MORINAGA CHILKID SOYA BUAT YANG ALERGI SUSU SAPI

Raindra alexander Hutabarat (2 years old)

Di saat mengetahui buah hati kita ternyata alergi terhadap susu sapi pasti Mommies semua sedih yah karena kepikiran bagaimana nih supply nutrisi buat tumbuh kembang nya agar maksimal nanti.

Namun, sebelum aku mau share pengalamanku terkait dengan Rain yang alergi susu sapi, aku mau tanya dulu nih… Mommies semua di sini pasti kan sering dengar istilah intoleransi laktosa. Nah, apakah Mommies aware kalau intoleransi laktosa itu berbeda dengan alergi susu sapi? Kedua nya memang memiliki gejala yang hampir sama. Tapi, ternyata mereka serupa tetapi tidak sama loh.

Apa sih Alergi Susu Sapi?

Dari hasil aku googling ke situs terpercaya (wikipedia.id dan buka buku-buku kuliah farmasi dulu), Alergi susu sapi adalah respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh terhadap susu dan produk olahan susu sapi. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh anak salah menginterprestasikan kandungan protein di dalam susu sebagai substansi yang berbahaya, sehingga memicu reaksi alergi dan mempengaruhi banyak organ di dalam tubuh.

Gejala yang umum langsung terjadi adalah mual, sesak nafas dan muntah. Setelah beberapa menit barulah gejala alergi berkembang menjadi diare, kram perut, gatal pda kulit, grok grok pada saluran pernafasan, bengkak pada bibir dan beberapa gejala lain nya. Dan di kasus tertentu dari yang aku baca, reaksi alergi yang parah bisa menimbulkan reaksi anafilaksis yang bisa mengancam jiwa anak kita. Hikss seram yah Moms.

Ini reaksi alergi susu sapi yang pernah di alami oleh Rain dulu

Kalau Intoleransi Laktosa arti nya apa?

Ini adalah kondisi dari ketidakmampuan anak kita dalam mencerna laktosa, yaitu gula yang terdapat pada susu dan hasil olahan nya karen atubuh tidak dapat memproduksi enzim laktase yang cukup untuk mencerna laktosa tadi. Tingka intoleransi laktosa setiap anak berbeda-beda, tergantung dari jumlah enzim laktase yang mampu di produksi oleh sistem pencernaan masing-masing.

Gejala intoleransi laktosa yang paling utama adalah melibatkan saluran pencernaan seperti sakit perut, diare, keram, kembung, mulas dan muntah.

Nah, untuk tahu apakah anak kita terkena alergi susu atau intoleransi lakstosa memang harus melewati serangkaian tes oleh dokter. Kalau kita sudah tahu anak kita masuk kategori yang mana, maka pemilihan susu yang tepaat akan mudah kita lakukan.

Contoh, kalau ternyata hanya terkena case intoleransi laktosa maka susu dengan sistem protein terhidrolisa (PHP) bisa di berikan. Namun, bila anak terkena Alergi Susu Sapi maka kita harus mengganti sumber protein nya bukan dari susu sapi atau mamalia lain nya, melainkan ambil dari protein nabati yang memiliki kebaikan yang sama dengan susu sapi yaitu SUSU SOYA.

Kebetulan sekali, pekan ini merupakan pekan alergi yang di usung oleh Morinaga sebagai salah satu bentuk kepedulian brand susu ini terhadap permasalahan alergi susu.

Alergi? Chil Kid Soya Solusi nya

Mengenal Morinaga Chil Kid SOYA MORICARE+ PRODIGES

Ketika memutuskan untuk memberikan alternative pengganti susu sapi ke susu soya, saya mulai hunting brand-brand susu yang cukup ternama yang memang concern terhadap permasalahan alergi susu ini.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh saat berkunjung ke KalCare (store pusat penjualan produk-produk Kalbe dan pusat pelayanan kesehatan gratis seperti cek kadar kolesterol, kadar gula darah, konsultasi dengan tim ahli dan lain sebagai nya), Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) & Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah di diagnosis alergi susu sapi.

Hampers cantik dari Morinaga Platinum

Apa sih MORICARE+ PRODIGES yang di klaim oleh Morinaga di setiap kemasan nya ini ? ini adalah inovasi unggulan berupa sinergi nutrisi meliputi faktor kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, dan faktor tumbuh kembang optimal untuk mendukung agar anak kita menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta.

Yup benar, sebagai new mommy dengan 1 anak dan kebetulan aku cukup lama mendapatkan Rain maka harapan ku terhadap Rain cukup tinggi. Untuk itu sebagai langkah awal aku ingin secara dini sudah memastikan nutrisi Rain dalam 1000HPK nya benar-benar tercukupi dengan baik.

Happy nya yang dapat kiriman Susu kesayangaaann

Itulah kenapa saat tahu Rain alergi susu sapi, aku benar-benar hunting banget cari tahu tentang Susu Soya yang tepat buat Rain. Karena memang banyak sekali rumor yang beredar bahwa kalau anak lelaki minum susu soya nanti besar nya akan banyak memiliki hormon cewe atau perkembangan alat kelamin nya menjadi terganggu. Hal ini sudah di konfirmasi oleh DSA tempat aku konsultasi di RS Pondok Indah Puri Indah bahwa sampai sejauh ini tidak ada bukti ilmiah susu soya membahayakan anak ataupun orang dewasa, termasuk mengganggu perkembangan alat kelamin.

Dengan penjelasan di atas aku semakin yakin memberikan susu soya untuk Rain dan semakin menetapkan pilihan pada Morinaga Chilkid Soya karena tidak sengaja aku menemukan artikel tentang hasil penelitian PT Kalbe Nutrisional yang merupakan perusahaan farmasi terbesar di Indoensia dan Se Asia Tenggara yang menemukan fakta bahwa “9 dari 10 Ibu memilih Chilkid Soya sebagai Solusi Terbaik Alergi”

Yesss, saya anak Morinaga ChilKid Soya

Fakta ini di dasari oleh banyak hal, bukan hanya dari sisi rasa yang sangat di sukai oleh anak-anak tetapi juga dari sisi kualitas kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan susu sapi. Seperti yang sudah aku sampaikan di atas Morinaga ChilKid Soya sudah di design memiliki komposisi nutrisi sedemikian rupa sehingga mampu secara maksimal menjadi susu utama untuk anak-anak yang menderita alergi susu sapi.

Morinaga sebagai salah satu brand unggulan dari PT Kalbe Nutrisional mendukung gerakan badan dunia World Allergy Organization (WAO) melakukan campaign bertajuk “World Allergy Week 2018” dimana concern tahun ini adalah menyoroti penyakit Dermatitis Atopik atau Eksim pada anak.

Dermatitis Atopik atau Eksim pada anak yang menjadi topik kampanye tahun ini adalah suatu kondisi penyakit radang kulit yang tidak menular dan bisa kambuh secara berkala, tapi juga bisa mencapai titik kronis. Tingkat prevalensi penyakit ini pada anak cukup tinggi, yaitu sekitrar 10 – 20% di mana pada orang dewasa hanya 1 – 3%.

Dermatitis atopik atau yang dikenal masyarakat sebagai eksim susu, merupakan penyakit kulit tersering pada bayi dan anak. Dermatitis atopik adalah radang kulit berulang yang disertai gatal pada bayi dan dan anak. Kelainan kulit berupa bintil-bintil kemerahan, gatal, yang kemudian bila berlangsung lama (kronik), kulit menjadi kering, bersisik, luka-luka atau menebal dan menjadi kehitaman.

source pic from google.com

Penyebab dermatitis atopik belum diketahui pasti. Biasanya terdapat faktor alergi turunan dalam keluarga atau pasien. Kelainan kulit juga dapat terjadi karena alergi, misalnya alergi terhadap makanan (susu sapi, telur ayam, ikan laut, kacang-kacangan, dan lain-lain) atau terhadap debu, serbuk sari, dan bulu binatang.

Alergi mempengaruhi tumbuh kembang Anak

Gangguan alergi berdampak luas, di antaranya pada kecerdasan dan perilaku anak kita. Penelitian menyebutkan bahwa anak yang alergi dapat mengalami gangguan seperti gangguan daya ingat, kesulitan bicara atau gagap, kurang konsentrasi, impulsif, hiperaktif, lemas, emosi yang terganggu, hingga autisme. Di masa 0-3 tahun, si Kecil sedang berada dalam periode perkembangan kecerdasan. Munculnya reaksi alergi pada masa ini akan mengganggu asupan nutrisi si Kecil yang berdampak pada perkembangan mentalnya.*1

Edukasi mengenai cara mengatasi alergi yang baik dan tepat menjadi tujuan utama dari kampanye ini agar pertumbuhan bayi dan anak penderita alergi tidak terhambat dan bisa berpresetasi seperti layak nya para anak lain nya.

MORINAGA ALLERGY SOLLUTION

Morinaga memiliki program edukasi tetap yaitu Morinaga Allergy Sollution yang merupakan solusi alergi untuk si kecil melalui sinergi nutrisi yang tepat dan sebagai panduan agar kita bisa lebih memahami alergi pada anak dan bisa mengantisipasi nya dengan tepat. Ini merupakan hasil pengembangan PT Kalbe Nutritional dengan Morinaga Research Centre Japan yang memilik 3 keunggulan yaitu :

  1. Solusi Nutrisi untuk mencegah alergi dan mengatasi alergi susu sapi. Ini di dukung oleh komposisi dari Morinaga Chil Kid Soya yang merupakan 100% susu soya yang memiliki isolat rantai protein yang pendek sehingga mudah di pecah dan di serap secara maksimal oleh tubuh
  2. Tersedia nya produk nutrisi untuk anak dari lahir sampai 12 tahun. Morinaga Soya memiliki 2 jenis susu soya sesuai tahapan usia anak sehingga kandungan nutrisi yang terkandung dalam setiap tahapan susu sesuai dengan peruntukan usia anak. Yaitu Morinaga Chil Kid Soya untuk anak usia 1 – 3 tahun dan Morinaga Chil School Soya untuk usia 3 – 12 tahun.
  3. Sinergi nutrisi yang tepat dan mencakup brain care, body defense dan body growth. Ini yang tadi aku mention di atas yaitu inovasi unggulan berupa formula MORICARE+ PRODIGES.

“Menurut hasil survey, terhadap ibu-ibu di Indonesia dengan anak usia antara 1-3 tahun yang alergi susu sapi, 9 dari 10 ibu merasa puas dan merekomendasikan Chil Kid Soya sebagai solusi terbaik alergi. Artinya, Chil Kid Soya sesuai untuk konsumsi buah hati yang alergi dan memiliki nutrisi yang diperkaya, setara dengan kebaikan susu sapi untuk tumbuh kembang buah hati ,” jelas Dewi Angraeni, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals Morinaga National dalam acara Parenting Seminar 2018 yg lalu.

Keunggulan Morinaga Chil Kid Soya

Berikut kesimpulan akan keunggulan Morinaga Chil Kid Soya dari pengalaman Rain mengkonsumsi nya dan juga dari hasil membandingkan komposisi kemasan Morinaga Soya dengan produk lain:

  1. Rasa nya ENAK dan mudah sekali di sukai oleh Rain. Faktor rasa di produk susu anak bagi saya paling penting karena walaupun mengandung komposisi yang sangat lengkap dan memiliki inovasi yang unggul namun bila tidak di racik dengan taste yang di sukai anak-anak, maka semua bagis aya percuma. Karena sekali lagi pemutus keputusan akhir apakah susu ini bisa di konsumsi oleh anak kita ada di ujung lidah anak 😀 Alhamdulillah Rain saat dulu di kenalkan dengan Morinaga Chil Kid Soya rasa Vanila tidak ada penolakan sama sekali.
  2. Memiliki rantai isolat protein soya yang pendek sehingga mudah di serap oleh dinding saluran pencernaan anak. Hal ini membuat nutrisi yang terkandung bisa optimal memberikan manfaat. Sebagai seorang Apoteker hal ini penting sekali bagiku.
  3. Mengandung asam lemak essential yang penting untuk mendukung nutrisi pembentukan kecerdasan multitalenta. Ada kandungan Kolin, DHA, AA, AL, AAL dan pasti nya zat besi yang adequat. Selain itu ada 16 asam amino yang terkandung dengan komposisi seimbang dan di fortifikasi dengan L-Metionin, Sistein dan Taurin yang penting untuk perkembangan kognitif nya
  4. Mengandung Bakteri Baik sebagai langkah awal sebagai pertahanan tubuh ganda. Ada 2 jenis probiotik yang di tambahkan dalam formula susu ini yaitu Bifidibacterium longum dan Bifidobacterium breve serta Prebiotik FOS sebagai makana dari probiotiok nya agar populasi bakteri baik dalams aluran cerna bisa maksimal perkembang
  5. Kandungan Kalsium pada Morinaga Chil Kid Soya cukup tinggi di bandingkan susu lain yaitu sebanyak 192mg dan dilengkapi oleh vitamin D agar penyerapan kalsium bisa lebih optimal lagi. Ini penting sebagai pendukung body growth
  6. HALAL karena 100% dari Soya.
Cara Penyajian dan takaran saji Morinaga Chil Kid Soya

Masih penasaran dengan keunggulan Morinaga Chil Kid/School SOYA MORICARE+ PRODIGES, aku download applikasi yang diluncurkan oleh Morinaga untuk meng identifikasi kecerdasan majemuk (multitalenta) atau Multiple Intelligence Identification Method, yang dapat membantu kita melakukan identifikasi awal kecerdasan majemuk anak sehingga bisa kita arahkan sesuai kepintaran, bakat dan minat anak. Selain itu, Morinaga juga melunmcurkan wesite www.cek.alergi.com dimana sangat mudah di akses dan user friendly. Kita bisa melakukan live chat untuk konsultasi dengan dokter, mempelajari panduan cek alergi dan semua informasi terkait dengan jenis-jenis alergi anak. Silahkan yah Moms untuk browsing di sana dan manfaatkan fasilitas layanan ini.

bersama abang revan yang juga alergi susu sapi

Mommies juga bisa follow account instagram @morinagaplatinum untuk mendapatkan informasi terbaru seputar promo-promo dan kegiatan parenting yang pasti nya sangat berguna sekali untuk kita.

Kalau ada yang mau di tanyakan jangan segan yah untuk leave commets di bawah and thank you for stop by!

xoxo,

@vibrievb

#alergitetapberprestasi 3susualergianak #susualergi #susumorinaga 3morinagachilkidsoya #momsblogger

Refrensi :

  1. Allergy induced Behaviour Problems in chlidren. htpp://www.allergies/wkm/behaviour
  2. www.idai.com
  3. Press release Morinaga Alergy Week 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *