#GrabForBusiness Untuk Kamu Yang Aktif

Hai Dear, Kali ini aku mau sharing mengenai pengalaman ku menggunakan satu fitur baru dari GRAB. Pasti hari gini sudah sangat familiar yah dengan layanan taxi atau ojek online salah satu nya layanan dari GRAB. Kalau bicara tentang GRAB apa sih yang langsung terbersit di benak kamu? Kalau aku to be honest adalah layanan Grab Food nya karena hampiiir setiap hari aku pasti menggunakan layanan ini untuk order makan siang atau makan malam keluarga ku. Saking rajin nya aku order layanan Grab ini, Grab sampai meng anugerahi aku loh sebagai member Platinum nya, hehehe.

Semenjak menjadi member Platinum Grab aku banyak mendapat kemudahan, selain banyak di kirimin voucher-voucher discount ke account ku, aku juga di ajak loh untuk ikutan gtahering seputar update layanan mereka. Nah, sekarang aku mau sharing informasi yang aku dapatkan saat aku menghadiri Blogger Gathering pada Rabu, 27 Agustus 2019 yang lalu bertempat di sebuah tempat nongkrong kekinian yaitu di Cafe GIOI di bilangan senopati, Jakarta Selatan.

Walaupun acara berjalan agak ngaret, hehehe karena aku terbiasa on time soal nya tapi terbayarkan kok saat Mbak Shanti Iriani, Coorporate Community Grab membuka acara dengan sangat energik. Beliau seperti memberikan pencerahan dan updating seputar ilmu marketing yang sudah lama aku tinggalkan. Mbak Shanti sharing mengenai “Business Nowanday”, bahwa saat ini bisnis yang ada bisa di gambarkan memiliki tantangan seperti VUCA (Volatile, Uncertainty, Complexity & Ambiguity) arti nya tantangan berbisnis seklarang ini penuh dengan gejolak, tidak pasti, kompleks dan tidak jelas yang merupakan gambaran situasi dari dunia bisnis di masa kini.

Mmhh, bener banget nih sebagai new start up aku kok jadi worry yah. Selama 2 tahun ini memang aku lagi merintis usaha per EO an ku. Semenjak melahirkan anak pertama aku mulai banting stir, yang tadi nya full time career woman menjadi full time mommy. Namun seiring dengan mulai besar nya anak-anak ku dan keinginan kuat dari dalam diri untuk memiliki penghasilan sendiri so semenjak 2 tahun yang lalu aku mulai merintis usaha sendiri. Berbisnis di dunia Event Organizer membuat aku harus aktif dan mobile. Hampir setiap hari pasti keluar untuk meeting dengan client atau survey tempat atau aktifitas lain terkait dengan usaha ku ini. Nah, balik ke Mba Shanti Iriani beliau menyampaikan bahwa kita tidak usah takut melihat tantangan bisnis jaman now ini karena GRAB telah memikitrkan semua nya dan salah satu fitur terbaru Grab yaitu Grab For Business di luncurkan untuk mendukung mereka-mereka para enterpreneur terutama skala kecil dan menengah seperti aku ini untuk bisa survive dan mengelola bisnis nya dengan maksimal. Menarik yah? Yukk kita berkenalan dengan Grab For Business ini

Apa sih Grab For Business?

Grab for Business adalah solusi bisnis yang di tawarkan (meliputi transportasi, logistik, hadiah, solusi media) oleh Grab untuk perusahaan. Untuk manajemen transportasi, Grab for Business menawarkan portal yang dapat membantu perusahaan untuk mengatur anggaran transportasi, membuat kebijakan perjalanan, pembayaran dan mengawasi perjalanan bisnis karyawan bersama Grab. Jadi nanti akan ada kode voucher tertentu yang bisa di gunakan oleh karyawan khusus. Namun, fitur ini sangat bisa loh di gunakan juga untuk para profesional misal nya kita sebagai blogger atau influencer ingin tahu dalam satu bulan berapa sih pengeluaran kita khusus untuk bekerjas atau pribadi. Dengan mudah kita bisa memisahkan perjalanan kita untuk keperluan bisnis atau pribadi, arti nya kita akan bisa mendapatkan report dari histori perjalanan menggunakan Grab.

Untuk dapat meng aktif kan fitur Grab For Business ini maka profile account harus di rubah menjadi profile bisnis terlebih dahulu. Cara nya sangat mudah, yaitu :

  •  Buka menu Profile pada aplikasi Grab
  • Pilih Add “a Business Profile di bawah profile”
  • Ikuti petunjuk nya, isi semua data yang di minta
  • Nanti tinggal verifikasi saja melalui email yang di tautkan dan otomatis profile bisnis kita telah aktif

Lalu kalau sudah beralih ke profil bisnis ada keuntungan apa saja yang bisa kita dapatkan selain tentu nya kita bisa memisahkan histori perjalanan kita antara untuk keperluan bisnis dengan pribadi? Sesuai tagline yang di sampaikan : Promo setiap Hari, Tiap Minggu dan Tiap Bulan , jadi sudah kebayang kan bahwa kita akan di manjakan dengan berbagai discount dan hadiah yang menarik kalau kamu rajin menggunakan fitur ini. Selama periode promosi ini ada rewards yang sangat menarik berupa Samsung Galaxy Watch untuk 10 orang yang paling aktif menggunakan fitur Grab For Business.

Seruuu yah, sekarang kalau bepergian dengan Grab jangan lupa gunakan fitur ini. Cara nya gampang aja : Setiap order Grab Bike atau Grab Car di kolom yang sejajar dengan pembayaran (OVO misal nya) rubah ke bisnis maka akan langsung terdeteksi sebagai perjalanan untuk keperluan bisnis kamu. Untuk kode voucher nya bisa gunakan : UNTUNGAJA (2x 15rb), UNTUNGLUMAYAN (4x15rb) dan UNTUNGBANGET (6x15rb)

Membantu sekali menurut aku fitur ini untuk manajemen cash flow transportasi ku. Jadi ketahuan deh kalau ternyata perjalana bisnis ku cukup costly juga… ini bisa jadi wacana buat aku untuk meng alokasi kan biaya transportasi bisnis ini ke setiap quotation yang aku ajukan ke client. Selama ini tidak terpikirkan karena aku pikir tidak besar, ini seperti bocor halus. Sejak bisa mendapatkan report nya dari Grab For Business jadi tahu deh angka total pengeluaran transportasi bisnis ku setiap bulan nya.

DNA Of Grab Leader

Ada satu topik yang di sampaikan oleh Mbak Iriani terkait dengan philosofi berdiri nya Grab ini. Grab memang perusahaan dari Malaysia bukan lokal namun kesamaan rumpun dengan negara Malaysia ini membuat aku melihat nya banyak pendekatan-pendekatan yang match dengan kultur bangsa ini. Salah satu 4H yang harus ada di setiap kepemimpinan di Grab yaitu Honour, Humility, Hunger dan Heart (4H). 4 kunci element ini di sebut sebagai “Grab leadership DNA”.

Banyak prestasi di ASIA yang telah di raih oleh Grab salah satu nya adalah Didapuk menjadi Decacorn Pertama di Asia Tenggara Pencapaian Grab sebagai superapp diiringi dengan keberhasilannya mencapai level decacorn. Istilah di dunia startup ini diberikan pada perusahaan rintisan yang mampu melampaui valuasi US$10 miliar atau 10 kali lipat dibandingkan unicorn. Berkat nilai investasi yang diraup selama 4 tahun belakangan ini, Grab memiliki valuasi US$11 miliar atau setara dengan Rp154 triliun dan menjadikannya sebagai decacorn pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara.

Well, semoga semenjak beralih menjadi profile bisnis dan selalu tagging perjalanan saya dengan Grab For Business bisa membuat saya lebih bisa mengelola pengeluaran transportasi saya sehingga bisa berdampak pada kemajuan usaha event organizer yang sedang saya rintis ini. Silahkan yah cari tahu tentang bisnis saya di IG @unicornadcom dan jangan lupa juga follow @grabid untuk tahu lebih update mengenai promo-promo menyenangkan mereka. #KemanapunKamuPergi #GrabID

Thank you for stop by, semoga tulisan kali ini banyak memberikan insight ^^ Xoxo, VibrieVB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *