KUALA LUMPUR, DESTINASI PILIHAN BARU UNTUK WISATA BEROBAT

Hi Moms,

Wisata Berobat? well, kok kayak nya ambigu yah statement nya, hehehe. Iyaaa kalau yang baru pertama kali dengar mungkin ini terasa seperti statement yang membingungkan. Berobat kok di anggap wisata?

Eh tapi ini sebenar nya justru hal biasa loh bagi masyarakat kita. Pernah dengar ada teman yang bawa orang tua nya berobat ke Penang karena kata nya di sana ada banyak RS handal dengan biaya pengobatan yang relatif terjangkau? Nah, biasa nya mereka yang berobat ke Penang itu sekalian loh berwisata alias jalan-jalan, hehehe. Kabar nya suasana yang menyenangkan baik itu dari sisi pelayanan RS maupun Lingkungan alam yang indah bisa membantu proses penyembuhan yang cepat.

Mungkin itulah 2 alasan yang menjadi dasar utama kenapa banyak pasien Indonesia berobat ke Penang. Aku sendiri pernah ke Penang tapi bukan untuk berobat melainkan murni memang ingin beriwista. Amaze juga pulau kecil itu punya deretan hotel-hotel mewah, bahkan selama ke sana ku stay di Hard Rock Hotel Penang yang tepat ada di pinggir pantai. Setiap sudut wisata di sana memang banyak sekali wisatawan dari Indonesia dan rata-rata adalah keluarga yang mengantarkan saudara nya berobat ke salah satu RS di Penang.

Begitupula Singapore, negara tetangga kita satu itupun termasuk yang di lirik oleh masyarakat kita sebagai refrensi berobat namun karena biaya berobat di Singapore cukup mahal maka tidak sebanyak merek ayang ke Penang. Melihat trend ini, Kuala Lumpur sebagai ibukota negara Malaysia (notabene satu negara dengan Penang juga, ingat yah Mom, penang itu bagian dari Malaysia bukan negara sendiri, hehehe) mulai mempromosikan kota nya untuk menjadi tujuan wisata berobat bangsa Indonesia.

Dalam rangka memperkenalkan RS-RS bagus di Kuala Lumpur lah beberapa waktu yang lalu aku di undang oleh Medical Tourism malayia dan Komunitas The Smartmamas ke acara gathering yang berlokasi di Apriary CoWorking Lippo Puri Mall, tanggal 6 Oktober yang lalu.

Di tahun 2018, lebih dari 670.000 masyarakat Indonesia telah melakukan perawatan kesehata baik rawat jalan maupun rawat inap di berbagai rumah sakit swasta di Malaysia (google source). Nah, salah satu RS terkemuka di Kuala Lumpur yg termasuk sebagai salah satu dari 73 RS yang berada di bawah naungan Malaysia Healthcare adalah ππ€π‘πŠπ‚πˆπ“π˜ πŒπ„πƒπˆπ‚π€π‹ 𝐂𝐄𝐍𝐓𝐑𝐄 dan tergabung dalam Ramsay Sime Darby yg merupakan joint venture dari perusahaan medical Premiere Australia dan Sime Darby Malaysia, di jakarta sdr RS Premiere ada 3 cabang nya .

Parkcity Medical Centre ini mempunyai keunggulan di layanan maternity, Ibu dan Anak. Mereka punya program maternity yang sangat menarik loh Moms. Seru juga kali yah kalau bisa lahiran di sana, kamar2 nya  mewah spt kamar hotel dengan paket biaya melahirkan yg menurut aku sama loh dengan paket lahiran di Indo.

PARK CITY MEDICAL CENTRE (PMC)

Alamat lengkap PMC adalah di No.2 Jalan Intisari Perdana, Desa Park City, 52200 Kuala Lumpur Malaysia. Walaupun terletak di kota Kuala Lumpur namun akses ke RS ini tidaklah crowded karena perwakilan dari PMC menyampaikan bahwa RS terletak di tengah-tengah perumahan yang asri dan tenang.

Keunggulan PMC adalah di fasilitas Mother & Baby nya. Mereka memiliki program-program menarik loh untuk lahiran di sana. Kamar nya aku browsing bagusd an mewah seperti di hotel dan paket melahirkan nya juga tidak mahal, more less same seperti di Jakarta.

Di kesempatan ini, PMC juga menampilkan dokter obgyn nya untuk memberikan update mengenai Kanker Serviks. Pembicara nya adalah dr. Jeevaretanam A/L Soosaimuthu (Consultant Obstretrician & Gynaecologist) yang merupakan lulusan dari Universitan Madurai Kamaraaj, Tamil Nadu – India

Rata-rata dokter ahli di RS besar di Malaysia memang lulusan Luar Negeri agar ilmu kedokteran mereka update dan sesuai standart international.

UPDATE MENGENAI KANKER SERVIKS

Dari banyak nya kanker yang ada, so far ada 2 jenis kanker yang sebenar nya bisa di cegah melalui vaksinasi yaitu kanker Hati & Kanker Serviks.

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Umumnya, kanker serviks tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar. Dalam banyak kasus, kanker serviks terkait dengan infeksi menular seksual.

dr. Jeevaretanam A/L Soosaimuthu (Consultant Obstretrician & Gynaecologist)

Namun, vaksin Human Papillomavirus (HPV) dapat melindungi Kita dari infeksi ini.

Terdapat dua jenis kanker serviks, dapat berupa :

  • Karsinoma sel skuamosa (KSS) : KSS berawal dari sel skuamosa yaitu sel yang melapisi rahim bagian luar.
  • Adenokarsinoma : Pada jenis kanker serviks ini bermula pada sel kelenjar pada saluran leher rahim

Gejala kanker serviks stadium awal umumnya tidak terlihat adanya tanda-tanda apa pun. Gejala akan terlihat ketika kanker sudah menyebar di jaringan sekitarnya. Gejala yang dapat muncul seperti:

  • Pendarahan vagina yang tidak beraturan adalah gejala yang paling umum dari kanker serviks. Pendarahan dapat terjadi antara periode menstruasi atau setelah berhubungan seks. Pendarahan ini juga dapat terjadi pada wanita yang sudah menopause, dan kondisi ini merupakan tanda adanya kanker serviks atau kondisi serius lainnya.
  • Selain pendarahan vagina, keputihan yang berair dan bercampur darah juga bisa menjadi gejala kanker serviks. Selain itu, keputihan juga bisa memiliki bau busuk, berwarna jernih atau kecokelatan.
  • Nyeri panggul atau ketika hubungan seksual.

Cara mencegah kanker serviks

1. Tidak melakukan seks bebas

2. Lakukan pap smear rutin

3. Lakukan vaksinasi

Vaksinasi menjadi cara pencegahan lain yang dinilai efektif. Menurut Centers for Disease Control and Prevention ada beberapa tipe orang yang sebaiknya melakukan vaksinasi untuk kanker serviks ini.

Beberapa kriteria orang tersebut antara lain:

  • Anak perempuan pada usia 11 atau 12 (sesuai anjuran dokter).
  • Wanita berusia 13-26 tahun yang sebelumnya belum divaksinasi dan belum pernah didiagnosis menderita kanker serviks.
  • Orang dengan gangguan kekebalan (termasuk orang dengan infeksi HIV) yang belum pernah divaksinasi sebelumnya, sampai usia 26 tahun.

4.  Berhenti merokok

Perempuan yang merokok diketahui memiliki dua kali lipat risiko terkena kanker serviks. Penelitian telah menunjukkan bahwa produk tembakau seperti rokok bisa merusak DNA sel leher rahim yang dapat menyebabkan kanker serviks stadium lanjut.

Nah, di PMC ada paket untuk melakukan skrining Papsmear dengan harga terjangkau dan proses nya nyaman, tidak sakit.

KEUNGGULAN BEROBAT KE KUALA LUMPUR

Kembali ke pembahasan awal acara ini yaitu untuk mengetahui apa saja perbedaan signifikan wisata berobat ke Kuala Lumpur dengan kota atau negara lain yang bisa aku rangkum dari penjelasan narasumber adalah :

  1. Kuala lumpur sebagai Ibukata Negara Malaysia merupakan kota UTAMA bagi pemerintahan Malaysia untuk semua program dan fasilitas unggulan kesehatan nya
  2. Memiliki pusat rujukan RS yang lengkap dan banyak pilihan nya
  3. Akses mudah di capai, terdapat badara internatuional (KLIA) yang melayani hampir seluruh rute International
  4. Memiliki pelayanan end to end yang paling lengkap, mulai dari proses cari informasi, booking RS, Booking Hotel, Refrensi dokter ternama sampai pada penjemputan di airport Gratis
  5. Memiliki perwakiland i Jakarta sehingga sangat mudah di fasilitasi atau sekedar mencari informasi terlebih dahulu
  6. Ini yang paling menyenangkan, memiliki pusat kuliner, wisata belanja dan wisata alam yang menyenangkan buat keluarga bila ingin refreshing dari kepenatan beribat J atau kalau kamu datang untuk melakukan vaksinasi saja atau medical check up bisa loh sekalian wisata belanja ke KL, banyak produk-produk nya yang bebas pajak khusus untuk wisatawan Asing
suasana talkshow bersama Park City Medical Centre

So, buat kamu yang sedang mempertimbangkan berobat ke luar negeri coba deh hubungi perwakilan Medical Tourism Malaysia yang berlokasi di Spaces Lantai 3 WTC 3 Jl. Jend Sudirman Kav 29 – 31 Jakarta 12920 atau hubungi mereka via WA di 0812 8971 0029 dan jangan lupa juga follow sosial media nya di sini untuk mendapatkan update di mana saja mereka sedang promosi ^^

Thank You for Stop By Moms!

Xoxo @vibrievb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *