya, Oxone mempersembahkan “Oxone Homemade with Love” yaitu sebuah campaign yang mempunyai misi ingin memberdayakan wanita, keluarga, dan Ibu Rumah Tangga untuk bisa memasak layaknya Professional di rumah.

image1 (2)

Wow, seru banget yah campaign ini. Serasa gayung bersambut dengan kebutuhan ku. Memasak dengan passion, its mean dengan Love adalah inti dari campaign ini. Oxone mendukung masakan rumahan, dengan memasak di rumah adalah pilihan terbaik seorang Ibu dan Keluarga nya, selain untuk gaya hidup yang lebih sehat juga dapat mendorong kebersamaan dalam keluarga.

Kebayang yah kalau kita masak sambil di bantuin sama si kecil, pasti hasil nya akan jauh lebih enak dan berkesan.

Acara yang berlokasi di Mall favorite ku karena dekat rumah ini yaitu di Mall PIK Avenue pada tanggal 17 – 22 April merupakan kali ke-4 diselenggarakan, dimana sebelumnya sudah pernah diselenggarakan di Mall Pluit Village. Grand Metropolitan Bekasi dan Pakuwon Mall surabaya.

DSC_0748 [1280x768]DSC_0747 [1280x768]

Di acara ini Oxone menampilkan chef-chef ternama di sub bidang spesialis nya. Dan pada kesempatan kali ini aku berkesempatan mengikuti sesi Cooking Demo yang di gawangi oleh Chef Eddrian Tjia yang merupakan spesialis di masakan nusantara terutama masakan dari daerah Bangka.

DSC_0762 [1280x768]

Ada 3 resep yang di demokan oleh Chef Eddrian yaitu Lempah Kuning, Bujan dan Jus Sehat ala Oxone. Well, aku sudah 2 kali ke bangka dan memang jatuh cinta dengan citarasa masakan mereka yang benar-benar membuat lidah menjadi kaya rasa. Namun aku belum pernah nih dengar makanan nama nya Bujan. Penasaran banget.

Oh iya, Chef Eddrian tidak sendiri sebagai assitant memasak nya kali ini Oxone juga mengajak Michelle Pangemanan seorang youg influencer yang hobi banget masak dan hidup sehat.

Yukk mari kita mulai memasak

Menu pertama adalah Lempah Kuning. Sebagai daerah kepulauan, Bangka memng kaya sekali dengan makanan seafood, satu yang terkenal adalah si Lempah Kuning ini. Lempah kuning adlaah makanan sehari-hari yang umum sekali kita temui, menu gulai ikan ini menggunakan nenas muda manis yang menurut aku mirip dengan tom yam dari thailand, cita rasa nya gurih asam yang menyegarkan.DSC_0744 [1280x768] DSC_0741 [1280x768]

Cara memasak nya ternyata mudah loh, here are step-tep nya :

Siapkan bumbu halus

Terasi kualitas baik, bawang merah, bawang putih, lengkuas dan kunyit di haluskan dengan menggunakan blender atau ulekan. Pastika halus yah Moms agar tekstur kuah nya nanti tidak banyak ampas. Sambil kita haluskan bumbu, kita sudah merebus air panas hingga mendidih di kompor.

Bahan Utama yang disiapkan

Ikan tenggiri atau ikan laut lain nya yang di suka

Nenas madu potong sesuai selera

Air asam jawa Cabe rawit merah utuh

Setelah air rebusan mendidih, masukan bumbu halus sampai air mendidih kembali. Lalu masukan potongan nanas sampai setengah empuk, di susul dengan air asam jawa dan ikan tenggiri nya bersama cae rawit ke dalam nya. Koreksi rasa dengan memberikan garam secukup nya. Untuk penyedap rasa nya sendiri tidak perlu di tambahkan lagi karena rasa nya sudah sangat gurih karena dari terasi dan bumbu halus yang di campurkan.

Selama memasak lempah kuning, Chef Eddrian menggunakan produk andalan Oxone Ceramic Stove dan Oxone Cast Iron Series. Oxone ceramic stove adalah kompor gas portable yang memiliki design elegan dan mewah, terbuat dari stainless steel dengan alas rata sehingga cocok untuk semua ukuran panci.

Yang paling menarik perhatian ku adalah rangkaian Oxone Cast Iron yaitu panci berlapisakan baja yang mampu membuat amsakan cepat matang sempurna karena panas nya merata dan tahan lama. Tehnik memasak dengan panas yang merata ini merupakan kunci agar masakan kita tidak mudah basi. Design nya juga mewah dengan warna merah hati yang aku suka. Karena ini terbuat dari baja maka saat kita pegang memang sedikit agak berat.

DSC_0746 [1280x768]

Hanya memakan waktu sekitar 20 menit, masakan lempah kuning Chef Eddrian sudah jadi dan di berikan ke kita untuk mencoba nya. Ini penampakan nya.

Soal rasa/ wahh gak usah komen, beneraaan enak banget. Seger! Malam-malam di tengah mall yang dingin lalu di sediakan sop ikan lempah kuning, terasa pas sekali. Perut langsung hangat. Oia, kunci enak di masakan ini adalah terasi nya yah, harus pastikan terasi yang digunakan adalah terasi berkualitas.

DSC_0768 [1280x768]

Resep kedua adalah BUJAN yang bikin aku penasaran

Ternyata Bujan itu sejenis otak-otak namun berbahan dasar talas dan ikan. Ini cemilan yang mudah sekali di jumpai di keseharian masyarakan bangka. Cara membuat nya mudah, parut talas kalimantan (jenis talas yang digunakan oleh chef eddrian) menggunakan Oxone Salad Slicer. Lalu campurkan dengan ikan tenggir yang sebelum nya sudah di haluskan dengan blender oxone.

Dalam pencampuran parutan talas & ikan tenggiri masukan bawang putih halus dan sedikit taoco asin untuk memperkuat rasa. Nah, kali ini Chef Eddrin menggunakan penyedap rasa dari jamur, pas banget aku lagi punya stok nya juga.

Aduk terus adonana sampai kalis sambil sediki-sedikit di berikan tapung topiaka lalu kita bentuk dengan sendok bulat-bulat seperti kalau kita membuat perkedel. Goreng dalam minyak panas samapi diperoleh warna cokelat keemasan.

Penyajian nya bisa dengan cuka merah atau sambal atau dengan saos asam manis. Enak loh rasa nya, ini favorite banget kmearin, sampai berkali-kali aku ambil nya 😀

DSC_0773 [1280x768] DSC_0774 [1280x768]

Jus Sehat Oxone bersama Michele

Tadi kan sempat aku sounding tuh, kalau Chef Eddrian selama masak di temani oleh Michelle yaitu seorang penggiat makanan sehat. Nah, kali ini Michelle share tips membuat juice sehat menggunakan Oxone Mater Slow Juicer yang merupakan salah satu produk terbaru nya Oxone.

DSC_0770 [1280x768]

Bahan juice nya hanya 2 yaitu Apel dan Wortel. Mudah sekali melihat cara membuat nya. Apel tidak perlu loh di potong-potong langsung aja masukin utuh ke juicer nya, muat! Juicer ini mampu memisahkan sari buah dengan ampas nya secara maksimal. Kita tidak perlu menambahkan air lagi. Langsung saja hanya buah nya. Sari buah yang di dapatkan maksimal sekali karena aku cek ampas nya benar-benar keluar dalam keadaan kering.

Wow sehat sekali yah jadi nya, pure yang kita minum adalah sari buah tanpa tambahan air atau gula atau susu. Sehat banget.

Yang paling menarik adalah cara membersihkan juicer ini yaitu tanpa harus kita pretelin satu-satu dan cuci. Cukup masukan air mineral dan pencet tombol membersihkan nya, maka juicer ini akan membersihkan dirinya sendiri secara otomatis. Keren yahhh. Buat Mommy tanpa nanny seperti aku ini adalah feature yang menolong aktivitas ku banget, aku bisa saving banyak waktu dan tenaga bila menggunakan produk-produk Oxone dan yang pasti nya hasil masakan ku akan seperti layak nya masakan chef profesional di restaurant terkenal. Kebayang makin di sayang keluarga ^^

DSC_0737 [1280x768] DSC_0735 [1280x768]

Well, beberapa produk Oxone di atas sudah masuk wish list ku semoga soon bisa terwujudkan aku miliki. Aminnn.

Jangan lupa yah Moms untuk follow IG @oxoneonline supaya kamu bisa update mengenai jadwal cooking demo Oxone dan aktifitas seru Oxone lain nya. Sampai berjumpa.

 

 

 

Xoxo,,

VibrieVb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *